Tips Membuat Kegiatan Belajar Menyenangkan untuk Anak

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   24 Agustus 2020
Tips Membuat Kegiatan Belajar Menyenangkan untuk Anak Tips Membuat Kegiatan Belajar Menyenangkan untuk Anak

Halodoc, Jakarta - Mendidik anak dengan membuat mereka rajin belajar mungkin menjadi pekerjaan yang sulit bagi beberapa orangtua. Banyak orangtua mengeluhkan anak yang sulit belajar. Sebagian anak-anak pun beralasan karena belajar adalah aktivitas yang membosankan. Padahal, belajar dengan giat adalah salah satu kunci untuk keberhasilannya di masa yang akan datang. 

Orangtua mungkin beberapa kali melihat anak-anak mereka lebih senang bermain di luar atau bermain gadget ketimbang belajar atau membaca materi pelajaran. Ada juga anak yang menyelingi kegiatan belajar dengan bermain gadget, alhasil anak-anak sering kali tidak menyimpan informasi dengan benar dan tidak berusaha untuk mengingatnya. 

Untungnya, orangtua dapat membantu membuat proses belajar bagi anak terasa lebih menyenangkan. Dengan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan ini, maka anak-anak akan lebih mungkin untuk menyimpan informasi lebih lama. Yuk, hilangkan rutinitas belajar yang kuno dengan beberapa metode belajar yang menarik berikut!

Baca juga: Ini Tips Menemani Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi

Ajak Membaca dengan Dramatis

Saat membaca materi di dalam hati, mungkin anak-anak akan mudah tertidur dan kemudian informasi penting jadi hilang. Salah satu cara yang dapat membuat belajar lebih menarik dan menyenangkan adalah dengan membaca informasi atau buku teks secara dramatis seperti misalnya sambil menirukan gaya news anchor atau penyiar radio. 

Membaca dengan suara keras juga dapat mempermudah anak-anak mengingatnya. Biarkan anak-anak menjadi sangat dramatis dengan bacaan mereka, sehingga mereka bersenang-senang sambil belajar.

Ajak Anak Menari saat Beristirahat

Waktu yang dihabiskan untuk belajar itu penting, tetapi anak-anak juga perlu istirahat untuk membantu menyimpan informasi. Terlalu banyak memberi informasi bersamaan malah membuat mereka jadi lupa beberapa hal detail. Oleh karena itu, beristirahatlah dari waktu ke waktu dengan cara menari. 

Mainkan musik yang menyenangkan dan biarkan mereka menari selama beberapa menit. Orangtua bahkan dapat menggunakan musik yang relevan dengan informasi yang mereka pelajari untuk membuat waktu menari juga semakin produktif.

Baca juga: Inilah Manfaat Belajar Bahasa Asing bagi Anak

Buat Gambar untuk Mengilustrasikan Poin Penting

Terkadang sulit bagi anak-anak untuk memahami dan mengingat konsep-konsep tertentu. Jadi, pertimbangkan untuk meminta anak-anak menggambar untuk membantu mengilustrasikan poin-poin penting. Ini tidak hanya cara yang menyenangkan untuk belajar, tetapi juga membantunya untuk mengungkapkan poin dengan cara yang mudah dan mudah diingat. Ibu dan ayah juga dapat menambahkan gambar yang berguna ke panduan belajar untuk mengilustrasikan informasi penting. Alhasil, ini akan membuatnya lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk belajar.

Mainkan Game

Bermain game selalu menawarkan cara yang bagus untuk belajar sambil bersenang-senang. Anak-anak suka bermain game, dan jika orangtua dapat mengubah waktu belajar menjadi waktu bermain, mereka akan tetap bisa menyerap informasi penting. Orangtua juga bisa bermain di luar ruangan sehingga anak-anak mendapatkan udara segar saat belajar.

Lakukan Simulasi Ujian

Karena banyak anak merasa stres saat ujian, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa tes latihan sebagai bagian dari waktu belajar anak. Jadikan simulasi ujian ini menyenangkan, dan gunakan untuk membuat anak-anak merasa lebih baik dalam mengerjakan tes. Sering kali hal ini dapat membantu menghilangkan stres akibat ujian sambil membantu anak-anak belajar dan menyimpan informasi penting.

Baca juga: Bagaimana Cara Menanamkan Sportivitas pada Anak?

Itulah beberapa cara mendidik anak yang menyenangkan sehingga membantu anak untuk lebih mudah menyerap informasi dalam pelajaran. Namun, jika kenyataannya tetap tidak bisa membuat anak gemar belajar, coba tanyakan tipsnya pada psikolog di Halodoc. Psikolog mungkin bisa membantu memberikan saran yang tepat untuk membuat anak jadi gemar belajar. Yuk gunakan smartphone-mu sekarang dan memanfaatkan fitur chat dengan psikolog hanya di Halodoc

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Six Steps to Smarter Studying.
Parenting Firstcry.Diakses pada 2020. How to Make Your Child Interested in Studying.
School Specialty. Diakses pada 2020. 5 Exciting Ways to Make Studying Fun for Kids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan