17 July 2018

Bikram Yoga, Olahraga Efektif Menurunkan Berat Badan

bikram yoga, olahraga,yoga,menurunkan berat badan,bikram yoga menurunkan berat badan

Halodoc, Jakarta – Ada begitu banyak variasi yoga yang menawarkan kebugaran serta manfaat penurunan berat badan yang signifikan, salah satunya adalah bikram yoga. Untuk kamu ketahui, bikram yoga adalah varian olahraga yoga yang dilakukan di suhu panas 40 derajat celsius selama 90 menit dan kamu akan melakukan 26 pose yoga.

Menurut Journal of the American Dietetic Association, orang-orang yang melakukan olahraga yoga lebih memiliki berat badan stabil ketimbang yang tidak. Ada beberapa manfaat bikram yoga sebagai olahraga yang efektif dalam menurunkan berat badan yang menarik untuk diketahui.

  1. Latihan Kardio dan fleksibilitas

Bikram yoga bisa dibilang sebagai olahraga kombinasi antara kardio dan fleksibilitas. Paduan ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan secara signifikan. 26 pose pada bikram yoga adalah bentuk latihan yang membangun kekuatan tubuh, membentuk massa otot yang dalam setiap gerakannya efektif membakar kalori, sekaligus memberikan kesadaran kepada tubuh. Proses penyadaran kepada kepemilikan tubuh secara tidak langsung akan membuat kamu lebih menghargai tubuh dan mengontrol nafsu makan.

  1. Menciptakan Relaksasi Diri

Bikram yoga tidak hanya olahraga biasa yang menggerakkan tubuh dan membakar kalori, tetapi juga bentuk olahraga yang memberikan efek relaksasi diri di mana dalam setiap latihannya ada latihan pernapasan. Kamu akan dilatih untuk tetap bernapas normal meski di suhu tinggi yang pada akhirnya akan membentuk dirimu tetap tenang meski di situasi tegang sekalipun. Baca juga: 4 Camilan Sehat di Kantor Biar Enggak Kegemukan

  1. Kulit Lebih Glowing

Aktivitas bikram yoga yang mengeluarkan keringat dapat meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat, sehingga secara tidak langsung kulit terlihat lebih glowing. Bahkan peredaran darah yang lancar dapat membuat kulit wajah lebih berseri sampai mengurangi pertumbuhan jerawat.

  1. Dapat Mengontrol Nafsu Makan

Latihan kardio yang rutin termasuk bikram yoga dapat mengontrol nafsu makan, sehingga tidak kebablasan makan jadi terlalu banyak. Sejatinya latihan fisik dapat mengembalikan mood menjadi lebih positif, sehingga membuat kamu tidak membutuhkan camilan supaya bikin happy yang tanpa disadari sering menjadi alasan kenapa orang doyan mengemil.

  1. Olahraga yang dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kombinasi kardio dan latihan fleksibilitas pada bikram yoga dapat menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan buatmu. Lebih dari sekadar penurunan berat badan, latihan bikram yoga dapat mengembalikan postur badan dan membentuk badan secara keseluruhan, sehingga memberikan rasa percaya diri. Selain itu, latihan bikram yoga berguna untuk keseharianmu, yaitu tubuh lebih enteng, fleksibel, tidak mudah lelah, dan dapat berdiri dengan tegak. Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga bikram yang dilakukan ada beberapa hal yang sejatinya wajib kamu perhatikan seperti:

  • Lakukan Secara Rutin

Kalau kamu menginginkan penurunan berat badan yang efektif tentunya tidak bisa dilakukan dengan hanya sekali melakukan latihan bikram yoga saja. Kamu perlu melakukan rutin, kalau bisa setiap hari atau setidaknya 4-5 kali dalam seminggu.

  • Konsumsi Air Putih

Salah satu cara untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih. Apalagi olahraga bikram yoga akan membuatmu mengeluarkan keringat yang banyak. Jangan sampai kamu kekurangan cairan sehingga tubuh menjadi tidak fit. Melakukan olahraga rutin harus dibarengi dengan konsumsi air putih yang banyak juga.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai bikram yoga sebagai olahraga yang efektif dalam menurunkan berat badan atau pun pilihan olahraga tepat yang sesuai dengan kebutuhanmu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.