5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah
KECANTIKAN 07 May 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki rambut sehat dan indah ialah keinginan semua orang, terutama wanita. Karena rambut adalah mahkota wanita, maka dengan memiliki rambut yang  sehat dan terawat akan menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Tak jarang kini sangat marak penawaran dari salon kecantkan untuk membantu mewujudkan rambut dambaan tersebut.

Namun, perawatan rambut yang bagus juga akan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Lagipula, tidak selamanya perawatan tersebut menghasilkan rambut seperti yang kita inginkan. Pasalnya, tidak semua produk perawatan rambut yang ditawarkan akan cocok dengan kulit kepala dan rambut kita. Oleh karena itu, merawat rambut sendiri bisa menjadi solusi.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara merawat rambut di rumah yang baik dan benar, kamu bisa menyimak ulasannya berikut ini:

  1. Keramas Menggunakan Air Dingin

Keramas menggunakan air dingin ternyata ampuh mencegah rambut rontok, lho. Selain itu, air dingin juga mampu memperlancar peredaran darah di kepalamu. Tidak hanya itu saja, air dingin bisa menguatkan akar rambut dan menjaga agar rambutmu tetap sehat, berkilau, dan terasa lembut.

  1. Menyisir Rambut Dengan Benar

Tahukah kamu, kalau ternyata cara kamu menyisir rambut juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Meski sepele, cara yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut telebih dahulu. Sebab, apabila kamu menyisir rambut dari atas akan menjadikan rambutmu rontok, kusut dan patah.

Kamu juga harus menghindari memakai sisir berbahan plastik karena sisir tersebut akan menghantarkan listrik statis dan membuat rambutmu cepat rusak. Selain itu, sehabis keramas hindarilah menyisir rambut saat masih basah. Hal ini akan membuat rambutmu semakin rontok dan kusut. (Baca juga: Jenis-Jenis Sisir Untuk Gaya Rambut Memukau)

  1. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Kamu seharusnya lebih tahu jenis rambut dan permasalahan yang kamu miliki, entah itu kering, rontok, berketombe, berminyak, sulit diatur, atau jenis masalah rambut lainnya. kamu harus memilih produk sampo dan kondisioner yang cocok dengan melihat label kemasannya terlebih dahulu. Dengan menggunakan produk yang tepat, niscaya permasalahan rambutmu berangsur-angsur akan membaik.

  1. Mengonsumsi Vitamin D

Sebagian besar orang mengetahui bahwa vitamin D adalah sumber kalsium dan tidak ada hubungannya dengan rambut. Padahal sebenarnya, rambutmu juga membutuhkan kalsium untuk merawat kesehatannya. Apabila tubuhmu kekurangan kalsium, maka hal ini akan memengaruhi kekuatan akar rambutmu. Jadi penuhilah asupan vitamin D untuk tubuhmu seperti yang terkandung dalam minyak ikan kod, ikan laut, telur, susu kedelai, hati sapi, jamur dan semacamnya agar rambutmu juga tetap sehat.

  1. Menggunakan Masker Rambut Alami

Masker rambut alami akan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk rambutmu. Kandungan alaminya tidak akan memberikan efek samping pada rambutmu seperti mudah rontok dan rapuh. Nah, berikut ini terdapat beberapa resep masker rambut yang mudah sekali dibuat:

  • Lidah Buaya & Alpukat

Kamu dapat mengambil daging lidah buaya dan menghaluskannya bersama buah alpukat. Setelah itu kamu dapat mengoleskannya seperti sedang keramas. Lakukan perawatan inis sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang bebas rontok dan cantik.

  • Cuka Apel & Air Hangat

Perpaduan kedua bahan ini dan mendiamkannya selama 5 menit di rambutmu akan membuat rambutmu bebas dari lepek.

  • Minyak Almond

Dengan memanaskan minyak almond selama 40 menit dan mendiamkannya di rambut selama 15-30 menit diyakini akan membuat kamu terhindar dari rambut kering, kusam, dan mudah rapuh.

Nah kalau kamu punya masalah mengenai rambut, kamu bisa langsung menghubungi dokter untuk bertanya langsung mengenai perawat rambut yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di Halodoc untuk berbicara dengan dokter dan mendapatkan jawaban atas masalah rambut yang sedang kamu hadapi. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play. (Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini)

 


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya