Ukuran Payudara Mengikuti Umur, Begini Perkembangannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Desember 2021
Ukuran Payudara Mengikuti Umur, Begini PerkembangannyaUkuran Payudara Mengikuti Umur, Begini Perkembangannya

Ukuran payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia seorang wanita. Nah, masa pubertas atau masa remaja, adalah waktu yang paling pesat untuk payudara berkembang. Pasalnya, di masa tersebut seorang anak sedang mengalami lonjakan hormon estrogen yang paling pesat.”

Halodoc, Jakarta – Perkembangan payudara adalah bagian penting dari reproduksi wanita. Proses perkembangan payudara seorang wanita dimulai setelah kelahiran, masa pubertas dan selama tahun-tahun subur. Perubahan payudara juga terjadi selama siklus menstruasi dan ketika seorang wanita mencapai waktu menopause.

Kendati demikian, perkembangan payudara yang paling pesat dan paling terlihat adalah pada masa pubertas. Anak perempuan biasanya mulai pubertas antara usia 8-13 tahun. Nah, berikut perkembangan payudara sesuai usia yang perlu orangtua ketahui.

Perkembangan Payudara sesuai Usia

Faktanya, payudara mulai terbentuk bahkan saat seorang bayi belum dilahirkan. Pembentukan payudara dimulai dengan penebalan di area dada yang disebut mammary ridge atau garis susu. Pada saat bayi perempuan lahir, puting susu dan permulaan sistem saluran susu telah terbentuk. 

Perubahan payudara terus terjadi sepanjang hidup seorang wanita. Hal pertama yang berkembang adalah lobus, atau subdivisi kecil jaringan payudara. Selanjutnya, kelenjar susu berkembang sampai memiliki 15-24 lobus. Kelenjar susu dipengaruhi oleh hormon yang diaktifkan pada masa pubertas.

Penyusutan saluran susu adalah perubahan besar terakhir yang terjadi pada jaringan payudara. Pada usia 35 tahun kelenjar susu perlahan mulai menyusut. Saat seorang anak perempuan mendekati masa remajanya, tanda-tanda pertama yang terlihat dari perkembangan payudara dimulai. 

Pasalnya, di waktu tersebut pertumbuhan anak sedang pesat-pesatnya. Ketika ovarium mulai memproduksi dan melepaskan estrogen, lemak di jaringan ikat mulai terkumpul. Hal ini menyebabkan payudara membesar dan sistem saluran juga mulai tumbuh.

Seringkali perubahan payudara ini terjadi bersamaan dengan munculnya rambut kemaluan dan rambut ketiak. Setelah ovulasi dan menstruasi dimulai, pematangan payudara dimulai dengan pembentukan kelenjar sekretori di ujung saluran susu. 

Payudara dan sistem saluran terus tumbuh dan matang, dengan perkembangan banyak kelenjar dan lobulus. Berikut tahap-tahap perkembangan payudara seorang wanita:

  • Tahap 1. Perkembangan ukuran payudara dimulai saat pra remaja. Di tahap ini, ujung puting mulai terangkat.
  • Tahap 2. Pada tahap ini, tunas muncul dan payudara serta puting susu terangkat. Area gelap kulit di sekitar puting susu (areola) juga semakin besar.
  • Tahap 3. Payudara sedikit lebih besar dengan jaringan kelenjar payudara.
  • Tahap 4. Areola dan puting susu menjadi terangkat dan membentuk gundukan kedua di atas bagian payudara lainnya.
  • Tahap 5. Pada tahap ini, payudara sudah dikatakan dewasa dan matang. Payudara menjadi bulat dan hanya puting yang terangkat.

Tips Memilih Ukuran Bra untuk Anak

Ketika anak mulai mengenakan bra, pastikan ukurannya pas untuknya. Pasalnya, ukuran bra yang tidak tepat bisa membuat payudara terasa terjepit atau bergeser. Ukuran bra yang pas dan memberi kenyamanan dan menopang payudara secara sempurna. Ada dua bagian ukuran bra, ukuran dada dan ukuran cup. Ukuran dada atau pita dilambangkan dengan angka seperti 32, 34, 36, dan lain-lain.

Sementara cup adalah bagian dari bra yang menahan payudara dan memiliki ukuran berupa huruf seperti, AA, A, B, C, dan lain-lain. Bra tersedia dalam berbagai ukuran, yang merupakan kombinasi berbeda dari ukuran dada dan ukuran cup, misalnya 32AA atau 36C. 

Beberapa produsen bra sekarang juga menawarkan pilihan cup dalam ukuran setengah untuk membantu anak perempuan mendapatkan ukuran yang lebih pas.

Jika kamu menemukan gejala yang tidak biasa pada payudara, seperti benjolan lunak, segera periksakan diri ke dokter. Supaya mudah dan praktis, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc saja. Jangan tunda untuk memeriksakan diri karena benjolan pada payudara bisa menjadi pertanda tumor atau kanker. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi :
Healthline. Diakses pada 2021. What’s the Average Breast Size? And 9 Other Things to Know.
Kids Health. Diakses pada 2021. Breasts and Bras.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Normal Breast Development and Changes.
Healthy Children. Diakses pada 2021. Physical Development in Girls: What to Expect During Puberty.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 5 Ways to Boost Breast Health.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan