Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Oktober 2023

“Dokter spesialis kulit dan kelamin merupakan dokter yang berfokus untuk mengatasi keluhan pada kulit di seluruh bagian tubuh. Ada berbagai tindakan medis yang bisa dilakukan, mulai dari memberikan resep obat hingga melakukan prosedur kecantikan.”

Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis Kulit dan KelaminTindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan kesehatan pada kulit tidak membaik. Dokter ini memiliki berbagai kompetensi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada kulit dan kelamin. 

Dengan mendapatkan tindakan medis yang sesuai dengan kondisi kesehatan, maka penyakit yang kamu alami dapat teratasi dengan baik. Lalu, apa saja sih tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin? 

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Kulit memiliki banyak fungsi penting untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga suhu badan hingga mencegah berbagai bahan berbahaya masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan kulit untuk menghindari gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Apalagi jika kamu sering mengalami gatal-gatal.

Kamu bisa cari tahu berbagai bahan alami untuk mengatasi gatal melalui artikel ini “11 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit”.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dapat melakukan beberapa tindakan medis sebagai salah satu langkah perawatan kesehatan. Berikut beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan, seperti:

1. Mendiagnosa berbagai keluhan pada kulit

Dokter spesialis ini bisa melakukan diagnosa untuk berbagai keluhan yang kamu alami pada bagian kulit, rambut, dan kuku. Dokter juga berhak untuk merujuk kepada dokter spesialis lain jika pemeriksaan lanjutan memang diperlukan.

2. Melakukan penyuntikan untuk mengatasi kondisi tertentu

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga dapat melakukan tindakan penyuntikan untuk mengatasi kondisi tertentu. Dokter spesialis ini dapat melakukan penyuntikan botox atau filler, seperti kolagen di rumah sakit sesuai dengan kondisi kebutuhan pasien.

3. Memberikan obat-obatan sesuai dengan kondisi kesehatan

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga berhak untuk memberikan berbagai resep obat dengan dosis yang tepat. Pastikan kamu selalu menggunakan obat-obatan sesuai dengan dosis yang diberikan agar manfaatnya bisa terasa dengan baik.

Namun, tidak ada salahnya cari tahu berbagai jenis rekomendasi obat untuk kulit yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter melalui “Obat dan Salep Gatal yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter”.

4. Tindakan bedah bagian kulit pada tubuh

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga bisa melakukan tindakan bedah untuk mengatasi gangguan kesehatan pada kulit. Mulai dari tindakan bedah kecil hingga yang besar.

Misalnya seperti pengangkatan tahi lalat, menghilangkan kutil, hingga melakukan biopsi untuk mengambil sampel jaringan kulit.

Dokter spesialis ini juga dapat melakukan pembedahan mohs. Prosedur bedah mohs adalah salah satu tindakan yang dilakukan untuk mengangkat sel kanker pada kulit. Dengan begitu, risiko penyebaran sel kanker akan menurun.

5. Melakukan perawatan untuk tujuan kecantikan

Dokter spesialis ini juga bisa melakukan pengobatan untuk tujuan kecantikan. Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan, seperti chemical peeling, skleroterapi, dermabrasi, hingga cryotherapy.

Dokter juga bisa melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan kulit setelah melakukan perawatan ini. Dengan begitu, hasil perawatan akan lebih maksimal.

Tidak ada salahnya kamu mencari tahu berbagai cara untuk merawat kesehatan kulit melalui artikel “Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah”.

6. Restorasi rambut

Dokter spesialis ini juga bisa membantu kamu mengatasi kebotakan atau kerontokan rambut yang cukup parah dengan restorasi rambut. Biasanya, dokter akan melakukan ini dengan metode transplantasi rambut.

Pemeriksaan dini tentunya dapat membuat pengobatan dan perawatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih baik. Sehingga tingkat kesembuhan akan semakin tinggi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Ingin tahu lebih lanjut mengenai hal ini? Tanyakan saja secara langsung pada dokter di Halodoc dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Dermatologists: What Do They Do?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Dermatologist.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. What Is a Dermatologist?
Web MD. Diakses pada 2023. What Is a Dermatologist?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan