5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   17 Mei 2018
5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Problem yang biasanya terjadi saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Tidak mengonsumsi air selama belasan jam sudah pasti membuat bibir menjadi kering. Makanya untuk mengatasi bibir pecah-pecah, kamu perlu beberapa tips ini. (Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa)

  1. Banyak Minum Air Putih

Nah, saat sahur atau berbuka, perbanyak konsumsi air putih. Jangan terlalu sering minum kopi atau teh yang malah bikin kelembapan bibir berkurang. Ketika berbuka, selingi aktivitasmu dengan minum seteguk demi seteguk air putih. Dengan rutin mengaplikasikannya, kamu dapat mengatasi bibir pecah-pecah sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang.

  1. Scrubbing

Nah, sebelum tidur, cobalah lakukan ritual lip scrubbing setidaknya 1-2 kali seminggu. Untuk melakukannya, yang kamu perlukan hanyalah madu dan gula. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dan usapkan ke bibir sambil digosok perlahan, lalu diamkan 2-3 menit. Setelahnya, usap bibir yang sudah di-scrub dengan lap hangat baru dicuci dengan air bersuhu normal. Ritual ini akan mengangkat sel-sel mati pada bibir dan membuat bibir lebih kenyal dan lembut. Jangan lupa mengaplikasikan lip balm sebagai finishing, agar bibir tetap terjaga kelembapannya sepanjang malam, bahkan hingga keesokan harinya.

  1. Hindari Makanan Asin dan Pedas

Cara lainnya mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan menghindari makanan asin dan pedas saat sahur. Makanan pedas dan asin hanya akan memberikan efek cepat haus dan juga membuat bibir dan kerongkongan panas dan kering.

  1. Lidah Buaya

Mengaplikasikan lidah buaya saat malam hari bisa jadi salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya sederhana saja, cukup oleskan daging lidah buaya ke bibir dan biarkan sampai semalaman. Kalau bibir kering dan pecah-pecahmu cukup parah sampai menyebabkan luka, lidah buaya juga bisa menyembuhkan luka pada bibir. Nah, sebagai manfaat tambahan, kamu juga bisa mengonsumsi lidah buaya untuk mendinginkan pencernaan dan meredakan nyeri otot. Selain itu, setelah seharian beraktivitas yang membuat badan pegal-pegal, memakan lidah buaya juga bisa mengembalikan vitalitas otot.

  1. Lip Balm

Supaya bibir tetap terhidrasi seharian, ada baiknya kamu mengantongi lip balm dan mengaplikasikannya setiap kali bibir terasa kering dan pecah-pecah. Pilihlah lip balm yang netral supaya tidak bikin lapar. Takutnya, kalau lip balm-mu berasa buah-buahan atau malah cokelat, kamu jadi tergoda untuk batal dan mengganggu konsentrasi seharian.

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, ada beberapa hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan ini lebih menyangkut kebiasaan. Jangan terlalu sering menggigit-gigit bibir karena hanya akan membuat kondisi bibir kering semakin parah. Kebiasaan menjilati bibir ternyata juga membuat bibir makin kering. Saat bulan puasa ini, coba ganti tipe lipstick-mu dengan menghindari jenis matte. Lipstick matte cenderung membuat bibir kering dan kehilangan kelembapannya.

Bibir kering memang problem banget saat menjalani puasa. Menjaga asupan cairan tubuh selama bulan puasa dapat membantu bibir tetap lembap. Jangan lupa memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin C, serta hindari makanan gorengan dan yang mengandung santan. (Baca juga: 4 Masalah Kecantikan yang Muncul Saat Puasa)

Kalau Ingin tahu lebih banyak mengatasi bibir pecah-pecah saat bulan puasa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.





Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan