Atasi Benjolan Payudara saat Menyusui dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
atasi-benjolan-payudara-saat-menyusui-dengan-5-cara-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Benjolan payudara saat menyusui adalah kondisi umum yang sering dirasakan oleh banyak ibu menyusui. Benjolan tersebut terkadang bisa menimbulkan rasa nyeri dan membuat ibu tidak nyaman saat menyusui. Itulah mengapa benjolan payudara sebaiknya segera diobati. Yuk, cari tahu cara mengatasi benjolan payudara saat menyusui di sini. 

Agar bisa mengatasi dengan cara yang tepat, pertama-tama ibu perlu mencari tahu dulu penyebab benjolan payudara saat menyusui. Ada banyak kemungkinan penyebab munculnya benjolan payudara saat menyusui. Sebagian besar bukanlah kondisi yang serius, sehingga bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, benjolan payudara juga bisa menjadi pertanda dari penyakit yang serius, seperti kanker payudara. 

Berikut ini beberapa penyebab benjolan payudara saat menyusui yang tidak bersifat serius:

  • Saluran Tersumbat

Benjolan payudara yang ibu rasakan saat menyusui mungkin saja disebabkan karena saluran susu yang tersumbat. Hal ini bisa terjadi akibat ibu memakai bra atau pakaian yang terlalu ketat, sehingga akhirnya susu tersumbat di satu area payudara.

  • Payudara Membesar

Pada waktu tertentu, ibu juga bisa merasakan benjolan yang terasa menyakitkan di payudara. Hal ini mungkin karena ibu mengalami pembesaran payudara. Payudara yang membesar akan terasa lebih keras dan bengkak, sehingga bisa membentuk benjolan. Namun, benjolan ini bisa hilang setelah susu keluar secara manual atau dengan dipompa. Benjolan payudara akibat pembengkakan ini biasanya terjadi ketika bayi tidak bisa menyusu dengan baik, sehingga akibatnya ASI tidak keluar.

Baca juga: Cara Mudah untuk Memperlancar ASI

Berikut ini beberapa penyebab benjolan payudara saat menyusui yang serius yang perlu ibu waspadai:

  • Mastitis

Mastitis adalah kondisi di mana jaringan payudara mengalami peradangan yang kadang disertai juga dengan infeksi. Kondisi ini bisa menyebabkan terbentuknya abses (kumpulan nanah) pada jaringan payudara. Pada kasus yang parah, mastitis bisa berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

  • Fibroadenoma

Ini adalah tumor jinak pada payudara yang lebih sering terjadi pada wanita di antara usia 20–30 tahun. Fibroadenoma terbentuk dari jaringan payudara dan jaringan ikat, serta bisa terjadi pada satu payudara saja atau kedua-duanya.

  • Lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh perlahan di bawah kulit. Benjolan ini enggak hanya bisa tumbuh di payudara, tetapi juga di bagian tubuh lainnya, seperti leher, bahu, punggung, dan perut. Lipoma termasuk tumor jinak yang tidak berbahaya, tetapi perlu dibuang bila ukurannya sudah membesar dan mengganggu.

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

Cara Mengatasi Benjolan Payudara Saat Menyusui

Pada kebanyakan kasus, benjolan payudara tidak memerlukan penanganan khusus, karena tidak berbahaya dan mengganggu. Biasanya benjolan payudara saat menyusui paling sering disebabkan oleh mastitis. Ibu bisa mengatasi benjolan payudara mastitis dengan beberapa langkah berikut:

  1. Tetap menyusui pada payudara yang sakit, tapi aturlah posisi bayi agar perlekatannya tepat saat menyusui. Ibu bisa meletakkan bantal di bawah kepala bayi dalam pangkuan ibu, lalu arahkan posisi dagu bayi ke saluran yang tersumbat.

  2. Kompres payudara dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat.

  3. Pijat payudara dari atas sampai puting secara perlahan. Pastikan payudara dalam kondisi yang hangat saat dipijat. Pijat dengan mendorong kelenjar susu sampai ke bagian puting.

  4. Hindari mengenakan bra atau pakaian yang ketat yang bisa menghambat aliran ASI.

  5. Bila benjolan terasa nyeri, jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter. Untuk tahap awal, ibu bisa mengonsumsi obat-obatan, seperti ibuprofen atau parasetamol, guna meredakan rasa sakit. Namun, bila rasa sakit tetap berlanjut, ibu bisa mengonsumsi antibiotik tapi tetap atas anjuran dokter. 

Baca juga: 6 Penyebab Nyeri Payudara Saat Menyusui

Itulah cara mengatasi benjolan payudara saat menyusui. Bila ibu menyusui punya keluhan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui melalui fitur Talk to A Doctor untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.