Tidak Selalu Pepaya, Ini 4 Buah yang Ringankan Sembelit

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Juli 2021
Tidak Selalu Pepaya, Ini 4 Buah yang Ringankan SembelitTidak Selalu Pepaya, Ini 4 Buah yang Ringankan Sembelit

Mengonsumsi buah pepaya sudah lama diketahui ampuh mengatasi sembelit. Namun, jika kamu merasa bosan dengan buah ini, ternyata ada jenis buah lain yang juga memiliki manfaat sama. Apa saja jenis buah yang bisa melancarkan pencernaan? Temukan jawabannya di sini!”

Halodoc, Jakarta – Sembelit alias konstipasi adalah kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan buang air besar (BAB). Saat mengalami kondisi ini, beragam cara biasanya akan dilakukan untuk kembali melancarkan sistem pencernaan. Sebab, susah buang air besar bisa memicu gejala sakit perut, begah, serta rasa tidak nyaman. 

Salah satu cara alami yang dikenal ampuh mengatasi kondisi ini adalah konsumsi buah pepaya. Sebab, buah yang satu ini kaya akan kandungan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, pepaya juga memiliki banyak kandungan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna tubuh. Namun ternyata, ada jenis buah-buahan lain yang juga bisa membantu meringankan sembelit. Apa saja? 

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Konsumsi Buah untuk Atasi Sembelit 

Buah-buahan dikenal sebagai jenis makanan yang kaya akan kandungan serat. Maka dari itu, orang yang mengidap sembelit atau memiliki riwayat susah buang air besar sering disarankan untuk mengonsumsi buah, biasanya buah pepaya. Selain pepaya, ternyata ada jenis buah lain yang juga bisa dikonsumsi untuk meringankan konstipasi, di antaranya: 

  1. Apel 

Buah apel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ternyata salah satunya melancarkan buang air besar (BAB). Manfaat ini didapat dari kandungan serat larut air yang bernama petin. Buah apel memiliki kandungan petin yang bisa mempercepat pergerakan tinja melalui usus. Nah, hal inilah yang bisa membantu meredakan gejala sembelit. Manfaat buah apel tidak hanya ada pada dagingnya, tapi juga di kulitnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah apel bersama kulitnya, tapi pastikan untuk dicuci bersih terlebih dahulu. 

  1. Alpukat 

Buah alpukat ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi buah ini bisa membantu mengatasi gejala konstipasi. Alpukat memiliki kandungan serat dan bisa memberi rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini membuat buah alpukat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. 

Baca juga: Apel Baik untuk Sembelit, Benarkah?

  1. Buah Pir 

Buah pir juga kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain serat, buah yang satu ini juga mengandung fruktosa dan sorbitol alami yang bisa membantu mengatasi sembelit. Kandungan fruktosa yang ada dalam buah pir bermanfaat untuk merangsang pergerakan usus. Sementara sorbitol berperan sebagai pencahar alami. 

  1. Kiwi 

Jenis buah selanjutnya yang kaya akan serat adalah kiwi. Buah yang satu ini juga rendah gula sehingga aman untuk dikonsumsi. Dengan semua kandungan yang dimiliki, konsumsi buah kiwi bisa membantu meredakan gejala sembelit. Selain memiliki kandungan serat, buah kiwi juga dikenal dengan kandungan enzim actinidin. Zat ini memiliki manfaat terhadap kinerja dan pergerakan usus sehingga berdampak baik pada sistem pencernaan. 

Lantas, bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah untuk mengatasi konstipasi?

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah-buahan, kamu bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi jus. Namun perlu diingat, hindari memberi bahan tambahan, seperti gula dan kental manis ke dalam jus. Sebab, hal itu malah bisa menghilangkan manfaat sehat buah dan berpotensi mengganggu kesehatan. 

Baca juga: Buah Salak Bikin Susah BAB? Ini Faktanya

Jika sembelit terjadi berkepanjangan dan disertai dengan gejala lainnya, coba bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Constipation.
Healthline. Diakses pada 2021. 15 Healthy Foods That Help You Poop.
Healthline. Diakses pada 2021. Which Juices Can Help Relieve Constipation?
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Papaya.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan