Benarkah Tempel Bawang Putih Bisa Redakan Sakit Gigi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Benarkah Tempel Bawang Putih Bisa Redakan Sakit Gigi?

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini viral unggahan status di Facebook yang berisi informasi kalau menempelkan bawang putih di pergelangan tangan bisa meredakan sakit gigi. Tentunya, unggahan yang disertai foto tersebut langsung ramai dibicarakan, bahkan tak sedikit pula orang yang ingin mempraktikkannya. Pemilik akun facebook tersebut pun menjelaskan tata cara penggunaan bawang putih untuk mengobati sakit giginya. 

Baca Juga: Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Menurutnya, sebelum ditempelkan di tangan, bawang putih harus di geprek terlebih dahulu. Setelah digeprek, tempelkan bawang putih di tangan dan diplester dengan lakban agar tidak jatuh. Pemilik akun juga menambahkan bahwa seseorang yang memiliki kulit sensitif disarankan melakukannya selama 15–20 menit saja. 

Lantas, Benarkah Tempel Bawang Di Tangan Bisa Redakan Sakit Gigi?

Ternyata, jawabannya adalah tidak. Faktanya, menempel bawang putih di tangan tidak bisa mengobati sakit gigi. Sakit gigi adalah kondisi yang berkaitan langsung dengan saraf trigeminal dan tidak berhubungan dengan saraf di tangan. Menempelkan bawang putih di tangan hanya mengalihkan rasa sakit yang ada di gigi dan tidak akan mengobatinya sama sekali. 

Alih-alih mengobati sakit gigi, bawang putih di tangan justru berisiko membuat kulit melepuh dan menimbulkan sensasi terbakar, terlebih pada individu yang punya kulit sensitif. Jadi, menempelkan bawang putih di tangan untuk meredakan sakit gigi tidak disarankan.

Di era yang serba digital ini semua orang bisa mengakses informasi dengan mudah, tetapi kita juga harus mencari tahu keabsahan atau kebenaran informasi tersebut. Sebab, menelan mentah-mentah informasi yang beredar malah bisa menjadi boomerang untuk diri kita. Oleh karena itu, kalau kamu sedang mencari informasi perawatan rumahan untuk meredakan sakit gigi, jangan lupa untuk mencari tahu sumbernya ya. Pastikan informasi yang kamu baca memiliki sumber yang kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan.

Perawatan Rumahan untuk Redakan Sakit Gigi

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa perawatan rumahan yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Bahan-bahan ini tentunya mudah ditemukan dan pastinya sering tersedia di dapur rumah kamu. Yuk, ketahui selengkapnya

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Harus Segera Periksa Gigi

1. Kompres Dingin

Perawatan rumahan ini mungkin sudah diketahui oleh khalayak tentang manfaatnya untuk meredakan sakit gigi. Kompres dingin menggunakan es batu akan menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena, sehingga rasa sakit bisa diminimalisir. 

2. Berkumur dengan Air Garam

Perawatan ini mungkin juga telah diketahui banyak orang. Berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur garam berguna untuk melonggarkan kotoran yang bersarang di rongga atau celah-celah gigi. Ini dapat mengurangi pembengkakan, meningkatkan penyembuhan, dan meredakan sakit tenggorokan.

3. Bawang Putih

Ternyata, bawang putih memang bisa meredakan sakit gigi lho! Namun, caranya bukan di tempel di pergelangan tangan ya! Bawang putih yang sudah dihancurkan perlu dicampur dengan sedikit garam yang kemudian dioleskan di area gigi yang sakit. Bawang putih mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri disebut allicin, jadi enggak heran bawang putih efektif mengurangi gejala sakit gigi.

Perawatan rumahan ini hanya meringankan gejalanya saja. Apabila sakit gigi yang kamu alami tak kunjung membaik lebih dari dua hari, sebaiknya cari perawatan segera dari dokter gigi. Sakit gigi yang tidak segera diobati, ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti penyakit gusi atau abses gigi

Baca Juga: Bikin Nyeri, Kapan Gigi Bungsu Baru Perlu Dicabut?

Sakit gigi juga bisa diredakan dengan konsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti asetaminofen atau ibuprofen. Nah, kalau kamu membutuhkannya, beli obatnya lewat aplikasi Halodoc aja. Klik fitur Buy Medicine yang ada di aplikasi Halodoc untuk membeli obat yang kamu butuhkan. Lalu, pesanan akan diantar ke tempat tujuan. Gampang banget kan? Makanya yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!