5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah
KECANTIKAN 28 May 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki gigi yang putih, bersih, dan sehat pasti adalah idaman semua orang, terlebih wanita. Pasalnya, gigi juga menjadi salah satu hal yang memengaruhi penampilan. Kamu pasti jadi tidak percaya diri kalau memiliki gigi kuning, bukan?

Kamu perlu tahu, warna gigi akan mengalami perubahan seiring dengan semakin bertambahnya usia. Meski begitu, perubahan warna ini juga disebabkan karena berbagai faktor, seperti konsumsi obat-obatan, terlalu sering merokok, juga konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Namun, sekarang kamu tidak harus pergi ke dokter gigi untuk membuat gigi kamu kembali putih dan bersih. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai bahan-bahan alami di rumah, seperti:

Menggunakan Baking Soda dan Lemon

Cara mudah memutihkan gigi yang pertama adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan lemon. Cara ini disinyalir cukup efektif dalam mengembalikan warna putih gigi, terbukti dengan telah banyaknya masyarakat yang membuktikannya.

Cara menggunakannya juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan air perasan lemon secukupnya dengan satu sendok teh baking soda dalam sebuah wadah. Kurangi kadar air liur dan plak pada gigi dengan kapas, dan aplikasikan sebelum kamu menggosok gigi. Oleskan campuran tadi secara merata ke seluruh gigi dan diamkan selama satu menit. Kemudian, bersihkan menggunakan sikat gigi perlaha-lahan.

(Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi pada Gigi)

Konsumsi Buah Stroberi

Buah stroberi bisa memutihkan gigi? Ya, ternyata, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent pada stoberi bisa membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu.

Caranya, lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu membersihkan gigi. Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa melakukannya cukup dengan mengunyah buah stroberi, tetapi pastikan kamu mengunyahnya hingga merata ke seluruh gigi.

Menggunakan Minyak Kelapa

Selanjutnya, cobalah kembalikan warna putih alami gigi kamu dengan menggunakan minyak kelapa. Meski terdengar asing, ternyata telah banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan gigi, lho. Tak hanya itu, minyak kelapa juga disinyalir mampu membuat gigi lebih sehat.

Oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah kamu menyikat gigi dan diamkan hingga 20 menit. Lalu, bersihkan mulut dengan berkumur. Kamu juga bisa mencampurkan minyak kelapa pada pasta gigi dan sikat gigi yang kamu gunakan.

(Baca juga: Cara Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Mulut karena Makanan)

Oles dengan Bubuk Kunyit

Kunyit memang akan menimbulkan noda membandel pada pakaian, tetapi tidak pada gigi. Bahan alami ini justru akan menghilangkan noda pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa kunyit juga menjadi obat alami untuk meredakan nyeri gigi dan radang gusi.

Pertama-tama, basahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikatlah gigi kamu seperti biasa. Diamkan hingga lima menit dan bersihkan mulut dengan berkumur. Selanjutnya, sikat kembali gigi kamu dengan pasta gigi yang biasa kamu pakai. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Manfaatkan Arang Aktif

Cara mudah memutihkan gigi yang terakhir adalah dengan arang. Kamu pasti tahu, arang memiliki warna hitam pekat. lalu, bagaimana bahan ini bisa membuat gigi menjadi putih? Ternyata, arang aktif atau activated charcoal memiliki pori dengan daya serap tinggi untuk mengikat zat yang mampu membuat gigi berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, seperti misalnya tanin. Selain itu, bahan ini juga baik untuk menjaga kadar keasaman mulut serta membantu mencegah karang gigi.

Kamu bisa menggunakan arang aktif dengan menaburkannya di atas sikat gigi atau mencampurkannya dengan air untuk berkumur. Bahan ini tak sulit ditemukan kok, karena kamu bisa membelinya di apotek.

 

Itu tadi beberapa cara mudah memutihkan gigi dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Nah, kalau kamu memiliki permasalahan gigi, segera tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Jangan menunda untuk bertanya seputar masalah kesehatan, karena bisa saja apa yang kamu alami itu perlu penanganan segera. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!




Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya