23 August 2018

Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Saat Masuk Trimester Kedua

asupan nutrisi ibu hamil, nutrisi trimester kedua, kesehatan ibu hamil, nutrisi, nutrisi ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya pada trimester pertama saja, saat usia kehamilan memasuki usia trimester kedua, ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk pada tubuh ibu. Pada trimester kedua ini, nyatanya ibu masih membutuhkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Baca juga: 7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

Pada kehamilan trimester kedua, janin dalam kandungan akan semakin cepat dalam tumbuh kembangnya. Biasanya, di usia kehamilan trimester kedua ini hampir seluruh organ tubuh bayi sudah terbentuk secara sempurna.

Kebutuhan nutrisi di trimester kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan nutrisi di kehamilan trimester pertama. Berikut adalah asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu untuk perkembangan janin saat trimester kedua:

1. Asam Folat

Tidak hanya pada trimester pertama saja, kebutuhan folat masih dibutuhkan pada trimester kedua. Pada trimester kedua, ibu membutuhkan asam folat 600 miligram per harinya. Tujuan pemenuhan asam folat pada masa kehamilan untuk menghindari bayi yang terlahir cacat.

Banyak makanan yang bisa ibu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat per harinya. Sayuran hijau, buah jeruk, dan kacang-kacangan adalah beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat, sehingga sangat baik dikonsumsi pada saat trimester kedua kehamilan.

2. Asam Lemak Omega 3

Nutrisi ini dibutuhkan untuk meningkatkan perkembangan otak dan juga saraf pada bayi. Tidak hanya itu, memenuhi asupan asam lemak omega 3 akan berdampak baik pada perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa pada bayi saat dilahirkan nanti. Ibu bisa mengonsumsi ikan laut, kacang kenari, dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi asam lemak omega 3.

3. Zat Besi

Kebutuhan zat besi ibu hamil nyatanya semakin tinggi saat mendekati persalinan. Zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah pada bayi saat dalam kandungan. Ibu hamil membutuhkan 35 miligram zat besi setiap harinya.

Banyak makanan yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil pada trimester kedua ini. Salah satunya adalah daging merah. Namun, tidak hanya daging merah yang memiliki zat besi tinggi. Banyak juga sayuran yang bisa ibu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi seperti bayam, brokoli, dan kacang kedelai.

4. Kalsium

Pada trimester kedua ini, pertumbuhan dan perkembangan bayi cukup pesat. Khususnya perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Biasanya, pada trimester kedua ini terjadi pembentukan dan juga pemadatan tulang pada bayi.

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil trimester kedua sebesar 1.200 miligram per harinya. Banyak makanan yang menjadi sumber kalsium, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, kacang kedelai, ikan, dan juga telur.

5. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil pada trimester kedua. Karbohidrat digunakan sebagai sumber energi tubuh pada ibu hamil. Pada usia kehamilan trimester kedua, semakin banyak perubahan yang ibu rasakan. Khususnya pada perkembangan bayi yang semakin besar.

Tentu ibu membutuhkan energi lebih untuk beraktivitas sehari-hari. Beberapa makanan sehat yang mengandung karbohidrat adalah ubi jalar, kentang, pisang, dan oat.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Trimester Kedua Kehamilan

Rutin melakukan kontrol pada dokter kandungan juga perlu dilakukan ibu hamil untuk mengetahui kondisi kesehatan janin serta ibu hamil. Jika ada keluhan selama masa kehamilan trimester kedua, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!