• Home
  • /
  • Benarkah Rasa Gugup Bikin Asam Lambung Naik?

Benarkah Rasa Gugup Bikin Asam Lambung Naik?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Benarkah Rasa Gugup Bikin Asam Lambung Naik?

Halodoc, Jakarta - Rasa gugup merupakan bagian dari emosi yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika emosi tersebut dirasakan berlebihan, tubuh akan memberikan reaksi seperti asam lambung naik, yang ditandai dengan rasa mual. Itulah sebabnya ketika merasa gugup, kamu bisa jadi sangat ingin muntah, tetapi tidak ada yang berhasil dikeluarkan dari perut.

Rasa mual akibat asam lambung naik saat gugup, tetapi tidak diiringi dengan muntah disebut dry heavy atau muntah kering. Lalu, apa hubungannya rasa mual akibat asam lambung naik dengan perasaan gugup? Menurut laman konsultasi yang dikelola Columbia University, hal ini ada hubungannya dengan peningkatan hormon tertentu dalam tubuh. 

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Peningkatan Hormon dan Naiknya Asam Lambung saat Gugup

Menyambung penjelasan tadi, biasanya refleks muntah akan sangat aktif ketika mencium bau tidak sedap atau sensitif dengan kandungan makanan atau minuman tertentu. Namun, stres, panik, dan cemas yang berlebihan juga bisa memicu aktifnya refleks muntah. Rasa ingin muntah saat cemas dan stres ini kemungkinan besar terjadi akibat meningkatnya hormon serotonin.

Perlu diketahui bahwa hormon serotonin ikut berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika kadar hormon ini berlebihan, produksi asam lambung akan meningkat dan sinyal mual di batang otak akan diaktifkan. Itulah sebabnya saat gugup, panik, dan cemas, kamu akan merasakan mual sampai-sampai ingin muntah.

Baca Juga: Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

Tips Atasi Asam Lambung Naik saat Gugup

Mual dan rasa ingin muntah saat gugup tentu akan mengganggu aktivitas. Namun, kondisi ini sebenarnya bisa diatasi jika kamu mampu menghadapi penyebab utamanya, yaitu stres, kecemasan, rasa panik, atau kegugupan yang muncul. Nah, untuk mengurangi emosi yang berlebihan tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut:

1. Tenangkan Diri

Rasa gugup akan semakin parah jika perasaan kamu terus gelisah. Akibatnya, hal itu akan membuat kamu mual dan berujung ingin muntah saat perasaan gugup tak kunjung diatasi. Untuk itu, kamu perlu menenangkan diri. Cobalah cari tempat yang jauh dari keramaian sejenak, lalu lakukan terapi relaksasi dengan menarik napas dalam-dalam lewat hidung, kemudian membuangnya secara perlahan lewat mulut.

2. Alihkan Emosi Negatif ke Hal Lain

Rasa gugup, cemas, stres, dan panik cenderung membuat otak memikirkan hal negatif. Semakin kamu terlarut dalam pikiran tersebut, semakin sulit untuk mengatasinya. Jadi, hentikan pikiran negatif yang muncul di kepala dengan memikirkan hal lain, seperti mencoba untuk membaca buku, memainkan permainan di ponsel, atau menonton video lucu.

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita

3. Hindari Hal yang Bisa Memperburuk Kondisi

Untuk mengatasi asam lambung naik dan mual akibat gugup, kamu sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa memperburuk kondisi tubuh kamu. Seperti misalnya kurang tidur, kebiasaan minum alkohol atau kopi di malam hari, dapat membuat kecemasan dan stres bertambah buruk. Akibatnya, rasa mual dan naiknya asam lambung saat gugup, cemas, panik, dan stres akan terus-menerus kambuh.

Untuk menenangkan pikiran sebelum tidur, kamu bisa mencoba berendam air hangat. Berendam air hangat akan melonggarkan otot tubuh yang menegang sekaligus menenangkan pikiran. Hindari atau hentikan kebiasaan minum alkohol, merokok, atau minum kopi menjelang waktu tidur supaya tidur tidak terganggu.

4. Konsultasikan Kondisi ke Dokter

Cara-cara mengatasi mual dan asam lambung naik saat gugup yang telah dijelaskan sebelumnya, mungkin berhasil membantu. Namun, jika cara itu tidak berhasil, kamu mungkin membutuhkan bantuan dokter atau psikolog. Jadi, jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi, agar pengobatan dapat dilakukan. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan manfaatkan untuk berbicara dengan dokter dan psikolog lewat chat, kapan dan di mana saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Anxiety, Stress, and Stomachaches.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to stop dry heaving.