Biar Enggak Bau Mulut Saat Puasa, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Biar Enggak Bau Mulut Saat Puasa, Konsumsi 7 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Masalah bau mulut nyatanya bisa muncul saat memasuki bulan puasa. Kondisi ini disebabkan karena selama satu hari kamu tidak mengonsumsi makanan maupun minuman. Kondisi dehidrasi nyatanya juga dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut.

Baca juga: Sahur dengan 5 Makanan Ini untuk Cegah Bau Mulut

Tidak hanya perubahan waktu makan, jenis makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka pun nyatanya memengaruhi masalah bau mulut pada seseorang. Jadi tidak ada salahnya untuk lebih memerhatikan makanan yang kamu konsumsi ketika sahur maupun berbuka.

Sebaiknya konsumsi beberapa makanan ini agar kamu tidak mengalami masalah bau mulut ketika sedang menjalani ibadah puasa:

1. Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut hal ini karena yoghurt mengandung probiotik. Yoghurt mengandung bakteri baik seperti Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.

Selain karena mengandung bakteri baik yang menangkal bau mulut, yoghurt mengandung banyak kandungan yang mengandung kalsium, fosfor, vitamin B2 serta protein yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan selama bulan puasa.

2. Air Mineral

Konsumsi air mineral yang cukup selama menjalani ibadah puasa dapat menjauhkan kamu dari masalah bau mulut. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sudah terhidrasi dengan baik. Kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik nyatanya dapat melembapkan mulut serta tenggorokan.

Hal ini dapat membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut. Penuhi kebutuhan cairan selama bulan puasa dengan mengonsumsi air putih sebanyak 3 gelas setelah sahur, 3 gelas setelah berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

3. Teh

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh ketika sahur atau berbuka. Ada beberapa pilihan teh yang dapat menghindari kamu dari masalah bau mulut, yaitu teh hijau dan teh hitam. Teh hitam mengandung polyphenol untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Sedangkan teh hijau kaya antioksidan untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi teh ketika sahur atau berbuka, ya!

Baca juga: Lagi Sahur, Konsumsi 7 Makanan Ini Biar Kenyang Lebih Lama

4. Apel

Apel adalah buah-buahan yang cukup tepat untuk menghindari kamu dari masalah bau mulut. Mengunyah apel membantu mulut untuk memproduksi air liur yang dapat menjadi pembersih alami bagi sisa-sisa makanan yang menempel pada bagian gigi kamu.

5. Jeruk dan Lemon

Jeruk dan lemon adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu kamu untuk menghindarkan dari masalah bau mulut. Hal ini karena vitamin C mencegah pertumbuhan bakteri yang tumbuh dalam mulut. Sebaiknya, konsumsi jeruk dan lemon setelah berbuka puasa. Hindari mengonsumsi jeruk dan lemon ketika berbuka puasa, dikhawatirkan dapat meningkatkan penyakit lambung.

6. Jahe

Konsumsi jahe membantu untuk menghindarkan dari bau mulut. Rasa pedas pada jahe dapat merangsang enzim dalam mulut untuk memecah bau sehingga berubah menjadi segar. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jahe sesaat setelah berbuka puasa.

7. Susu

Konsumsi susu dapat membantu kamu untuk mengatasi bau mulut. Kandungan lemak dan air yang tinggi dipercaya dapat menetralkan bau mulut. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu agar kesehatan agar tetap terjaga ketika menjalani ibadah puasa.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi serta vitamin yang kamu butuhkan selama menjalani ibadah puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan mulut kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Napas Tak Sedap saat Puasa, Apa Sebabnya?