6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

manfaat minyak ikan, minyak ikan, makanan sehat
DIET & NUTRISI 22 June 2018

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya dagingnya yang enak dan kaya manfaat, minyak ikan juga merupakan produk turunan ikan yang sudah sangat terkenal manfaatnya. Untuk anak pun, minyak ikan akan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Apakah kamu sendiri sudah tahu manfaat tersebut apa saja? Sebab kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa minyak ikan kaya manfaat, tapi mereka tidak tahu lebih lanjut kegunaan tersebut. Nah, berikut manfaat minyak ikan bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Penelitian yang dilakukan di University of South Australia telah menemukan bahwa minyak ikan yang dibarengi dengan aktivitas olahraga akan berhasil menurunkan lemak. Selama penelitian tersebut dilakukan, mereka yang mengalami kelebihan berat badan biasanya akan menyerap omega 3 lebih banyak. Bagian tubuh yang menyimpan lemak tersebut, khususnya perut, secara signifikan akan berkurang pada mereka yang melakukan aktivitas olahraga dan dibarengi konsumsi minyak ikan.

Baca juga: Mau Bakar Lemak dengan Cepat? Coba 5 Makanan Ini

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Untuk mendapatkan tulang yang padat, tubuhmu tidak hanya membutuhkan kalsium, vitamin D, dan magnesium saja melainkan juga asam lemak omega 3 yang terdapat pada minyak ikan. Sebuah uji coba yang dilakukan pada tikus pun telah menemukan bahwa tikus yang diberi omega 6 akan memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang diberikan omega 3. Jadi dapat disimpulkan bahwa omega 3 pada minyak ikan adalah suplemen penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, orang-orang dewasa yang rutin mengonsumsi 3 gram minyak ikan setiap hari selama 4 minggu, akan memiliki kekebalan yang baik saat terkena polusi udara di perkotaan. Jadi buat kamu yang tinggal di perkotaan, ada baiknya untuk mengonsumsi minyak ikan secara rutin agar tetap sehat meski terpapar radikal bebas setiap hari.

  1. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Kandungan omega 3 pada minyak ikan dan dan sajian ikan lain seperti salmon ternyata juga mampu menghambat fungsi sel induk dan regenerasi sel yang menyebabkan penuaan. Jadi, menambahkan menu ikan salmon atau suplemen minyak ikan setidaknya dua kali seminggu adalah cara yang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

  1. Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak

Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, manfaat minyak ikan jika dikonsumsi oleh anak-anak ternyata juga memberikan dampak yang sangat baik. Minyak ikan akan membuat anak menjadi lebih nafsu makan, sehingga asupan gizinya akan tercukupi dan anak pun tumbuh lebih sehat.

Tidak hanya itu, apabila gizi anak terpenuhi dengan baik, maka ia juga akan jadi jarang sakit. Jadi, orangtua yang ingin anaknya tumbuh sehat, sebaiknya rutin memberikan anak suplemen minyak ikan.

  1. Membuat Janin Tumbuh Sehat

Saat hamil, ibu tidak hanya membutuhkan asupan gizi yang cukup bagi dirinya sendiri, melainkan juga untuk janin di dalam kandungannya. Nah, minyak ikan sendiri mengandung DHA yang banyak dan penting untuk pertumbuhan otak dan mata si calon bayi.

Nah, tadi sudah disebutkan beragam manfaat minyak ikan bagi tubuh. Setelah ini, pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari, ya. Jika mengalami masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dokter untuk membahas masalah kesehatan melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya