Wajib Tahu, Ini Efek Positif dan Negatif dari Konsumsi MSG

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 September 2023

“Konsumsi MSG atau monosodium glutamat selama tidak berlebihan, justru membawa efek positif. Beberapa manfaatnya adalah meningkatkan sensasi rasa pada makanan, termasuk juga nafsu makan terutama pada lansia.”

Wajib Tahu, Ini Efek Positif dan Negatif dari Konsumsi MSGWajib Tahu, Ini Efek Positif dan Negatif dari Konsumsi MSG

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – MSG atau lebih populer dengan sebutan micin, kerap berkaitan dengan hal yang negatif. Banyak orang yang menghindari penyedap makanan ini karena berbagai informasi buruk terkait dampaknya bagi kesehatan.

Padahal, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG tidak selamanya negatif. Ada efek positifnya. Untuk itu, yuk, cari tahu seperti apa efek positif dan negatifnya!

Apa Itu MSG dan Fungsinya?

MSG atau  monosodium glutamat, adalah bahan tambahan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan rasa makanan. MSG adalah garam natrium dari asam glutamat, yaitu salah satu asam amino non-esensial dan terkandung secara alami dalam makanan. 

Monosodium glutamat memiliki rasa umami yang kuat, yang mengacu pada rasa yang kaya dan gurih. Asam glutamat ini telah banyak orang gunakan secara luas dalam industri makanan sebagai bahan tambahan, untuk meningkatkan rasa dan memberikan rasa gurih pada makanan.

Dalam aspek diet dan nutrisi, MSG umumnya digunakan sebagai bahan makanan olahan, seperti kaldu, saus, keripik, camilan, makanan beku, dan makanan cepat saji.  MSG juga dapat terkandung dalam berbagai bumbu dan produk makanan kemasan. 

Apa Efek Positif Mengonsumsi MSG? 

Sebagai salah satu senyawa yang kerap menjadi bahan makanan, berikut adalah fungsi atau beberapa efek positif konsumsi MSG:

1. Penyedap rasa

MSG dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa makanan berkat sifat umaminya yang terdapat dalam MSG. Adapun, sifat umami ini merangsang produksi saliva, membuat mulut menjadi lebih berair. 

Selain itu, sensasi rasa umami dari MSG juga meningkatkan sensasi rasa dalam makanan. Dengan demikian, makanan yang  kamu nikmati akan menjadi lebih lezat.

Namun, jika kamu ingin meningkatkan sensasi umami tanpa MSG, maka kamu bisa membaca ulasan artikel Lezat Tanpa MSG, Coba 8 Penyedap Alami Ini di sini

2. Pengganti garam

Kamu bisa menggantikan garam dengan MSG dalam masakan. Pasalnya, MSG memiliki rasa umami yang dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu asin. 

Micin atau vetsin memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar natrium tanpa mengorbankan rasa makanan. Karena itu, menggunakan penyedap rasa ini dapat mengurangi konsumsi natrium dalam hidangan.

3. Sumber energi

Salah satu manfaat MSG lainnya adalah sumber energi. Sebab, usus dapat menguraikan MSG menjadi sumber energi. Baik melalui perubahan menjadi asam amino lainnya atau yang tubuh gunakan dalam pembentukan senyawa bioaktif. Karena itu, setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, seseorang mungkin merasa lebih berenergi.

4. Membantu meningkatkan nafsu makan lansia

Seiring bertambahnya usia, indra perasa, penciuman, dan fungsi mulut mulai menurun. Kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas makanan dan nafsu makan sehingga berisiko memicu malnutrisi pada lansia. 

Penambahan MSG pada makanan dapat membantu meningkatkan sensasi rasa serta aliran saliva untuk memudahkan mengunyah dan menelan makanan. Bahkan, penggunaan garam kerap tergantikan oleh MSG. 

Meski begitu, penggunaan micin atau MSG dan garam masih menjadi perdebatan. Lantas, mana yang lebih baik? 

Jika ingin membantu meningkatkan nafsu makan lansia, maka artikel ini tepat untuk kamu: 7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia

5. Meningkatkan rasa kenyang

MSG dapat menjadi penambah rasa yang kuat di berbagai makanan. Tidak hanya membuat makanan lebih menggugah selera, tetapi juga membantu seseorang merasa lebih kenyang.

Apa Efek Negatif dari Mengonsumsi MSG?

Walaupun memiliki efek positif, MSG bisa memicu gangguan kesehatan bila mengonsumsinya secara berlebihan. Lantas, seperti apa efek negatifnya? 

1. Gangguan metabolisme

Apa kaitan MSG dengan peningkatan risiko dari gangguan metabolisme? Mengutip dari Iranian Journal of Basic Medical Sciences, sifat aditif dari micin dapat menyebabkan resistensi insulin, kadar gula darah yang tinggi, serta penyakit gula. Jadi, sebaiknya kamu dan orang tuamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. 

2. Dampak buruk bagi otak

Glutamat adalah salah satu kandungan yang berperan penting pada fungsi otak. Gunanya untuk neurotransmitter, zat kimia yang dapat merangsang sel saraf untuk mengirimkan sinyal.  Pada MSG, kadar glutamat yang terkandung terlalu banyak. 

Hal ini malah berisiko memicu terjadinya toksisitas atau keracunan pada otak.Terlebih lagi jika konsumsi MSG berlebihan dan berkepanjangan. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan kematian sel.

Untuk itu, pentingnya mengurangi penggunaan MSG berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit yang bisa merugikan kondisi tubuh, simak penjelasannya di sini: Ketahui Dampak Konsumsi MSG Berlebih Bagi Kesehatan

3. MSG dapat sebabkan hipersensitivitas

Perlu kamu ketahui, jika mengonsumsi MSG juga dapat menyebabkan hipersensitivitas pada beberapa orang. Ada beberapa gejala saat mengalami masalah ini, seperti:

  • Sakit kepala.
  • Berkeringat banyak.
  • Wajah terasa seperti tertekan.
  • Mengalami mati rasa, kesemutan, hingga terbakar di wajah, leher, dan area lainnya.
  • Mengalami sakit dada.
  • Merasa mual.

Jika sejumlah gejala tersebut tak kunjung membaik dalam beberapa hari, segeralah periksakan kondisi ke dokter. 

4. Badan menjadi lemas

Walaupun penyedap dapat memberikan energi dan dapat menambah semangat, bila kamu mengonsumsinya berlebihan bisa membuat badan menjadi lemas.

Mungkin untuk sesaat kamu akan merasa berenergi, selanjutnya tubuh akan lemas, dan muncul sensasi kembung dan mual. Kalau kamu sering merasa lemas, coba cek penyebabnya di artikel: 7 Kondisi Kesehatan yang Bisa Sebabkan Badan Lemas.

5. Mulut tidak enak

Makanan dengan MSG memang membuat keinginan untuk mengunyah makanan terus-menerus. Namun, after taste-nya bisa membuat mulut berasa tidak enak. Sebab, sensasi umami yang tertinggal tidak langsung hilang karena kamu sudah terlalu banyak mengonsumsinya. Bila kamu merasakan sensasi yang demikian, segera minum air putih hangat.

Itulah penjelasan mengenai efek positif dan negatif dari konsumsi MSG. Maksimalkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi produk kesehatan seperti vitamin. Dapatkan produk kesehatan sesuai kebutuhan dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Is MSG Truly Unhealthy? All You Need to Know.
Wholesale Club. Diakses pada 2023. The Pros and Cons of MSG Use in Food.
Ajinomoto. Diakses pada 2023. The Benefits of MSG.
Healthline. Diakses pada 2023. MSG (Monosodium Glutamate): Good or Bad?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. What is MSG? Is It Bad For You?
Medical News Today. Diakses pada 2023. Chinese Restaurant Syndrome: What You Need to Know.
John Wiley & Sons. Diakses pada 2023. A Review of the Alleged Health Hazards of Monosodium Glutamate.
Insider. Diakses pada 2023. These magical foods are loaded with natural MSG.
Iranian Journal of Basic Medical Sciences. Diakses pada 2023. Natural products as safeguards against monosodium glutamate-induced toxicity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan