Tips Mencari Psikiater Terdekat untuk Penanganan Gangguan Mental

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 April 2024

“Psikiater tidak hanya memperoleh pelatihan dalam diagnosis dan pengelolaan kondisi mental, tetapi juga memiliki pengetahuan yang luas tentang dasar-dasar ilmu kedokteran dan kesehatan fisik secara umum. Hubungi psikiater di Halodoc untuk mendapatkan konseling.”

Tips Mencari Psikiater Terdekat untuk Penanganan Gangguan MentalTips Mencari Psikiater Terdekat untuk Penanganan Gangguan Mental

DAFTAR ISI:

  1. Tips Mencari Psikiater
  2. Cek Kondisi Kesehatan Mental dengan Fitur Ini
  3. Hubungi Psikiater Ini Jika Mengalami Gangguan Kesehatan Mental
    1. dr. Mariati Sp.KJ
    2. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ
    3. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ
    4. dr. Debrayat Osiana Sp.KJ
    5. dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ

Halodoc, Jakarta – Psikiater adalah seorang dokter medis yang memiliki spesialisasi di bidang kesehatan mental. 

Psikiatri adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada pencegahan, diagnosis, dan pengobatan gangguan mental, perilaku, dan emosional. 

Psikiater tidak hanya memperoleh pelatihan dalam diagnosis dan pengelolaan kondisi mental, tetapi juga memiliki pengetahuan yang luas tentang dasar-dasar ilmu kedokteran dan kesehatan fisik secara umum. 

Dengan demikian, mereka dapat memahami dan menangani kondisi kesehatan mental dalam konteks kesehatan secara menyeluruh.

Sebelum mencari psikiater, penting untuk menekankan bahwa psikiater berbeda dari profesional kesehatan mental lainnya. 

Psikiater adalah dokter medis, oleh karena itu, selama konsultasi, mereka akan mengevaluasi adanya diagnosis medis yang bersamaan, dan kemudian dapat meresepkan dan memantau penggunaan obat psikotropika.

Tips Mencari Psikiater

Dalam menghadapi masalah kesehatan mental, kamu mungkin perlu bantuan para psikiater. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat mencari psikiater:

1. Cari Rekomendasi

Apabila ini pertama kalinya kamu akan ke psikiater, carilah rekomendasi dari berbagai sumber. 

Kamu bisa langsung minta rekomendasi dari rumah sakit atau dokter, mencari lewat mesin pencarian google, atau kamu juga dapat bertanya kepada teman tepercaya yang memahami layanan kesehatan mental.

2. Datang ke Fasilitas Kesehatan

Jika terdapat pusat kesehatan mental di wilayah tempat tinggalmu, sebaiknya kamu mengunjunginya. Jika di sana terdapat psikiater, kamu dapat langsung mengatur janji temu dengannya. 

Namun, jika tidak ada psikiater yang tersedia, umumnya kamu akan diarahkan dan dirujuk untuk mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan lain yang memiliki psikiater.

3. Carilah Psikiater Berdasarkan Spesialisasi

Cari psikiater berdasarkan spesialisasi dan bidang fokusnya. Saat kamu mencari psikiater, penting untuk menemukan yang memiliki spesialisasi dalam diagnosis atau masalah yang kamu butuhkan bantuan.

Hal yang juga penting adalah menemukan psikiater yang telah berpengalaman dalam bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang sama dengan kamu, atau yang mudah diajak berbicara tentang perspektifmu.

Kamu juga perlu tahu Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental.

Cek Kondisi Kesehatan Mental dengan Fitur Ini

Apakah kamu masih bingung dengan kondisi kesehatan mental kamu? Sebelum mengambil kesimpulan sendiri, ada baiknya kamu melakukan cek kesehatan mental mandiri menggunakan tes-tes sederhana yang ada di Halodoc.

Nah, berikut beberapa tes kesehatan mental yang bisa kamu coba:

Ini adalah tes sederhana untuk mengukur tingkat stres yang kamu rasakan. 

Ini adalah sebuah tes untuk mengukur tingkat depresi yang kamu alami. Tes ini singkat dan valid secara ilmiah serta telah digunakan oleh tenaga kesehatan. 

Dalam tes terdapat 9 pertanyaan menggunakan skala 0 sampai 3 untuk menghitung skor akhir. 

Jangan khawatir, skor kamu bersifat rahasia dan ahli kesehatan mental hanya dapat melihat informasimu jika kamu membagikannya.

Ini adalah tes gangguan kecemasan dengan tes Generalized Anxiety Disorder-7. Ini adalah tes yang singkat dan valid secara ilmiah, serta telah digunakan oleh tenaga kesehatan. 

Tes ini berisi 7 pertanyaan menggunakan skala 0 sampai 3 untuk menghitung skor akhir. 

Jangan khawatir, skor kamu bersifat rahasia dan ahli kesehatan mental hanya dapat melihat informasimu jika kamu membagikannya.

Apabila tes tersebut menunjukkan adanya gangguan kesehatan mental, segera hubungi psikolog atau psikiater di Halodoc untuk mendapat penanganan terbaik.

Hubungi Psikiater Ini Jika Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Apabila kamu atau orang tersayangmu mengalami gejala depresi mayor, jangan tunda lagi dan segera dapatkan pertolongan dari ahlinya.

Mereka bisa memberikan saran yang tepat atas situasi yang tengah kamu alami sekaligus mencari koping terbaik untuk menghadapinya. 

Nah, berikut ini psikiater yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Mariati Sp.KJ

Kamu dapat menghubungi dr. Mariati Sp.KJ, seorang profesional yang telah menyelesaikan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada tahun 2013 dan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada tahun 2022. 

Saat ini, dr. Mariati Sp.KJ berpraktik di Kecamatan Idi Rayek, Kabupaten Aceh Timur, dan merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 8 tahun, kamu dapat menjadwalkan sesi konseling dengan dr. Mariati Sp.KJ melalui Halodoc untuk membahas masalah kesehatan mental yang sedang kamu alami. 

Ia juga dapat memberikan konsultasi mengenai trauma, gangguan kecemasan, dan gangguan mood.

Chat dr. Mariati Sp.KJ mulai dari Rp 75.000,- di Halodoc.

2. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Kamu juga dapat menghubungi dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ sebagai alternatif dokter spesialis kejiwaan. 

Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ memperoleh gelar dokternya dari Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia pada tahun 2013 dan dari Universitas Udayana pada tahun 2022. 

Saat ini, Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ berpraktik di Brebes, Jawa Tengah, dan menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman sebagai dokter kejiwaan selama 10 tahun, kamu bisa berkonsultasi dengannya terkait gangguan kesehatan mental di Halodoc.

Chat dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ

Dokter Anastasia Kharisma Sp.KJ adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2012 dan kemudian meraih gelar spesialisasi di universitas yang sama pada tahun 2023. 

Saat ini, ia menjalankan praktik di Kecamatan Denpasar, Bali, sambil aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman praktik sebagai dokter jiwa selama 11 tahun, kamu dapat mengandalkannya untuk mendapatkan bantuan terkait gangguan kesehatan mental yang kamu hadapi.

Chat dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Debrayat Osiana Sp.KJ

Selanjutnya kamu bisa hubungi dr. Debrayat Osiana Sp.KJ, ia merupakan alumnus Universitas Udayana, dengan gelar yang diperoleh pada tahun 2005 dan 2023. 

Saat ini, dr. Debrayat Osiana berpraktik di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dan menjadi anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), menunjukkan dedikasinya terhadap bidang ini. 

Dengan pengalaman praktiknya selama 18 tahun, dr. Debrayat Osiana Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi melalui Halodoc untuk membahas masalah kejiwaan apa pun yang sedang kamu hadapi.

Chat dr. Debrayat Osiana Sp.KJ mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ

Berikutnya, kamu juga memiliki dapat menghubungi dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ 

Ia meraih gelar dari Universitas Sumatera Utara pada tahun 2016 dan Universitas Islam Sumatera Utara pada tahun 2023. Saat ini, dr. Hanny Soraya menjalankan praktiknya di Medan, Sumatera Utara. 

Dengan pengalaman praktik selama 18 tahun, dr. Hanny Soraya memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang kejiwaan. Kamu dapat menghubungi dr. Hanny Soraya melalui Halodoc untuk berkonsultasi mengenai berbagai masalah kejiwaan yang mungkin kamu hadapi.

Chat dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah daftar psikiater yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan sesi konseling seputar gangguan kesehatan mental. 

Psikiater juga akan meresepkan obat apabila kondisimu memang memerlukan pengobatan tambahan.

 Tak perlu khawatir jika psikiater sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Ayo hubungi psikiater di Halodoc sekarang juga! 

Referensi:

Better Help. Diakses pada 2024. How Can I Find A Psychiatrist Near Me?.
Healthline. Diakses pada 2024. How to Find a Psychiatrist and Other Therapists.
WebMD. Diakses pada 2024. What Is a Psychiatrist?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan