• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tisu atau Pengering Tangan yang Lebih Higienis saat Corona?

Tisu atau Pengering Tangan yang Lebih Higienis saat Corona?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kegiatan mencuci tangan dengan sabun adalah hal yang penting dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19. Para ilmuwan juga menunjukkan, mencuci tangan yang benar dapat secara signifikan memperlambat perkembangan penyakit.

Namun, ada lebih dari satu cara untuk membersihkan tangan, dan para ilmuwan tertarik untuk memahami metode mana yang terbaik. Sekelompok peneliti baru-baru ini mengeringkan tangan di bawah mikroskop.

Usai mencuci tangan, ternyata masih mungkin terdapat patogen residu di kulit. Para peneliti mencari tahu metode pengeringan tangan mana yang bisa menghilangkan virus paling efisien sehingga mencegah penularannya ke orang lain. Secara khusus, mereka menguji kinerja tisu dan mesin pengering tangan. 

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Tak Hanya Mencuci, Mengeringkan Tangan juga Harus Benar

Mengeringkan tangan menjadi bagian penting dari rangkaian mencuci tangan. Melansir dari UNICEF, mikroba bertahan lebih baik dalam kondisi lembap. Mereka akan mudah menyebar jika kamu tidak mengeringkan tangan dengan benar. 

Ines Moura dari Universitas Leeds, Inggris Raya, bersama Duncan Ewin dan Prof. Mark Wilcox, juga dari Universitas Leeds, Inggris, melakukan penelitian baru-baru ini. Para ilmuwan menguji metode mana yang paling baik dalam mengeringkan tangan dan sekaligus membunuh virus, apakah dengan menggunakan tisu atau mesin pengering. 

Hasil penelitian menunjukkan, kedua metode pengeringan tangan secara signifikan dapat mengurangi kontaminasi pada tangan. Namun, setelah menggunakan mesin pengering tangan, ditemukan kontaminasi pada beberapa permukaan benda. Semua permukaan sampel setelah penggunaan mesin pengering jet menunjukkan adanya kontaminasi, dibandingkan dengan penggunaan tisu atau handuk kertas.

Faktanya, kontaminasi permukaan rata-rata setelah kontak tangan 10 kali lebih tinggi setelah menggunakan mesin pengering daripada penggunaan handuk tangan atau tisu. Jadi, apabila kamu berada di tempat umum, sebaiknya gunakan tisu atau handuk kertas ketimbang mesin pengering tangan untuk mengurangi penularan patogen. 

Baca juga: Jarang Cuci Tangan? Waspada 5 Penyakit Ini

Lebih Jauh Tentang Penelitian Ini

Sayangnya, penelitian ini dinilai masih memiliki kelemahan, seperti kemungkinan sejak awal seseorang memang kurang bersih dalam mencuci tangannya. Sehingga saat menggunakan dua metode pengeringan, hasilnya bisa lebih buruk pada orang yang tidak mencuci tangan dengan benar. 

Namun, penelitian ini senada dengan temuan pada 2012 silam, yang menyelidiki seberapa baik teknik pengeringan tangan ini menghilangkan bakteri. Para peneliti menyimpulkan bahwa tisu atau handuk kertas dapat mengeringkan tangan secara efisien, menghilangkan bakteri secara efektif, dan mengurangi kontaminasi pada lingkungan kamar mandi.

Dari sudut pandang kebersihan, handuk tisu lebih unggul daripada pengering udara listrik. Jadi, tisu atau handuk kertas harus direkomendasikan di lokasi tempat kebersihan, seperti rumah sakit dan klinik.

Selain itu, penting untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar, yaitu:

  • Basahi tangan dengan air mengalir;

  • Oleskan sabun yang cukup untuk menutupi tangan yang basah;

  • Gosok semua permukaan tangan, termasuk punggung tangan, di antara jari dan di bawah kuku selama setidaknya 20 detik;

  • Bilas bersih dengan air mengalir;

  • Keringkan tangan dengan tisu atau handuk kertas sekali pakai.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer?

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mencuci tangan dan mengeringkan tangan yang efektif untuk membunuh virus. Jika kamu ingin tahu tips lainnya guna mencegah penyebaran COVID-19, kamu bisa diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan semua jenis saran kesehatan yang kamu butuhkan untuk mencegahmu dari berbagai penyakit.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Paper Towels Better At Removing Viruses Than Jet Dryers.
UNICEF. Diakses pada 2020. Everything You Need To Know About Washing Your Hands To Protect Against Coronavirus (COVID-19).
World Economic Forum. Diakses pada 2020. What's The Most Effective Way To Wash Your Hands?