Begini Performa Seks Pria Menjelang Akhir Usia 40 Tahun

performa seks pria, seks
SEKS 08 August 2018

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar orang beranggapan bahwa masa berhubungan intim yang paling menggairahkan adalah ketika usia muda, antara rentang 25 hingga 35 tahun. Tentu saja, ini disebabkan karena performa fisik yang masih begitu prima. Lalu, bagaimana performa seks ketika memasuki usia akhir 40 tahun?

Ternyata, pria akan lebih menggairahkan saat berhubungan intim ketika usianya di atas 40 tahun. Sebuah survei yang dilakukan di Kanada menyatakan bahwa semakin bertambah usia seseorang, aktivitas seks yang akan diberikan serta didapatkan akan semakin menggairahkan dan memuaskan. Pada intinya, usia tidak memiliki pengaruh besar terhadap kenikmatan seksual.

Meski di usia 40 tahun hormon testosteron pria akan mengalami penurunan, nyatanya ini tidak membuat performa seks pria turut menurun. Bahkan, rentang usia ini adalah masa pubertas kedua bagi kaum Adam ini. Meski begitu, pria tidak membutuhkan berhubungan intim dalam frekuensi yang terbilang sering, yang dibutuhkan adalah kualitas dan pengalaman bercinta yang memuaskan. Pun, waktu bercinta yang dianjurkan untuk pasangan di akhir usia 40 tahun hanyalah dua kali dalam seminggu.

Masalahnya justru terjadi pada wanita, yang umumnya mengalami menopause menjelang akhir usia 40 tahun. Namun, pasangan lansia, terutama pria, faktanya lebih menyukai banyak permainan dibandingkan dengan berhubungan intim dalam arti penetrasi. Dikatakan dalam sebuah studi, hubungan seks yang didominasi permainan atau foreplay lebih meningkatkan gairan seksual baik pria maupun wanita.

Gairah Seks Pria di Atas 40 Tahun

Bukan tidak mungkin pria yang sudah berusia di atas 40 tahun alias “matang” mengalami penurunan libido atau gairah seksual. Kondisi ini disinyalir disebabkan karena tingkatan stres yang cenderung lebih tinggi pada rentang usia tersebut. Selanjutnya, pola hidup yang tidak sehat pun diperhitungkan, karena pria pada usia ini rentan terserang penyakit diabetes, darah tinggi, asam urat, dan kolesterol.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Libido Pria

Beberapa pakar kesehatan berpendapat bahwa penurunan gairah dan performa seks pria di usia 40 tahun bisa berdampak pada penurunan produksi hormon testosteron. Namun, penurunan sejumlah satu persen setiap tahun ini tidak berpengaruh besar terhadap gairah seksual, karena meski menurun, jumlah hormon testosteron pria masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan wanita, yaitu sebesar empat hingga lima kali lipat.

Menjaga dan Meningkatkan Gairah Seksual

Usia tidak menjadi penentu menurunnya gairah seksual pria. Namun, agar lebih memuaskan dalam bercinta, maka gairah seksual pun perlu ditingkatkan, terlebih bagi pasangan yang telah berumur. Bagaimana caranya?

1. Mengurangi Stres

Banyak sedikitnya produksi hormon testosteron dipengaruhi oleh bagaimana pria mengelola stresnya. Semakin tinggi tingkat stres, maka produksi hormon ini pun akan semakin berkurang. Agar gairah seksual meningkat, sebaiknya isi pikiran dengan hal-hal yang membahagiakan.

2. Olahraga Teratur 

Olahraga menjadi aktivitas yang tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga meningkatkan gairah seksual dan membuat pria lebih berstamina serta tahan lebih lama di ranjang. Setidaknya, sediakan waktu 30 hingga 60 menit untuk berolahraga setiap harinya. Tidak hanya stres dan depresi, menurunnya kadar hormon testosteron juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang kelelahan, karena hormon kortisol justru menghancurkan hormon testosteron dalam tubuh.

3. Cukup Istirahat

Kurang tidur akan membuat tubuh kehilangan stamina dan tampak lesu. Selain itu, suasana hati juga akan mudah berubah yang diikuti oleh pola makan yang menjadi tidak teratur, karena demi mencegah kantuk, makan menjadi satu pilihan aktivitas yang sering dilakukan. Akibatnya, tubuh justru akan mengalami diabetes dan obesitas.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

Demikian tadi ulasan singkat mengenai performa seks pria di usia 40 tahun. Jika membutuhkan saran dokter mengenai hubungan seksual di usia lanjut, percayakan saja pada Halodoc. Layanan Tanya Dokter di aplikasi Halodoc akan membantu menjawab segala permasalahan kesehatan, termasuk seks. Jadi, segera download aplikasi ini di ponsel kamu ya!


Rekomendasi Artikel

SEKS

21 August 2018

Suami istri tidak bisa sebebas dulu berhubungan intim ketika ibu dalam keadaan hamil karena banyak yang dipert...

Selengkapnya

KECANTIKAN

21 August 2018

Anak krakatau telah meletus 576 kali dalam sehari. Cari tahu fakta letusan gunung berapi ini....

Selengkapnya

OLAHRAGA

21 August 2018

Kebanyakan pemain basket punya tubuh tinggi. Tapi, kenapa ya? Cari tahu jawabannya di sini, yuk....

Selengkapnya