Berbagai Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Wajah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 manfaat rosehip oil,rosehip,skincare,rosehip oil

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang setuju, merawat kecantikan wajah merupakan hal yang penting. Mulai dari krim wajah, toner, ataupun serum adalah sesuatu yang sedang dicari demi terjaganya kecantikan wajah. Bahan atau kandungan dalam setiap skincare perlu diteliti, kira-kira bagaimana manfaatnya bagi kulit wajah. Nah, salah satu yang jadi favorit banyak orang adalah rosehip oil. Sudah banyak skincare yang menggunakan bahan ini sebagai kandungan utamanya.

Dibanding minyak alami lainnya, rosehip oil dipercaya unggul dalam kekayaan kandungan. Pasalnya mengalahkan minyak kelapa dalam urusan merawat kulit. Rosehip oil diekstrak dari benih kelompok mawar yang tumbuh di negara Chili. Ekstrak dari benih ini biasanya mengandung banyak vitamin (terutama vitamin C), anti-oksidan, dan asam lemak esensial.

Suku Maya dan Orang Mesir zaman dulu sudah menggunakan rosehip oil sebagai penyembuh luka. Zaman perang dunia, orang-orang Inggris menggunakan sirup rosehip oil sebagai suplemen penguat imun tubuh anak-anak. Lalu bagaimana manfaat rosehip oil untuk kecantikan wajah?

  1. Mengobati Bekas Luka dan Jerawat

Rosehip oil kaya akan asam lemak esensial, terutama asam oleat,, asam palmitat, asam linoleate, dan asam gamma linoleate (GLA). Rosehip oil juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang juga dikenal sebagai asam lemak esensial (EFA). Asam lemak inilah yang jika diserap melalui kulit dan berubah menjadi postaglanding (PGE). Kandungan tersebut penting bagi kelangsungan hidup membran seluler dan regenerasi jaringan.

  1. Meratakan Warna Kulit

Selain bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkannya, rosehip oil juga efektif menyamakan warna kulit yang tidak merata. Caranya cukup kombinasikan dengan air perasan lemon atau jeruk nipis, kemudian usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan pada bagi dan malam hari.

  1. Melembabkan Tanpa Membuat Wajah Berminyak

Rosehip oil termasuk dalam minyak tumbuhkan yang kaya akan nutrisi pelembab, tetapi dengan konsistensi ringan. Sehingga akan membuat kulit lembab dan sehat tanpa menyumbat pori-pori dengan minyak berlebih.

Baca juga: Hati-hati Pakaii Pelembab Setelah Mandi

  1. Membuat Kulit Awet Muda

Selain asam lemak esensial, rosehip oil juga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini merupakan antioksidan penting untuk menjadikan kulit awet muda. Kandungan-kandungan ini juga memungkinkan rosehip mengatasi tanda-tanda penuaan dan pigmentasi, melembabkan kulit, memperbaiki kerusakan kulit, dan menyediakan anti-oksidan pelindung yang kuat tanpa rasa lengket dari minyak yang umum digunakan seperti minyak zaitun.

  1. Mencerahkan Kulit

Dengan mengaplikasikan beberapa tetes rosehip oil setiap hari bisa berfungsi sebagai serum wajah. Nutrisi dan sifat mendinginkannya akan menjadikan pori-pori mengecil dan kulit tampak lebih cerah.

Baca juga: 5 Cara Usir Keriput Wajah dengan Face Yoga

  1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Untuk perawatan kecantikan kulit wajah, rosehip oil memiliki beberapa manfaat jika dioleskan secara eksternal. Vitamin E, vitamin C, dan vitamin D dan betakaroten di dalamnya akan melindungi kulit dan meningkatkan perputaran sel.

  1. Mencegah dan Mengatasi Stretchmark

Khasiat menyembuhkan bekas luka dari rosehip oil juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya stretchmark, terutama pada ibu hamil.

Nah, itulah beberapa khasiat dari rosehip oil yang perlu diketahui. Jangan ragu untuk mengaplikasikannya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan ragu pula untuk menanyakan pertanyaan seputar kecantikan dan kesehatan kulit pada dokter ahli di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download dan daftarkan diri kamu segera di aplikasi Halodoc sekarang!