5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

olahraga yang bisa dilakukan bersama anak, jenis olahraga bersama anak, mengenalkan olahraga kepada anak, manfaat olahraga bersama anak
IBU & ANAK 03 July 2018

Halodoc, Jakarta – Pilah-pilih jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak memang perlu. Apalagi buat para orangtua yang baru ingin mengenalkan manfaat olahraga kepada anak. Pastinya, kalau tidak hati-hati, bukannya senang, anak malah merasa tertekan karena merasa dipaksakan untuk melakukan kegiatan yang tidak disenanginya.

Karenanya adalah penting untuk memberikan perkenalan yang menyenangkan mengenai olahraga supaya anak merasa tidak terbebani, sehingga menyadari kalau olahraga memang aktivitas yang bermanfaat dan bisa dijadikan hobi. Untuk itu, sebagai awalan, orangtua bisa memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak. Berikut adalah beberapa alternatifnya:

  1. Sepakbola

Mumpung lagi demam piala dunia, bagaimana sembari menonton pertandingan, orangtua juga menanamkan keseruan bermain bola? Pastinya ini jadi ajang bonding yang menarik bagi orangtua. Ayah dan anak bermain bola, sedangkan ibu menyiapkan kudapan, pasti seru sekali. Ketika bermain bola, orangtua bisa mengumpamakan permainan layaknya pemain bola asli, misalnya Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.Baca juga: Begini Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga

  1. Bulutangkis

Selain bola, jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak lainnya adalah bulutangkis. Bulutangkis adalah olahraga sekaligus permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama anak. Biasanya anak kecil senang dengan konsep pukul-pukulan apalagi kalau kita tidak bisa membalas pukulan bolanya, wuih Si Kecil pasti senang sekali.

Makanya, bulutangkis bisa jadi alternatif olahraga lain untuk dilakukan bersama anak. Orangtua bisa memperkenalkan konsep awal serta aturan mainnya kepada anak. Namun tidak perlu terlalu harus mengikuti aturan, namanya juga bermain dengan anak. Pastinya yang terpenting adalah bagaimana anak menggerakkan badan dan merasa senang dengan aktivitas tersebut.

  1. Lari

Lari masih menjadi olahraga yang happening di Indonesia. Ada banyak event-event lari dengan lokasi yang menarik. Mulai dari konsep car free day sampai lari gunung. Kesemuanya bisa menjadi tempat untuk mengolah tubuh yang asyik dengan anak. Bikin seru lagi adalah kalau orangtua membebaskan ataupun menghimbau anak untuk berpakaian unik ala tokoh kartun favoritnya saat mengikuti event lari. Biasanya, event-event lari membebaskan hal tersebut untuk dilakukan. Tidak hanya bikin sehat, olahraga bersama anak akan menjadi pengalaman menyenangkan dan konsep parenting andalan buat orangtua. Baca juga: Mengapa Mata Menjadi Merah Setelah Berenang?

  1. Trekking

Nah, kalau orangtua menjalani olahraga trekking bareng anak, sejatinya bisa dilakukan sembari liburan. Selain mengajarkan hidup sehat, melakukan trekking juga bisa sekaligus cara memperkenalkan keindahan alam kepada anak. Anak perlu diberi pemahaman mengenai pentingnya menjaga alam serta mendekatkan diri dengan alam. Ini dilakukan supaya anak tidak terlalu tergantung dengan kehidupan metropolis. Hidup harus seimbang dan salah satu caranya adalah dengan tetap kembali ke alam.

  1. Hula Hoop

Sebenarnya, konsep olahraga bersama anak memang haruslah sesuatu yang menyenangkan dan sifatnya tidak memaksakan, sehingga anak menjadi terbebani. Kompetitif boleh, tapi jangan sampai karena ingin menang jadi melupakan esensi olahraga itu sendiri. Olahraga sambil bermain yang juga asyik dilakukan bersama anak adalah hula hoop. Hula hoop sangat baik untuk melatih kelenturan badan, pembentukan tulang dan sarana untuk anak menyalurkan keaktifannya bergerak. Jangan lupa dicoba ya!

Kalau orangtua ingin tahu lebih banyak mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya