Tips Merawat Anak Kucing Munchkin

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Oktober 2021
Tips Merawat Anak Kucing MunchkinTips Merawat Anak Kucing Munchkin

“Secara umum, perawatan anak kucing Munchkin tidaklah terlalu berbeda dengan kucing lainnya. Namun, bila mengingat kondisi fisik tubuhnya, kucing tersebut mungkin membutuhkan sedikit bantuan perawatan. Selain itu, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan pemberian makanan kucing berkualitas khusus kitten juga perlu dilakukan.” 

Halodoc, Jakarta – Kucing adalah salah satu hewan yang menggemaskan untuk dipelihara dan tersedia dalam berbagai jenis. Alhasil, banyak orang tertarik untuk memeliharanya, bahkan sedari hewan tersebut masih berusia kitten. Nah, salah satu jenis anak kucing yang populer untuk dipelihara adalah jenis Munchkin yang senang bermain disertai bentuknya yang lucu. 

Kucing Munchkin sendiri termasuk dalam ras kucing bertubuh panjang yang berkaki pendek. Kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya mutasi genetik secara alami pada tubuhnya.

Nah, bila kamu ingin memelihara anak kucing tersebut, tentu ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika merawatnya, sehingga mereka dapat tumbuh dengan sehat. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Baca juga: Kenali Scabies, Penyakit Kulit Akibat Kutu Hewan

Ini Tips Merawat Anak Kucing Munchkin

Merawat anak kucing Munchkin sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan merawat anak kucing jenis lainnya. Namun, beberapa tips berikut dapat kamu lakukan ketika merawatnya, antara lain:

  1. Perlu Sedikit Dibantu Saat Self Grooming 

Dilansir dari The Spruce Pets, kucing Munchkin membutuhkan sedikit bantuan perawatan pada tubuhnya. Sebab, kakinya yang pendek membuatnya sulit untuk mencapai area tubuh tubuh tertentu selama mereka melakukan self grooming atau perawatan diri. Selain itu, kucing munchkin yang berbulu pendek harus disikat setiap minggu, sementara kucing yang berbulu panjang harus disikat beberapa kali dalam seminggu. Nah, menyikat secara teratur dapat mencegah terjadinya bola kusut dan bola bulu.

Selain itu, kamu juga harus menjaga kuku kucing tetap rapi. Kebersihan mulut kucing juga perlu dijaga  dengan menyikat giginya beberapa kali seminggu dan melakukan pembersihan rutin di dokter hewan. Sisanya, seekor anak kucing Munchkin membutuhkan perawatan dasar yang sama layaknya kucing lainnya. Contohnya seperti tempat tidur yang nyaman, mainan, kehangatan, bak untuk menampung kotoran, akses ke air bersih untuk minum, makanan yang bergizi, serta perawatan dan pemeriksaan ke dokter hewan secara rutin.

  1. Periksakan Kesehatan Tubuhnya Secara Rutin

Anak kucing Munchkin memerlukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pasalnya, mutasi genetik yang dialami pada tubuh mereka membuat kucing Munchkin rentan untuk mengalami masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari Hills Pet, kucing kerdil seringkali memiliki masalah persendian dan tulang belakang melengkung yang tidak normal. 

Nah, hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mereka rentan untuk terkena herniated spinal disc atau saraf terjepit. Selain itu, risiko akan masalah sendi dan tulang belakang yang umum seperti radang sendi, osteoartritis, dan penyakit sendi degeneratif juga mengintai kucing tersebut.

Selain itu, layaknya kucing rumahan pada umumnya, Munchkin juga berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti:

  • Hipertiroidisme, yaitu ketidakseimbangan hormon pada tubuhnya.
  • Pankreatitis atau radang pankreas.
  • Uremia, gangguan ginjal yang menyebabkan kadar urea pada tubuh terlalu tinggi, sehingga menjadi racun bagi tubuh.
  • Penyakit saluran kemih bagian bawah pada kucing atau FLUTD.
  • Lymphosarcoma, yakni kanker yang kerap menyerang hewan seperti anjing dan kucing.  

Oleh karena itu, pemeriksaan ke dokter hewan secara rutin tentu dibutuhkan agar kucing dapat terhindar dari risiko berbagai masalah kesehatan yang mengintainya, sedari dini.

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

  1. Berikan Makanan yang Sesuai

Layaknya semua jenis anak kucing, Munchkin membutuhkan makanan sehat khusus kitten yang dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhannya. Oleh sebab itu, berikanlah anak kucing Munchkin makanan yang mengandung nutrisi penting bagi tubuhnya dan sesuai dengan usianya. Mulai dari protein, mineral, vitamin, hingga asam amino seperti taurine yang bermanfaat bagi pertumbuhannya.

Kamu juga dapat memberikan camilan untuk kucing, tapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, kucing yang obesitas rentan untuk mengalami berbagai masalah kesehatan. Pastikan juga bahwa tempat makan dan minumnya mudah dijangkau dan kucing memiliki akses ke air minum segar dengan mudah.

Namun, hal yang perlu digarisbawahi, kebutuhan asupan setiap kucing bisa berbeda-beda, tergantung ukuran dan usianya. Maka tanyakanlah terlebih dahulu kepada dokter hewan agar dapat menyajikan takaran makanan yang sesuai.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Itulah penjelasan mengenai cara merawat anak kucing Munchkin. Secara umum, perawatan kitten yang satu ini tidaklah terlalu berbeda dengan anak kucing lainnya. Namun, kucing Munchkin kemungkinan membutuhkan bantuan perawatan yang spesifik, mengingat kondisi fisik tubuhnya yang pendek dan mungil. 

Selain itu, makanan yang diberikan pun harus benar-benar diperhatikan. Sebab, makanan kucing berkualitas khusus kitten tidak hanya mendorong pertumbuhannya, tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan hewan seperti makanan kucing atau suplemen sesuai pilihan. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantri berlama-lama di Pet Shop. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Munchkin Cat: Cat Breed Profile
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. What Is a Munchkin Cat?
School of Veterinary Medicine University of Wisconsin-Madison. Diakses pada 2021. GUIDE TO RAISING UNDERAGE KITTENS

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan