Bantu Obati Frozen Shoulder, Apa Itu Prosedur Manipulasi Bahu?

Bantu Obati Frozen Shoulder, Apa Itu Prosedur Manipulasi Bahu?

Halodoc, Jakarta – Frozen shoulder adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kekakuan dan nyeri pada sendi bahu. Tanda dan gejala biasanya mulai secara bertahap, memburuk seiring waktu, dan kemudian sembuh, biasanya dalam satu hingga tiga tahun.

Perawatan untuk frozen shoulder melibatkan berbagai latihan gerakan dan, kadang-kadang, kortikosteroid dan obat-obatan mati rasa disuntikkan ke dalam kapsul sendi. Dalam sebagian kecil kasus, operasi arthroscopic dapat diindikasikan untuk melonggarkan kapsul sendi, sehingga dapat bergerak lebih bebas.

Tulang, ligamen, dan tendon yang membentuk sendi bahumu terbungkus dalam kapsul jaringan ikat. Frozen shoulder terjadi ketika kapsul ini menebal dan mengencang di sekitar sendi bahu yang membatasi pergerakannya.

Dokter tidak yakin mengapa hal ini terjadi pada beberapa orang, meskipun lebih mungkin terjadi pada orang yang mengidap diabetes atau mereka yang baru-baru ini harus melumpuhkan bahu mereka untuk jangka waktu yang lama, seperti setelah operasi atau patah tulang lengan.

Manipulasi bahu adalah salah satu prosedur medis untuk mengobati frozen shoulder.  Dalam prosedur ini, kamu menerima anestesi umum, sehingga kamu akan pingsan dan tidak merasakan sakit. Kemudian, dokter menggerakkan sendi bahu ke arah yang berbeda untuk membantu melonggarkan jaringan yang mengencang.

Baca juga: Sering Bawa Barang Berat, Waspada Frozen Shoulder

Manipulasi bahu juga disebut sebagai prosedur untuk menghilangkan kekakuan bahu dan rentang gerak yang buruk. Prosedur ini dapat disarankan jika perawatan lain tidak membantu. Perawatan lain mungkin, termasuk olahraga, obat-obatan, dan terapi fisik. Manipulasi bahu memecah jaringan parut yang membuat bahu tidak bergerak dengan benar. Jaringan parut menyebabkan nyeri hebat dan kekakuan pada bahu yang memengaruhi aktivitas normal sehari-hari.

Persiapan Melakukan Manipulasi Bahu

Buatlah rencana bagi seseorang untuk mengantar kamu pulang dan tinggal bersama setidaknya selama sehari. Penyedia layanan kesehatan mungkin memberi tahu kamu untuk tidak makan atau minum setelah tengah malam sehari sebelum prosedur. Ia akan memberi tahu obat apa yang harus diminum atau tidak sebelum prosedur dilakukan. Kenakan kemeja nyaman yang bisa dikenakan di bawah selempang bahu.

Kamu akan diberikan anestesi umum untuk membuatmu tidur dan bebas rasa sakit selama prosedur. Beri tahu penyedia layanan kesehatan jika kamu atau anggota keluarga pernah mengalami masalah dengan anestesi. Kamu juga dapat menerima suntikan di leher untuk mematikan rasa di leher dan bahu.

Baca juga: Diabetes Juga Bisa Sebabkan Frozen Shouder

Penyedia layanan kesehatan akan menggerakkan bahu ke atas dan ke luar, dan kemudian turun dan masuk. Ini akan memecah jaringan parut memegang bahu di tempat. Penyedia layanan kesehatan akan memastikan bahwa bahu bergerak melalui seluruh rentang gerakannya. Pergerakan akan diulang. Manipulasi bahu dapat dilakukan dengan prosedur lain, seperti pelepasan kapsul artroskopi.

Kamu akan diberi izin pulang setelah pulih dari anestesi. Kemudian, kamu akan disarankan menggunakan obat es setelah pulang untuk membantu mengatasi rasa sakit dan bengkak. Penyedia layanan kesehatan akan memberi tahu kapan memulai latihan sendiri dan terapi fisik.

Baca juga: Bukan Nyeri Biasa, Ini 3 Tahap Gejala Frozen Shoulder

Seorang ahli terapi fisik akan mengajarkan kamu latihan untuk membantu menguatkan bahu. Kamu mungkin merasakan sakit dan bengkak hingga 2 minggu setelah prosedur. Manipulasi bahu dapat menyebabkan cedera pada saraf dan bagian lain bahu. Ini juga dapat menyebabkan bahu menjadi kaku dan tidak stabil.

Manipulasi bahu dapat menyebabkan tulang lengan patah. Risiko meningkat jika kamu merokok, maka memiliki kondisi medis kronis atau menjalani operasi bahu sebelumnya untuk mengetahui reaksi terhadap anestesi yang diberikan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai frozen shoulder dan prosedur manipulasi bahu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.