4 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh

4 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh
DIET & NUTRISI 28 January 2018

Halodoc, Jakarta – Protein merupakan makronutrien yang sangat diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein itu sendiri terdiri dari 20 asam amino yang diperlukan agar tubuh dan sel-selnya berfungsi dengan baik. Lebih dari setengah asam amino (11) disebut sebagai asam amino nonesensial karena bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sementara sisanya (9) dinamakan asam amino esensial karena hanya bisa diperoleh dari makanan. Protein berfungsi untuk membangun jaringan sel, otot dan tulang. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan asupan sumber protein yang cukup. Selain itu, masih banyak manfaat protein yang bisa kamu peroleh, diantaranya:

  1. Diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.
  2. Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan. Contohnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat.
  3. Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  4. Membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengoordinasikan kegiatan tubuh.
  5. Mengangkut sel atau zat, contohnya hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.
  6. Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, dan wanita hamil.

Kemudian, ada 4 jenis makanan dengan sumber protein nabati yang baik dikonsumsi untuk tubuh manusia. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

Sumber Protein Nabati

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui jika salah satu sumber protein bisa diperoleh dari daging sapi, daging ayam, dan ikan. Sebenarnya, sumber protein masih bisa diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Sumber protein dari tumbuhan ini disebut juga dengan sumber protein nabati. Sumber protein nabati bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. 4 makanan yang bisa dijadikan sumber senyawa tersebut antara lain:

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Sumber protein nabati pertama yang paling populer dan mudah diperoleh adalah kacang-kacangan. Mulai dari, kacang almond, kacang mede, kacang polong, biji chia dan biji rami yang merupakan sumber bagian dari sumber protein nabati. Makanan-makanan ini bisa diolah untuk menjadi pendamping makan besar atau sebagai camilan di waktu senggang. Kandungan protein yang ada dalam kacang-kacangan termasuk tinggi. Dalam secangkir kacang kedelai yang telah dimasak, setidaknya terdapat 23 gram protein. Sementara di dalam secangkir kacang merah, kacang hitam atau buncis, setidaknya terdapat 13-15 gram protein.

Roti Gandum

Sumber protein nabati yang satu ini cukup mudah diperoleh di pasaran. Biasanya, roti yang memiliki rasa lezat ini dikonsumsi saat sarapan. Dalam dua potong roti gandum, terdapat setidaknya 10 gram protein.

Tahu

Tahu juga menjadi salah satu makanan yang bagus sebagai sumber protein nabati. Dari sekitar 115 gram tahu, terdapat sekitar 9 gram protein. Tahu sangat mudah untuk diolah ke dalam makanan dan bisa dikonsumsi kapan saja baik untuk sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan.

Tempe

Kacang kedelai yang difermentasi dalam pembuatan tempe ini menghasilkan bakteri yang bermanfaat untuk saluran pencernaan. Tempe sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang mengalami masalah dengan pencernaan. Setengah gelas kacang kedelai bahkan dapat menyediakan protein hingga 18 gram. Tempe juga merupakan sumber yang kaya kalsium dan zat besi.

Itu dia 4 makanan yang mengandung sumber protein nabati yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Makanan-makanan tersebut mudah didapat dan bisa diolah menjadi aneka makanan berat dan ringan. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan yang bisa menjadi sumber protein nabati, bisa menanyakannya langsung dengan dokter ahli gizi yang ada di Halodoc kapan saja dan dimana saja. Halodoc memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan berbagai dokter terpercaya melalui menu Contact Doctor dengan pilihan tiga pilihan komunikasi yaitu chat, voice, dan video call.  Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat melalui menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesanan kamu tidak lebih dari satu jam. Jadi tunggu apalagi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Baca juga : Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya