Bentuk Wajah Tentukan Kepribadian, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bentuk Wajah Tentukan Kepribadian, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Terkadang, kalau hanya melihat wajah seseorang secara sekilas, wajahnya seakan-akan berbentuk bulat. Namun, jika diperhatikan lebih seksama, setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda! Menurut Jean Haner, seorang ahli dalam membaca wajah dan penulis The Wisdom of Your Face, bentuk wajah seseorang cenderung mengungkapkan kepribadian dasar seseorang dan pendekatan keseluruhan terhadap kehidupan.  Biar enggak penasaran, berikut kepribadian seseorang berdasarkan bentuk wajah yang dimiliki.

Baca Juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

  1. Bentuk Wajah Persegi Panjang

Seseorang yang memiliki bentuk wajah persegi panjang bisa dilihat jelas melalui bentuk dahi dan dagu yang lebih tegas dan cenderung lebar. Orang-orang dengan bentuk wajah seperti ini dinilai sebagai pemikir yang baik, tetapi sering berpikir berlebihan (overthinking)

Seseorang dengan wajah persegi panjang biasanya merencanakan dengan cara-cara tertentu dan jarang membicarakan perasaan mereka. Untuk mengatasi ketegangan batin akibat overthinking yang mereka miliki, seseorang dengan wajah persegi panjang cenderung suka berolahraga. 

  1. Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat ditandai dengan garis rambut lebar dan penuh di bawah tulang pipi. Pemilik wajah bulat adalah tipe orang yang suka memberi, baik hati dan selalu mengutamakan orang lain.  Akibatnya, pemilik kepribadian seperti ini cenderung mengutamakan kepentingan orang lain, sehingga tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka butuhkan. 

Mentalitas seperti ini berisiko dimanfaatkan oleh orang-orang narsis. Meski begitu, seseorang yang memiliki bentuk wajah bulat masih bisa mengubahnya dengan menyadari bahwa mereka adalah seseorang pemberi berlebihan dan selalu menjadikan orang lain prioritas di atas diri mereka sendiri.

  1. Bentuk Wajah Berlian 

Bentuk wajah berlian ditandai dengan lebar di tengah dan mengerucut ke arah dahi dan dagu. Ini merujuk pada seseorang yang suka mengambil kendali dan menginginkan sesuatu dengan cara tertentu. Mereka juga berorientasi pada detail, sehingga sering menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. 

Mereka termasuk orang yang pandai berkata-kata mereka dan berkomunikasi dengan baik. Namun, mereka juga seringkali mengeluarkan kata-kata tajam, sehingga tidak sedikit orang yang salah mengartikannya.

  1. Bentuk Wajah Oval (Lonjong)

Wajah oval ditandai dengan bentuk yang panjang dari lebar dengan rahang yang lebih sempit daripada tulang pipi. Orang ini selalu tahu semua hal yang benar untuk dikatakan, sehingga mereka dapat membuat orang lain merasa diterima dan nyaman. Namun, terkadang mereka justru terlalu fokus untuk mengatakan semua hal yang benar, sehingga sulit disanggah atau menjadi antikritik karena merasa selalu benar.

Baca Juga: 5 Tanda Gangguan Kepribadian, Hati-Hati Terkena Salah Satunya

  1. Bentuk Wajah Persegi

Bentuk wajah ini ditandai dengan garis rambut dan garis rahang yang lebar. Ini biasanya merujuk pada seseorang yang selalu bersemangat dan antusias, sehingga sebagian besar orang-orang ini  suka mengambil proyek-proyek besar karena memiliki stamina yang luar biasa. 

Jika stamina sedang menurun, berarti kamu membutuhkan vitamin dan suplemen sebagai penambah energi. Kalau kamu butuh vitamin atau suplemen, belinya lewat aplikasi Halodoc saja! Lewat aplikasi, kamu tinggal pilih obat atau vitamin yang kamu butuhkan dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam.

  1. Bentuk Wajah Hati

Bentuk wajah hati sebenarnya hampir mirip dengan bentuk wajah berlian. Bentuk hati ditandai dengan dahi yang lebih lebar dan dagu yang lebih sempit. Seseorang dengan bentuk wajah ini memiliki kekuatan batin yang luar biasa tetapi bisa keras kepala karena pikiran mereka yang terlalu kuat.  

Orang-orang ini bisa memaksa dan mengendalikan orang lain jika memiliki tujuan tertentu. Mereka juga memiliki intuisi yang kuat, seperti pengetahuan batin, sehingga mereka tahu kapan harus bergerak. 

Baca Juga: 8 Trik Psikologi Ini Bikin Orang Menyukaimu

  1. Bentuk Wajah Pir (Segitiga)

Bentuk wajah segitiga ditandai dengan dahi lebih sempit dan rahang yang lebar. Pemilik wajah ini biasanya ingin bertanggung jawab. Semakin sempit dahi di bagian atas kepala, maka mereka akan semakin merasa harus bertanggung jawab. 

Referensi:

Cosmopolitan. Diakses pada 2019. What Your Face Shape Says About You.

Reader’s Digest. Diakses pada 2019. What Your Face Shape Could Be Saying About Your Personality.