Wajib Tahu, Ini 14 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

9 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2023

“Mengetahui teknik dasar sepak bola akan membantu kamu lebih menguasai permainan ini. Beberapa teknik yang perlu dipelajari adalah teknik tackling, menyundul, juggling, dan juga dribbling.”

Wajib Tahu, Ini 14 Teknik Dasar Permainan Sepak BolaWajib Tahu, Ini 14 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Teknik dasar sepak bola adalah keterampilan dasar yang harus pemain sepak bola kuasai untuk dapat bermain dengan baik. Penting untuk memahami seluruh komponen teknik dasar sepak bola sebelum mulai bermain. 

Mungkin kelihatannya mudah, namun ada banyak teknik dan keterampilan yang perlu kamu kuasai dalam olahraga permainan ini. 

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola:

1. Passing and receiving (mengoper dan menerima bola) 

Passing and receiving (mengoper dan menerima bola)

Keduanya adalah dasar yang paling penting untuk kesuksesan setiap pesepak bola. Namun, akurasi adalah kunci dalam hal passing and receiving. Sebab akan membuat permainan terbuka lancar dan memastikan kemajuan konstan di lapangan yang dapat menghasilkan peluang mencetak gol.

Menerima bola dengan benar merupakan langkah awal untuk melakukan operan yang tepat. Sebab, transisi yang mulus dapat mengarah pada situasi offensive atau penyerangan yang menjanjikan.

Cara mengembangkan teknik dasar sepak bola ini adalah dengan berlatih bersama pemain lain dengan bertukar umpan. Kamu juga bisa memainkan permainan 2 lawan 2 atau 3 lawan 3 di area yang sangat kecil untuk lebih mengembangkan kemampuan passing

2. Shooting (menembak bola ke gawang)

Setiap pemain membutuhkan keterampilan menembak yang akurat, terutama pemain penyerang. Untuk mengembangkan teknik dasar sepak bola ini, lakukan latihan menembak ke gawang. Targetkan juga sudut gawang yang sangat spesifik saat menendang bola.

3. Dribbling (menggiring bola) 

Dribbling (menggiring bola)

Teknik dasar lainnya yang juga penting untuk dikuasai saat bermain sepak bola adalah dribbling. Meski kelihatannya mudah, ini memerlukan keterampilan penguasaan bola yang tepat dan keseimbangan.

Untuk mengembangkan teknik ini, kamu bisa memanfaatkan cone yang diletakkan di tanah sesuai kebutuhan (jarak, posisi atau, polanya). Ubah posisi benda kerucut tersebut setiap kali berlatih teknik ini. Lalu dribbling melewati cone tersebut. 

Cara lainnya, kamu bisa berlatih lari zig zag atau dribble diagonal dan melatih setiap kaki secara individual. Alternatif lainnya, kamu bisa melatih kaki dengan pola latihan seperti di artikel 5 Jenis Gerakan untuk Menguatkan Otot Kaki.

Ada dua cara melakukan dribbling, berikut penjelasannya:

  • Speed dribbling 

Sesuai dengan artinya, ini adalah teknik menggiring bola sembari berlari supaya lawan tidak bisa mengejar dan mengambil bola.

  • Closed dribbling

Mirip dengan speed dribbling, closed dribbling perlu kamu lakukan sembari membuang bola ke arah depan kemudian mengambilnya kembali. Tujuannya supaya lawan terkecoh dan tidak bisa dengan mudah mengambil bola yang digiring. Ada beberapa cara dalam melakukan closed dribbling yaitu:

  • Dribbling dengan punggung kaki, ketika bola diposisikan di samping kaki sembari sesekali digulir dan dihentikan dengan telapak kaki. Pandangan mata tetap harus awas terhadap sekitar. 
  • Dribbling dengan kaki bagian dalam, ketika pergelangan kaki diputar ke luar untuk mengecoh lawan. Mata tetap harus awas terhadap pergerakan lawan. 
  • Dribbling dengan kaki bagian luar, ketika pergelangan kaki diputar ke dalam dan bola didorong menggunakan kaki bagian dalam, sembari tetap dalam posisi berlari untuk menghindari lawan.

4. Heading (menyundul)

Teknik dasar sepak bola lainnya adalah heading atau menyundul bola. Teknik ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencetak gol selama permainan terbuka dan dalam situasi bola mati. 

Pada saat yang sama, teknik ini dapat digunakan secara efektif untuk membersihkan bola saat bertahan atau untuk sekadar melakukan operan. Biasanya teknik ini dilakukan bila jangkauan bola terlalu tinggi dengan memposisikan badan menyambut bola untuk menyundulnya.

Cara melatih teknik ini adalah dengan meminta seseorang untuk untuk melemparkan bola yang kamu kembalikan ke mereka dengan menyundul. 

5. Ball control (mengontrol bola) 

Ball control (mengontrol bola)

Salah satu keterampilan paling dasar dalam sepak bola adalah memiliki kontrol bola yang optimal setiap saat. Mengontrol bola berarti mampu mengambil operan, melindungi pemain bertahan, dan menggerakkan bola secara umum.

Selain menggunakan kaki, penguasaan bola juga dapat menggunakan bagian tubuh lain. Termasuk dada, paha, kepala, atau bagian lainnya selain lengan. 

6. Running off the ball (menggiring bola dengan kecepatan) 

Banyak yang bisa dilakukan oleh seorang pemain tanpa bola berada di kakinya. Misalnya, lari dan siaga untuk menciptakan banyak peluang menyerang bagi tim. Jadi, lari yang tepat juga merupakan teknik dasar sepak bola yang penting.

Alih-alih menyerang 1 lawan 1 atau menggiring bola melewati beberapa pemain, lari yang benar justru membantu kamu mengalahkan pemain bertahan dalam sekejap. Ini juga menciptakan peluang mencetak gol yang bagus.

Karena paling sering dibutuhkan oleh pemain sayap, cara mengembangkan teknik ini adalah dengan berlatih lari diagonal ke tengah. Dengan begini, kamu dapat menyerang bola yang telah ditembus oleh pemain lain.

7. Cutting with the ball (memotong dengan bola)

Cutting with the ball (memotong dengan bola)

Jika sudah menguasai teknik lari dan dribbling yang bagus, teknik selanjutnya yang perlu dipelajari adalah cutting with the ball, atau memotong dengan bola. Teknik dasar ini penting karena pemain sepak bola perlu tahu cara memotong untuk menggiring bola dan mengubah arah halus yang melempar lawan.

Meski begitu, pemain bertahan mungkin tidak selalu siap untuk melakukan pemotongan. Jadi memiliki gerakan yang terkontrol bisa menjadi hal yang pemain butuhkan untuk menciptakan peluang.

8. Turning with the ball (mengubah arah saat menggiring bola) 

Teknik ini bertujuan agar pemain dapat mengubah arah dengan benar saat menggiring bola. Untuk melakukannya, seorang pemain perlu mengetahui cara berbelok dengan benar. 

Turning with the ball adalah keterampilan yang berkaitan dengan menggiring bola. Tetapi, teknik ini mendapatkan kategorinya sendiri karena sangat penting. 

Namun, pemain sepak bola perlu berlatih teknik memotong bola yang benar terlebih dahulu, sebelum mencoba mengubah arah saat menggiring bola. 

9. First touch confident (menurunkan teknik sebanyak mungkin)

First touch confident (menurunkan teknik sebanyak mungkin)

Langkah pertama dengan sentuhan pertama dalam sepak bola adalah menurunkan teknik sebanyak mungkin. Salah satu teknik dasar yang harus pemain sepak bola pemula pelajari adalah mengontrol bola tanpa harus memantul dari kaki. 

Untuk melakukannya pergelangan kaki harus dalam posisi terkunci, dan memukul bagian tengah kaki membuat perbedaan besar. Pemain dapat memberikan bantalan yang baik agar bola mendarat dan memungkinkan kontrol segera.

10. Sliding tackle (teknik merebut bola)

Sliding tackle adalah bentuk pertahanan dari serangan lawan. Teknik ini adalah sebuah gerakan untuk merebut bola yang cukup rawan untuk digunakan. Sebab, sliding tackle beresiko untuk mendapatkan kartu pelanggaran (jika pemain melakukannnya dari arah belakang lawan). 

Teknik ini juga berisiko menyebabkan cedera, baik bagi pemain lawan maupun pemain yang sedang bertahan. Untuk menggunakan teknik ini, salah satu teknik tackle yang umum adalah side tackle (tackle dari arah samping). 

Namun, ada beberapa jenis tackling lain dalam teknik dasar sepak bola yang bisa kamu pelajari, seperti:

  • Block tackle 

Tackling ini memberikan pertahanan pada serangan lawan dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam. Block tackle bertujuan untuk menghentikan operan bola. 

  • Poke Tackle 

Poke tackle perlu kamu lakukan dengan menyerang lawan yang sedang menggiring bola. Caranya adalah dengan menendang bola ke samping lawan kemudian mengejar bola tersebut. 

Sliding tackle membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian. Sebab, salah posisi dalam melakukannya, berisiko sebabkan cedera parah. 

Karena itu, jika kamu ingin mencoba teknik ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Cek rekomendasi fisioterapi dan rehabilitasi terbaik dari aplikasi Halodoc.

11. Goalkeeping (teknik menjaga gawang)

Goalkeeping (teknik menjaga gawang)

Teknik goalkeeping adalah teknik dasar oleh penjaga gawang. Hanya penjaga gawang atau kiper saja yang dapat menggunakan teknik ini. Ini adalah teknik untuk menghalau bola dengan menggunakan tangan.

12. Throw in (teknik melempar bola ke dalam)

Dalam permainan sepak bola, terkadang ada momen saat pemain harus melempar bola ke dalam lapangan menggunakan tangannya. Teknik melakukannya dengan berdiri di ujung garis lapangan. 

Jangan sampai kaki melewati garis. Pegang bola dengan kedua tangan, kemudian bawa ke belakang kepala, lengkungkan punggung untuk mendapatkan lemparan maksimal sesuai dengan tujuan. 

13. Teknik juggling (menimang bola)

Teknik juggling (menimang bola)

Juggling bertujuan untuk mengecoh lawan supaya tidak bisa mengambil bola. Teknik dasar sepak bola ini dengan cara memainkan bola menggunakan kaki, paha, dada, bahu, dan kepala agar tidak menyentuh tanah. 

14. Trap the ball (teknik menghentikan bola)

Selain menggunakan kaki, kamu juga bisa menghentikan bola menggunakan dada ataupun paha. Teknik ini memiliki nama trap the ball yang bertujuan agar bola berhenti dan bisa digulirkan kembali sesuai dengan arah permainan.

Meski begitu, penting bagi pemain sepak bola untuk melakukan pemanasan dan latihan kardio agar otot dada menguat. Demikian juga teknik menghentikan bola menggunakan paha, membutuhkan paha yang lincah dan respons yang tangkas pula.

Butuh rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah? Baca penjelasannya di artikel 15 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Itulah 14 teknik dasar sepak bola yang perlu kamu kuasai, jika kamu senang bermain olahraga ini atau ingin mencobanya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kamu dan keluargamu, ya. Tentunya dengan rutin berolahraga sebagai salah satu caranya. 

Jika kamu menganggap sepak bola kurang cocok denganmu, tetapi bingung olahraga apa yang dapat menjadi pilihan, segeralah berkonsultasi dengan dokter di Halodoc.

Referensi:
Soccer Prime. Diakses pada 2023. 9 Essential Soccer Skills Every Player Should Practice.
Your Soccer Home. Diakses pada 2023. 10 Best Soccer Drills for Beginners – A Step by Step Guide.
Red Bull. Diakses pada 2023. 8 Fundamental Skills You Need To Develop To Become a Better Football Player.
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Soccer – Health Benefits.
Soccer Coaching Pro. Diakses pada 2023. 21 Benefits of Playing Soccer (Physical, Emotional, and Mental).
Noice.id. Diakses pada 2023. Mengenal Teknik Dasar Permainan Sepak Bola.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Cara Melakukan Lemparan ke Dalam pada Sepak Bola.
Biology of Sport. Diakses pada 2023. Effects of recreational soccer on physical fitness and health indices in sedentary healthy and unhealthy subjects. 
International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. Diakses pada 2023. A systematic review of the psychological and social benefits of participation in sport for children and adolescents: informing development of a conceptual model of health through sport.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan