Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 September 2023

“Meski body serum dan body lotion sama-sama melembabkan kulit, tapi banyak perbedaan di antara keduanya. Body lotion dapat digunakan pada semua jenis kulit, sedangkan body serum khusus untuk kulit bermasalah.”

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body LotionWajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Halodoc, Jakarta – Bicara tentang produk perawatan tubuh, kamu akan menemukan banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah body serum yang memiliki sebutan lain serum pemutih badan.

Tak sedikit orang yang menganggap produk ini sama dengan body lotion. Padahal, keduanya ternyata berbeda. Meski sama-sama membantu membuat kulit menjadi lebih lembap dan cerah, body lotion memiliki kandungan minyak bumi, minyak mineral, serta bahan pelumas dan pengental yang lebih banyak.

Sementara itu, body serum tidak memiliki kandungan minyak bumi maupun mineral, dan sedikit pengental serta pelumas.

Apa Beda Serum Pemutih Badan dan Body Lotion?

Sebenarnya, serum pemutih badan atau body serum dan body lotion memiliki fungsi yang sama. Hanya, kedua produk ini memiliki tujuan secara khusus yang berbeda. Agar dapat memahami perbedaan keduanya, simak penjelasannya berikut ini:

1. Perbedaan fungsi

Perbedaan body serum dan body lotion yang pertama yaitu tujuan pemakaiannya. Body lotion sudah lebih dulu populer sebagai produk pelembab untuk menghidrasi kulit. Produk perawatan tubuh ini juga berperan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV. 

Seiring berjalan waktu, banyak orang menyadari bahwa setiap individu memiliki masalah kulit yang berbeda. Kemudian hadirlah body serum sebagai pelembab sekaligus solusi untuk untuk mengatasi masalah kulit, misalnya serum pemutih badan. 

Namun, bukan berarti body serum bisa menggantikan peran body lotion secara keseluruhan. Perbedaan manfaat keduanya bisa kamu baca pula dari artikel ini → Kenali Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body Lotion.

2. Cara kerja serum pemutih badan dan body lotion

Oleh karena berfungsi untuk menghidrasi kulit, tidak heran jika kulit terasa lengket selama beberapa saat setelah menggunakan produk ini. Sementara itu, body serum memiliki molekul yang lebih kecil yang membuatnya lebih cepat menyerap ke dalam kulit. 

Tak hanya itu, body serum juga bekerja dengan membentuk skin barrier atau lapisan pelindung pada kulit. Inilah sebabnya kulit tidak lengket saat kamu memakai produk ini seperti body lotion.

3. Kandungan

Perbedaan body serum dan body lotion selanjutnya adalah kandungannya. Tekstur body lotion biasanya lebih cair dan sedikit kandungan minyak ketimbang jenis pelembab kulit lainnya. Penggunaan produk perawatan tubuh ini juga menjadi rekomendasi untuk kulit normal yang tidak begitu bermasalah. 

Sementara itu, kandungan pada produk serum pemutih badan atau body serum lebih beragam dan formulanya lebih ringan sehingga kulit lebih mudah menyerapnya.

Body serum menggunakan bahan berbasis air atau water based. Selain itu, produk ini juga mengandung bahan lain seperti vitamin, antioksidan, glycolic acid, dan lactic acid yang bermanfaat untuk mencegah kulit kering.

4. Penggunaan serum pemutih badan dan body lotion

Perbedaan body serum dan body lotion berikutnya yaitu cara pakainya. Adapun, body lotion cocok untuk semua jenis kulit karena formulanya ringan.

Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kelembaban kulit. Tidak heran jika kamu atau anggota keluargamu bisa memakai produk ini kapan saja saat memerlukannya. 

Sementara itu, penggunaan serum pemutih badan atau body serum lebih berfokus pada kulit yang sangat kering dan kasar. Selain itu, pemakaian produk ini juga cocok untuk kulit yang bermasalah. Misalnya mengalami penuaan dini, sensitif, atau bersisik.

Lantas, manakah yang lebih baik antara body serum dan body lotion? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit kering dan dehidrasi, maka lebih tepat menggunakan body serum yang memiliki konsentrasi pelembab yang tinggi ketimbang body lotion.

Namun, jika kondisi kulit cenderung normal dan tidak bermasalah, cukup rawat dengan body lotion. Sementara itu, penggunaannya sebisa mungkin setiap hari untuk memberi perlindungan ekstra, terutama pada usia remaja. Cek alasannya pada artikel ini → Pentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit Remaja.

Rekomendasi Serum Pemutih Badan dan Lotion Terbaik

Jika kamu sedang mencari serum pemutih badan dan body lotion untuk perawatan tubuh harian, beberapa rekomendasi berikut ini bisa menjadi pertimbangan:

1. Nivea Body Serum Intensive Moisture 200 ml

Serum pemutih badan dari Nivea

Pertama, kamu bisa menggunakan body serum dari Nivea. Produk ini sangat efektif untuk mengatasi kulit yang kusam maupun rusak karena paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Produk ini mengandung ekstrak biji anggur yang menawarkan kelembapan intensif dan merawat kulit. Kemudian, kandungan vitamin E untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan pecah-pecah. Terakhir, Hydra IQ yang melembutkan dan melembapkan kulit sehingga kamu merasa nyaman sepanjang hari.

Rentang harga: Rp35.900 – Rp58.000 per tube dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Nivea Body Serum Intensive Moisture 200 ml melalui aplikasi Halodoc!

2. Vaseline Healthy Bright Firm + Glow Vitamin Body Serum 180 ml

Serum pemutih badan dari Vaseline

Rekomendasi serum pemutih badan selanjutnya adalah Vaseline. Ini merupakan produk perawatan badan yang mengandung Vitamin C, E, Niacinamide, AHA, dan Pro Retinol. 

Kandungan Vitamin pada produk ini menutrisi dan memperbaiki kelembaban kulit dari dalam lapisan epidermis. Sementara itu, AHA dan Pro Retinol menyamarkan kulit dari kerut halus dan mencerahkan kulit kusam, sehingga kulit terasa lebih kencang, sehat, dan cerah merata.

Rentang harga: Rp28.500 – Rp41.500 per tube dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Vaseline Healthy Bright Firm + Glow Vitamin Body Serum 180 ml melalui aplikasi Halodoc!

3. Garnier Light Complete Extra Whitening Serum Milk UV Body Lotion 400 ml

Garnier Body Lotion

Sementara itu, pilihan body lotion yang bisa menjadi pilihan adalah Garnier Light Complete Extra Whitening Serum Milk. Produk perawatan tubuh ini dapat membantu menyamarkan flek hitam dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Selain itu, produk ini juga mengandung SPF yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Aromanya juga sangat wangi dan segar untuk pemakaian setiap hari.

Rentang harga: Rp68.700 – Rp105.500 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Garnier Light Complete Extra Whitening Serum Milk UV Body Lotion 400 ml melalui aplikasi Halodoc!

4. Natur-E White Brightening Hand and Body Serum 180 ml

Natur-E hand and body serum

Kamu juga bisa menjaga kelembapan kulit sepanjang hari dengan menggunakan produk body serum dari Natur-E. Produk ini membantu menjaga kulit tetap cantik dan berseri bahkan hingga 10 jam setelah pemakaian.

Produk ini mengandung vitamin E, glutathione, dan ekstrak buah zaitun yang efektif untuk membuat kulit selalu lembap dan perlindungan tambahan dari paparan sinar matahari. Gunakan setiap hari selepas mandi. 

Rentang harga: Rp32.400 – Rp58.300 per tube dari aplikasi Halodoc.

Dapatkan Natur-E White Brightening Hand and Body Serum 180 ml melalui aplikasi Halodoc!

5. Marcks Venus Body Anti Aging Body Serum Collagen & Red Algae 100 ml

Marcks Venus Body Serum

Terakhir, serum pemutih badan dari Marcks dengan formula dari bahan alami yang bisa dengan baik meresap pada kulit tanpa meninggalkan kesan lengket. Produk ini mengandung UV protection yang bekerja aktif dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Selain itu, body serum dari Marcks ini juga tinggi akan kandungan alga merah dan kolagen yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan sehingga kulit selalu sehat, lembap, elastis, dan bebas tanda penuaan.

Rentang harga: Rp21.500 – Rp28.900 per tube dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Marcks Venus Body Anti Aging Body Serum Collagen & Red Algae 100 ml melalui aplikasi Halodoc!

Apabila kamu sudah menentukan produk perawatan tubuh yang cocok dengan kulitmu, segera cek melalui toko kesehatan aplikasi Halodoc.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. The 7 Body Lotion Benefits
WebMD. Diakses pada 2022. Body Lotion – Uses, Side Effects, and More
Vaseline. Diakses pada 2022. What are Body Serums, and How to Use Them
Difference Between. Diakses pada 2022. What is the Difference Between Serum and Lotion

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan