22 July 2017

Bagi Para Wanita, Simak 4 Cara Meningkatkan Kesuburan Ini

Bagi Para Wanita, Simak  4 Cara Meningkatkan Kesuburan Ini

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sedang mempersiapkan diri untuk hamil? Sebenarnya hal utama yang harus segera kamu lakukan yakni menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini karena kesuburan wanita dan kemungkinannya untuk hamil akan meningkat bila tubuh dalam kondisi sehat.

Ada penelitian yang menunjukkan jika sekitar 84% pasangan akan hamil dalam setahun pertama, bila berhubungan intim secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi. Bila kehamilan tidak terjadi di tahun pertama, 50%-nya akan hamil pada tahun kedua. Namun hal tersebut memiliki hubungan dengan  tingkat kesuburan seorang wanita. Bagi wanita yang ingin mengetahui cara meningkatkan kesuburan, ada empat hal yang perlu kamu perhatikan:

Perhatikan Pola Makan dan Olahraga
Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari bisa memengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan tentunya kesuburan kamu. Bila kamu tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Berat badan berlebih atau kegemukan memiliki potensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga bisa mengganggu siklus menstruasi, yang selanjutnya mengganggu kesuburan.

Mengonsumsi Asam Folat
Asam folat bukan hanya baik untuk perkembangan saraf janin, namun asam folat juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Studi menunjukkan jika asam folat bisa menurunkan kejadian kegagalan ovulasi. Kamu bisa memperoleh kandungan asam folat dari sayuran seperti asparagus, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Sebaiknya jumlah konsumsi asam folat harian adalah 400 mikrogram sehari.

Hindari Alkohol, Kafein, dan Rokok
Bila kamu meminum kopi lebih dari lima gelas sehari maka itu setara dengan 500 mg kafein dan bisa berakibat menurunkan kesuburan. Konsumsi kafein yang masih diperbolehkan maksimum 200 mg per hari. Mengonsumsi alkohol dua gelas per hari juga ternyata bisa menurunkan kesuburan sebesar 60%. Sedangkan alkohol bisa meningkatkan risiko kelainan pada janin. Tidak hanya itu rokok juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesuburan. Rokok bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Sebaiknya kamu berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil.

Hubungan Intim Secara Teratur dan Memahami Siklus Haid
Sebaiknya frekuensi berhubungan intim yang disarankan yakni sebanyak 2- 3 kali per minggu. Bila terlalu sering atau terlalu jarang melakukan hubungan intim  bisa berpengaruh pada kualitas sperma. Sebaiknya melakukan hubungan intim dimulai di hari ke sembilan siklus haid atau 14 hari sebelum haid hari pertama adalah puncak masa subur. Pada masa ini, seseorang yang melakukan hubungan intim akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk hamil. Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu sudah melakukan hubungan intim selama satu tahun di masa subur dan berusia di bawah 35 tahun, dan belum mengalami kehamilan maka sebaiknya segera hubungi dokter karena ada kemungkinan kamu memiliki masalah kesehatan.

Nah, itulah empat cara untuk meningkatkan kesuburan wanita yang perlu kamu ketahui. Semoga cara di atas bisa membantu kamu untuk cepat hamil. Bila kamu memerlukan saran dari dokter spesialis kandungan untuk masalah kesuburan kamu, tak perlu ragu untuk menggunakan layanan Contact Doctor dengan pilihan Chat, Call, dan Video Call dari aplikasi Halodoc. Dan kamu bisa juga membeli obat dan vitamin melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.

BACA JUGA: Ketahui Masa Subur Sebagai Penentu Kehamilan