Wajib Tahu, Ini 4 Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Februari 2023

“Ada berbagai gejala penyakit jantung bawaan pada bayi yang perlu orang tua waspadai. Contohnya sesak napas, tubuh membiru, susah menyusu, pernapasan cepat, dan beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan.”

Wajib Tahu, Ini 4 Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada BayiWajib Tahu, Ini 4 Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Halodoc, Jakarta –  Penyakit jantung bawaan adalah kondisi yang muncul saat lahir dan dapat memengaruhi struktur jantung bayi serta cara kerjanya. Beberapa bayi mengalami penyakit jantung bawaan karena perubahan pada gen atau kromosom masing-masing. 

Selain itu, kombinasi gen dan faktor lingkungan juga dapat menyebabkan penyakit jantung bawaan pada bayi. Faktor lingkungan adalah seperti pola makan ibu, kondisi kesehatan ibu, atau penggunaan obat selama ibu menjalani masa kehamilan. Seperti apa gejala penyakit jantung bawaan pada bayi? Baca selengkapnya di sini ya!

Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Penyakit jantung bawaan dapat memiliki berbagai gejala, karena kondisi tersebut mengacu pada beberapa jenis kelainan jantung. Berikut ini adalah gejala penyakit jantung bawaan pada bayi: 

1. Semburat biru pada kulit atau bibir (sianosis)

Sianosis merupakan salah satu gejala penyakit jantung bawaan pada bayi. Bayi yang mengalami sianosis akan menunjukkan penampakan kulit dan bibir yang membiru. Penyebabnya karena kadar oksigen darah yang rendah atau sirkulasi yang buruk. 

2. Pernapasan cepat

Detak jantung yang cepat menjadi salah satu gejala penyakit jantung bawaan lainnya pada bayi. Ini ditandai bayi menarik napas sangat cepat–lebih dari 60 napas per menit. 

Kemudian ketika bayi mengembuskan napas, lubang hidungnya akan melebar bersamaan dengan kepala yang terayun-ayun. Kulit di antara tulang rusuk juga akan tertarik, karena napas yang sangat cepat.

3. Bengkak di kaki, perut, dan sekitar mata

Bengkak di sekitar kaki, perut dan mata menjadi gejala penyakit jantung bawaan. Mengapa demikian? Soalnya, saat jantung tidak bekerja dengan baik, aliran darah melambat dan kembali ke pembuluh darah di kaki, perut dan mata. Ini menyebabkan cairan menumpuk di jaringan tersebut.

4. Sesak napas saat bayi menyusu 

Penyakit jantung bawaan pada bayi dapat menyebabkan sesak napas saat menyusu. Bayi dengan kondisi demikian harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, ini menyebabkan bayi membakar lebih banyak kalori dan energi. Terlalu lelah membuat bayi menjadi sesak napas saat menyusu.

Fakta Penting Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi dan Anak

Ada berbagai hal yang bisa meningkatkan seorang anak mengalami kondisi ini, contohnya:

  • Lahir dari ibu yang mengidap diabetes
  • Memiliki keluarga dengan riwayat yang sama.
  • Bumil mengonsumsi atau terpapar obat-obatan golongan indometasin,
  • Bumil terinfeksi rubella pada trimester pertama
  • Tinggal di dataran tinggi

Sepertiga bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan dapat mengalami gejala yang mengancam jiwa dalam beberapa hari pertama kehidupan. Angka kematian bayi pada kasus ini mencapai 90 persen. Kegagalan untuk mengenali gejala penyakit jantung bawaan sering kali menyebabkan kesalahan diagnosis dan pengobatan yang kurang tepat.

Perawatan kelainan jantung bawaan pada bayi ataupun anak-anak tergantung pada jenis masalah jantung tertentu dan seberapa parah kondisinya. Kadang-kadang, kelainan jantung bawaan mungkin tidak memiliki efek jangka panjang pada kesehatan, anak dan mungkin tidak perlu mendapatkan pengobatan spesifik. 

Penyakit jantung bawaan lainnya, seperti lubang kecil di jantung, dapat menutup seiring bertambahnya usia anak. Namun, bila kondisinya serius, anak memerlukan perawatan segera setelah didiagnosis. Perawatan mungkin melibatkan obat-obatan, prosedur atau operasi jantung, atau transplantasi jantung. 

Itulah informasi mengenai gejala penyakit jantung bawaan pada bayi. Informasi selengkapnya bisa orang tua dapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, ibu dan ayah juga bisa mendapatkan obat dan vitamin untuk anak ya!

Referensi:
American Family Physician. Diakses pada 2023. Caring for Infants with Congenital Heart Disease and Their Families.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Congenital Heart Defects (CHDs).
National Heart Service. Diakses pada 2023. Congenital Heart Defects (CHDs).
Nidirect.gov.uk. Diakses pada 2023. Blue skin and lips (cyanosis).
Kids Health.org. Diakses pada 2023. Transient Tachypnea of the Newborn (TTN).
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Warning signs and symptoms of heart disease.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan