5 Tanda Menopause pada Wanita yang Perlu Dikenali

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   22 Oktober 2017
5 Tanda Menopause pada Wanita yang Perlu Dikenali5 Tanda Menopause pada Wanita yang Perlu Dikenali

Halodoc, Jakarta – Salah satu vitamin yang sejak dulu dikenal aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh adalah Vitamin C. Vitamin ini salah satunya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C juga mudah untuk diperoleh baik dari asupan makanan maupun suplemen.

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak  diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar, atau jika perlu dari suplemen vitamin C. Manfaat vitamin C diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C
Manusia perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari agar bisa merasakan manfaat vitamin C secara optimal. Selain manfaat vitamin C yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu kamu tahu:

1.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Membantu Proses Pemulihan
Manfaat konsumsi vitamin C bermanfaat pada beberapa keadaan, seperti batuk dan pilek yang ternyata bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Begitu pula saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat. Selain itu vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2.  Sebagai Antioksidan
Manfaat vitamin C juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit jantung.

3.  Merawat Kesehatan
Manfaat konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Bukan hanya itu Vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak dan penyakit empedu.

4.  Produksi Kolagen
Untuk kulit sendiri manfaat vitamin C membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit.

5.  Perlunya Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat
Beberapa sumber vitamin C alami selain jeruk antara lain bisa diperoleh dari buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, serta sayuran seperti brokoli, paprika, cabai merah, dan tomat. Sementara sebagai pelengkap, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang bisa berupa tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan dalam air pil, permen, maupun dalam bentuk suntikan. Namun untuk suplemen ini harus mengikuti dosis yang tepat sesuai saran dari dokter. Dosis suplemen vitamin C yang  dianjurkan yakni 75 hingga 90 mg. Mengonsumsi vitamin C dengan dosis 500 mg per hari dinilai aman, dan cukup untuk menjaga kesehatan. Perlu untuk diketahui jika mengalami infeksi maupun pasca pembedahan, kebutuhan vitamin C akan meningkat karena untuk membantu proses penyembuhan.


Untuk mengetahui lebih jauh terkait manfaat dan kebutuhan vitamin C masing-masing orang, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter yang ada di Halodoc. Aplikasi ini menghubungkan kamu dengan ribuan dokter yang ahli dibidangnya masing-masing. Kamu bisa menggunakan menu Contact Doctor untuk berdiskusi dengan dokter. Selain itu kamu juga bisa membeli kebutuhan medis di Pharmacy Delivery. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.

BACA JUGA: Intip 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan