Tujuan dan Manfaat Laser Treatment Berdasarkan Jenis Prosedur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Oktober 2023

“Tujuan dan manfaat utama dari laser adalah membantu mengobati masalah kesehatan tanpa prosedur bedah. Keberhasilannya akan tergantung pada jenis dan area tubuh.”

Tujuan dan Manfaat Laser Treatment Berdasarkan Jenis ProsedurTujuan dan Manfaat Laser Treatment Berdasarkan Jenis Prosedur

Halodoc, Jakarta – Tujuan dan manfaat laser treatment adalah merawat sekaligus mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Ini adalah metode non-invasif yang tidak melibatkan pembedahan.

Bila dibandingkan dengan bedah konvensional, terapi laser memiliki presisi atau ketepatan yang lebih tinggi. Di samping itu, kerusakan jaringan pun akan lebih minim, karena sayatan laser biasanya lebih pendek dan dangkal.

Tujuan dan Manfaat Laser Treatment

Tujuan laser treatment bergantung pada jenis atau metode yang digunakan. Laser treatment sendiri bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seperti batu ginjal, masalah mata, hingga mengobati beberapa jenis kanker. Nah, berikut beberapa contoh tujuan dan manfaat laser berdasarkan jenisnya:

1. Bleaching gigi

Bleaching gigi adalah prosedur yang hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi atau spesialis gigi. Beberapa salon kecantikan menawarkan layanan, tetapi hal ini merupakan tindakan yang ilegal.

Bleaching gigi dapat membantu menghilangkan noda dan perubahan warna pada gigi, sehingga gigi tampak lebih putih dan cerah. Ini dapat meningkatkan kecantikan gigi dan senyuman.

Bleaching gigi juga menghasilkan perubahan warna dalam waktu yang relatif singkat. Dengan melakukan beberapa kali sesi perawatan, kamu sudah bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ketahui juga: Berapa Lama Bleaching Gigi dapat Bertahan?

2. Laser kanker

Laser kanker adalah prosedur yang dilakukan dengan serat optik untuk merawat area tubuh yang seringkali sulit dijangkau. Ada beberapa jenis yang umum digunakan dalam pengobatan kanker, seperti:

  • Laser karbon dioksida (CO2). Fungsinya untuk menghilangkan lapisan jaringan yang sangat tipis dari permukaan kulit, tanpa menghilangkan lapisan yang lebih dalam. Jenis laser ini digunakan untuk menghilangkan kanker kulit dan beberapa sel prakanker.
  • Laser neodymium yttrium-aluminium-garnet. Laser ini dapat menembus ke jaringan yang lebih dalam. Tujuannya untuk mengobati kanker tenggorokan.
  • Termoterapi interstisial yang diinduksi laser (LITT). LITT bekerja dengan memanaskan bagian tubuh tertentu. Tujuannya mengecilkan ukuran, merusak, atau membunuh sel kanker.
  • Laser argon. Jenis laser ini hanya menembus lapisan luar jaringan, seperti kulit. Tujuannya untuk mengatasi masalah kulit atau operasi mata.

Tak hanya dengan laser, kamu juga bisa mengatasi kanker dengan beberapa prosedur dalam artikel ini: Mengidap Kanker Hati, Inilah 7 Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan.

3. Laser hair removal

Laser hair removal adalah prosedur untuk menghilangkan bulu tubuh yang tidak diinginkan. Jenis laser ini bekerja dengan menciptakan panas untuk menghancurkan sel-sel rambut di dalam folikel. 

Caranya, dokter akan mengarahkan sinar laser ke folikel rambut untuk  menghancurkan akar rambut dan mencegah pertumbuhan rambut. Hasilnya bisa saja permanen, tapi membutuhkan beberapa kali sesi perawatan. 

Laser hair removal sering digunakan untuk menghilangkan rambut pada area tubuh seperti kaki, ketiak, wajah, dan bikini line. Prosedur ini lebih efektif ketimbang mencukur atau waxing.

Hasilnya bisa saja permanen, tapi membutuhkan beberapa kali sesi perawatan. 

Ketahui selengkapnya di sini: Inilah 9 Manfaat Laser Hair Removal dan Prosedurnya.

Laser merupakan prosedur yang memiliki banyak manfaat, mulai dari rambut hingga organ dalam tubuh. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis jika ingin mengetahui manfaatnya lebih lanjut.

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan men-download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Teeth whitening.
University of Rochester Medical Center Rochester. Diakses pada 2023. Laser Therapy for Cancer Treatment.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Laser Hair Removal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan