Tips Memilih Skincare Terbaik Menurut Dokter Kulit

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Mei 2023

“Perawatan kulit sebenarnya tidak harus menggunakan produk yang banyak, cukup dengan produk basic seperti pembersih, pelembap, dan sunscreen. Nah, untuk memilih produk ini kamu harus sesuaikan dulu dengan jenis kulitmu.✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

Tips Memilih Skincare Terbaik Menurut Dokter KulitTips Memilih Skincare Terbaik Menurut Dokter Kulit

Halodoc, Jakarta – Perawatan kulit terbaik dapat berbeda-beda bagi semua orang. Hal ini bergantung pada usia, jenis kulit, warna kulit, dan kondisi kesehatan yang relevan. Dengan banyaknya review produk skincare yang bertebaran di media sosial, kamu mungkin bingung produk apa yang sesuai dengan kulitmu. 

Untuk mengetahuinya sebaiknya kamu tidak hanya melihat review, tetapi kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter. Nah, kalau ingin tahu bagaimana cara memilih skincare terbaik menurut dokter kulit? Yuk simak informasinya berikut ini.

Tips Memilih Skincare Terbaik Menurut Dokter Kulit

Agar produk skincare yang kamu pakai dapat bekerja dengan optimal, kamu harus mengetahui cara memilih skincare terbaik menurut dokter kulit. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Ketahui jenis kulitmu

Langkah pertama untuk memilih skincare terbaik menurut dokter adalah dengan mengetahui jenis kulitmu. Menurut American Academy of Dermatology ada berbagai jenis kulit yaitu normal, sensitif, kering, kombinasi, dan berminyak. Untuk mengetahuinya sebenarnya cukup mudah, kamu bisa menggunakan blotting paper untuk menyerap minyak yang ada di wajahmu.

Jika minyaknya sedikit atau bahkan tidak ada, maka kamu mungkin memiliki kulit normal atau kering. Sedangkan jika minyak hanya ada di bagian tertentu tandanya kamu memiliki kulit kombinasi. 

Sementara itu, apabila kamu melihat banyak minyak yang terserap dalam blotting paper, sudah jelas bahwa kamu memiliki kulit berminyak. Nah, kalau untuk kulit sensitif biasanya ditandai dengan gejala mudah iritasi atau gatal apabila terkena produk tertentu yang tidak cocok.

Bila kamu sedang mencari skincare untuk kulit sensitif, maka kamu bisa baca referensi mengenai Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari

2. Ketahui apa yang kulitmu butuhkan

Ketika kamu melihat review produk skincare jangan termakan begitu saja. Kamu harus mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan dan masalah kulit apa yang kamu alami.

Jika masalah utamamu adalah jerawat, cari produk dengan kandungan yang dapat menghilangkan jerawat. Sama seperti masalah kulit lainnya, apabila fokus utamamu adalah mencerahkan wajah kusam, kamu perlu mengetahui produk skincare yang mengandung bahan pencerah. 

Ketahui juga urutan penggunaan skincare yang benar di sini, “8 Urutan Penggunaan Skincare yang Benar.”

3. Fokus dulu pada basic skincare routine

Menggunakan lebih sedikit produk justru lebih baik dalam merawat kulit. Sebab, terlalu banyak produk juga dapat menyebabkan iritasi. Skincare terbaik menurut dokter kulit adalah skincare yang berfokus pada hal-hal basic, yang meliputi:

  • Membersihkan

Apapun jenis kulitmu penting sekali untuk menjaga kebersihan kulit dari sisa make-up, debu, dan kotoran. Pilihlah pembersih sesuai dengan jenis kulitmu.Jika kulitmu kering hindari sabun cuci muka yang menghasilkan banyak busa dan membuat kulit terasa tertarik.

  • Hidrasi

Kulit yang terhidrasi dengan baik tidak hanya terlihat lebih cerah dan sehat, tetapi juga mencegah masalah kerutan. Memilih pelembap juga harus disesuaikan dengan tipe kulit. 

Jika kulitmu berminyak atau kombinasi kamu bisa coba pelembap dengan tekstur yang ringan. Sementara itu, untuk kulit normal dan kering, pelembap dengan terkstur lotion atau cream mungkin lebih cocok untuk kulitmu. Jika kulitmu sensitif perhatikan baik-baik kandungan yang terdapat dalam pelembap.

  • Sunscreen

Sebagai warga yang tinggal di daerah tropis sunscreen merupakan barang wajib yang harus ada dalam rutinitas skincare mu. Pilihlah sunscreen dengan spf yang tinggi sekitar spf 30 atau 50. Jangan lupa aplikasikan lagi setiap beberapa jam sekali.

Ingin mengetahui kandungan basic skincare routine, artikel ini bisa menjelaskan lebih lanjut: Ini Kandungan dalam Basic Skincare Rutin yang Wajib Diketahui

Kandungan Skincare yang Bisa Dipilih

Setelah kamu menjalankan tips-tips tadi, ini saatnya untuk memilih kandungan skincare yang cocok untuk kulitmu. Berikut ini merupakan kandungan skincare terbaik menurut dokter kulit yang bisa kamu coba:

  • Ceramide dan hyaluronic acid

Kedua bahan ini merupakan zat pelembab penting yang secara alami ditemukan di kulit. Keduanya bisa kamu temukan dalam bentuk serum atau pelembap.

Khususnya asam l-askorbat merupakan antioksidan yang bekerja untuk mengembalikan kerusakan akibat radiasi UV dan merangsang produksi kolagen.

  • Vitamin E

Perlu kamu ketahui, vitamin E menawarkan manfaat yang mirip dengan vitamin C, dan akan bekerja lebih baik jika keduanya digabungkan.

  • Retinol

Kandungan yang sedang naik daun ini dapat mengikis sel kulit mati dan merangsang kolagen. Ingat, kamu hanya bisa memakainya di malam hari, dan jangan lupa gunakan sunscreen di keesokan harinya.

  • Niacinamide (Vitamin B3)

Beberapa dari kamu mungkin sudah sangat familiar dengan kandungan ini, niacinamide sangat bagus untuk mengontrol minyak wajah, sekaligus menghidrasi kulit, dan meratakan warna kulit.

Nah, itulah tips memilih skincare terbaik menurut Dokter Kulit dan Kecantikan. Jika kamu masih punya pertanyaan lainnya seputar kesehatan kulit, tanyakan saja langsung pada dermatologi terpercaya lewat aplikasi Halodoc

Selain itu kamu juga bisa menggunakan Halodoc untuk mengakses produk skincare secara lebih mudah dan praktis. Tunggu apa lagi yuk download Halodoc sekarang.  

Chat dokter kulit dermatologis untuk mengetahui skincare terbaik secara online di Halodoc
Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2023. SKIN CARE TIPS DERMATOLOGISTS USE.
Dermatology NW Houston. Diakses pada 2023. Tips for Choosing the Right Skincare Products.
Real Simple. Diakses pada 2023. How to Choose the Skincare Products Best Suited for Your Skin, According to Dermatologists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan