Tidak Sama, Ini Bedanya Chia Seed dan Biji Selasih

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 November 2021

“Chia seed dan biji selasih menjadi dua jenis biji-bijian yang umum dikonsumsi. Namun, keduanya menimbulkan pertanyaan besar, karena tampilannya yang terlihat mirip. Agar tidak keliru, berikut ini beberapa perbedaan besar antara chia seed dan biji selasih.”

Tidak Sama, Ini Bedanya Chia Seed dan Biji SelasihTidak Sama, Ini Bedanya Chia Seed dan Biji Selasih

Halodoc, Jakarta – Tidak jarang perdebatan muncul mengenai chia seed dan biji selasih. Perdebatan muncul sejak ramainya penggunaan kedua jenis biji-bijian tersebut sebagai campuran makanan sehat. Dengan tampilan yang mirip, apakah manfaatnya juga sama? Berikut ini perbedaan keduanya:

Baca juga: Kenali 6 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

1. Dilihat dari Tampilan Fisiknya

Jika dilihat sekilas, tampilan fisik keduanya hampir mirip. Meski keduanya akan mengembang saat direndam air, tetapi chia seed membutuhkan waktu lebih lama ketimbang biji selasih. Ketika diperhatikan, chia seed memiliki warna beragam dan berbentuk oval. Sedangkan biji selasih berwarna coklat dan berbentuk bulat.

2. Keduanya Berasal dari Tanaman yang Berbeda

Bukan hanya berbeda bentuk dan warna saja, keduanya juga berasal dari tanaman yang berbeda. Chia seed berasal dari Salvia hispanica, yang masih satu keluarga dengan tanaman mint. Sedangkan biji selasih berasal dari tanaman kemangi, yang daunnya biasa dikonsumsi sebagai lalapan.

3. Perbedaan Kandungan di Dalamnya

Chia seed diklaim dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung tinggi serat. Kandungan tinggi serat di dalamnya dinilai dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga nafsu makan pun dapat ditekan. Chia seed juga mengandung antioksidan, kalsium, protein, dan omega-3 yang baik bagi tubuh.

Sejumlah kandungan baik tersebut dinilai dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mengendalikan kolesterol dan gula darah, serta menunjang kesehatan organ jantung. Sedangkan biji selasih, di dalamnya mengandung serat dan zat besi tinggi.

Kandungan baik yang tidak dimiliki biji selasih adalah omega-3. Meski demikian, biji ini diperkaya dengan magnesium, kalsium, dan flavonoid, yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Sejumlah kandungan baik tersebut mampu memperbaiki tekanan darah, serta mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat biji selasih untuk tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 9 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui“.

Amankah Menggunakan Chia Seed dan Biji Selasih Bersamaan?

Keduanya aman dikonsumsi secara bersamaan, karena masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang mampu menunjang kesehatan tubuh. Biji-bijian ini baik dikonsumsi para peserta diet, karena mengandung serat yang dapat mengontrol nafsu makan.

Saat ingin mengonsumsinya, chia seed dapat dikonsumsi kapan saja. Sedangkan biji selasih, kamu perlu merendamnya beberapa jam sebelum dikonsumsi. Keduanya memang tidak memiliki rasa yang cukup kuat. Namun, biji selasih memiliki sedikit aroma harum ketimbang chia seed.

Baca juga: Benarkah Biji Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan?

Itulah perbedaan mengenai chia seed dan biji selasih. Sampai di sini, semoga kamu tidak tertukar lagi, ya. Kedua biji-bijian tersebut memang menyehatkan. Namun, kamu tetap perlu mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan pola hidup sehat lainnya.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan guna menunjang kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan, silahkan cek kebutuhannya di Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Vegan First. Diakses pada 2021. Q & A: What is the Difference Between Chia Seeds and Sabja?
Times of India. Diakses pada 2021. Chia vs Sabja seeds: How are they different?
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. Chia Seeds Vs Basil Seeds: Know The Similarities And Differences.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan