05 April 2018

Atasi Kulit Kering Terkelupas dengan Cara Ini

Atasi Kulit Kering Terkelupas dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Kulit kering terjadi karena tubuh kekurangan cairan terutama lapisan terluar dari kulit. Biasanya kalau kulit hanya kering biasa tidak akan mengganggu secara estetis. Tapi kalau sudah sampai terkelupas dan kusam akan mengganggu penampilan, kan? Sebelum kamu mencari tahu solusinya, pastikan kamu tahu dulu apa penyebab kulit kering kamu, ya.

Biasanya lingkungan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin dapat membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya. Salah satu cara untuk mengman mungkin.

Misalnya, kamu sedang mengalami kulit kering yang disebabkan oleh lingkungan. Saat keluar rumah, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan terlindung dari sinar matahari. Kalau pun harus beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya. Sedangkan untuk lingkungan yang dingin, jangan lupa memoleskan pelembab supaya tubuh dapat mengembalikan kelembaban alaminya.

Salah penggunaan produk kecantikan, lotion atau sabun juga bisa membuat kulit kering terkelupas. Misalnya, kamu memang sudah memiliki jenis kulit kering, jangan lagi menggunakan sabun biasa. Perhatikan jenis sabun yang digunakan dengan kandungan pelembab yang tinggi. Bagaimana bisa tahu kalau sabun mandi mengandung moisturizer? Kalau setelah mandi, kulit terasa kesat berarti sabun kamu tidak memiliki moisturizer. Sabun dengan moisturizer biasanya akan meninggalkan jejak lembab di kulit.

Tips lainnya untuk kulit terkelupas adalah jangan gatal untuk mengelupasi kulit kering tersebut. Bisa-bisa kulit jadi lecet dan terluka sehingga mengakibatkan masalah kulit kering jadi lebih parah. Abaikan saja atau usapkan olive oil atau baby oil setiap kali ada serangan gatal.

Kalau kulit kering semakin parah, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter atau untuk diskusi awalnya bisa tanyakan langsung di Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Menurut pakar dermatologist dari New York, Francesca Fusco salah satu penyebab kulit kering adalah pertambahan usia. Pergantian sel-sel mati diganti dengan sel-sel baru mengalami perlambatan sehingga ada penumpukan di jaringan kulit atas. Makanya kulit terlihat kusam dan bahkan terkelupas. (Baca juga: Fakta Unik Seputar Kriteria Kecantikan di Beberapa Belahan Dunia)

Kalau hanya mengandalkan pemberian lotion, tabir surya maupun menjada kelembapan kulit dari paparan lingkungan akan sulit untuk mendapatkan kulit yang sehat. Untuk itu, perlu buat kamu menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3. Makanan yang baik untuk mengatasi kulit kering adalah tomat, bluberi, wortel, kacang polong dan kacang-kacangan. Makan ikan salmon juga baik untuk mengatasi kulit kering, selain dampak positif lainnya yang baik untuk diet.

Mungkin ada baiknya juga kamu memerhatikan hubungan pola makan dengan kondisi kulit. Ketika kamu makan sesuatu atau jenis makanan tertentu apakah kondisi kulit kering semakin parah atau tidak. Bisa jadi yang bikin kulit keringmu semakin parah karena mengonsumsi makanan tertentu. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga menjadi penyebab kulit menjadi kering.

Biasakan untuk minum air putih untuk menjaga jumlah asupan air di dalam tubuh yang pada akhirnya terkait dengan kelembapan kulitmu juga. Boleh-boleh saja minum minuman bersoda ataupun teh, kopi dan lain-lainnya, tetapi kamu perlu memerhatikan asupan air putih setiap hari yang minimal delapan gelas.

Kamu bisa tahu kok, apakah tubuh kekurangan air putih atau tidak. Ketika kamu merasa cepat lelah, sakit kepala tiba-tiba atau ketika kamu menggaruk kulit dan ada jejak putih di kulit, itu artinya tubuh kekurangan air.