7 Alasan Stres Bisa Bikin Lebih Cepat Tua

stres bisa bikin cepat tua, alasan stres, stres,dampak stress
KECANTIKAN 31 July 2018

Halodoc, Jakarta – Jika kamu termasuk orang yang sering memikirkan masalah dalam kehidupan secara berlarut-larut sampai bikin stres, menurut Sanam Hafeez Psy.D, dari Universitas Colombia, stres dapat membuat kita jadi terlihat menua.

Lebih lanjut lagi, Hafees mengatakan bahwa orang-orang bisa saja menginvestasikan uangnya pada aneka perawatan kecantikan dan makeup andalan. Namun, kalau mereka tidak bisa mengelola stresnya, jejak stres akan tetap terlihat di wajahnya. Berikut adalah alasan dan penjelasan kenapa stres bisa bikin lebih cepat tua.

  1. Penyebab Lingkaran Hitam

Faktanya, stres dapat merusak pembuluh kapiler yang berada di bawah mata, sehingga meninggalkan jejak hitam di lingkaran bawah mata. Tidak hanya membuat penampilan jadi terlihat lelah, lingkaran hitam pada mata juga bisa menjadi penanda kalau kamu mengidap beberapa penyakit tertentu seperti anemia, dehidrasi, kekurangan gizi, dan alergi.

  1. Menopause Datang Lebih Cepat

Peningkatan kadar hormon stres kortisol dapat menyebabkan penurunan estrogen yang mirip dengan gejala menopause. Menurunnya estrogen dapat mengurangi produksi kolagen yang tidak hanya membuat lingkaran hitam pada mata, tetapi juga bikin kulit kusam dan kering.

  1. Menimbulkan Keriput pada Wajah

Rasa cemas, menangis, wajah terlihat sedih, kurang tidur, serta terlalu sering mengerutkan dahi dapat menciptakan keriput di wajah datang lebih cepat.  Penampakan ini terutama terjadi di area mata, dahi, dan sudut-sudut bibir. Baca juga: Intip Rahasia Cantik Wanita dari 7 Negara Ini, Yuk!

  1. Penyebab Timbulnya Kantung Mata

Khawatir yang datang secara intens dan membuatmu sering terjaga di malam hari dan kurang tidur nyenyak dapat menyebabkan cairan mengumpul di daerah bawah kelopak mata. Untuk mengatasi ini, kamu butuh tidur yang cukup dan jangan biarkan stres merusak penampilan di wajah sehingga terlihat lebih tua dari seharusnya. Menurut American Psychological Association, tidur cukup di malam hari dapat mencegahmu dari stres berlebihan. Tidur yang cukup dapat membuatmu sejenak melupakan masalah

  1. Ukuran Rahang Meningkat

Kamu punya kebiasaan menggertakkan gigi dan mencengkeram rahang saat sedang mengalami stres? Jangan lagi melakukan kebiasaan ini, ya! Kebiasaan ini akan membuat otot bekerja dua kali lebih keras, sehingga membuat rahangmu menjadi lebih besar dan gigi mejadi rusak. Disadari atau tidak, perubahan bentuk rahang ini akan membuat wajahmu tampak lebih tua.

  1. Rambut Rontok

Kondisi cemas dan berpikir terlalu keras dapat mengganggu pertumbuhan folikel rambut. Sehingga, rambut akan menjadi lemah dan rontok dalam jumlah yang banyak. Faktanya juga, berpikir terlalu keras akan membuat kepala panas, sehingga merusak akar rambut dan membuatnya gampang lepas. Baca juga: 6 Fakta Tentang Selulit yang Menarik Diketahui

  1. Jerawat Tumbuh Dipicu Hormon Stres

Orang-orang yang cemas berlebihan dapat menimbulkan jerawat. Penjelasannya adalah tubuh melepas ketegangan dengan cara mengeluarkan jerawat sebagai bentuk menyeimbangkan hormon tubuh. Pada umumnya, jerawat yang dipicu stres ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan emosi diri yang stabil.

Memang kita tidak bisa menghindari stres, tapi kita sangat bisa mengelola stres. Ambil jeda dari kesibukanmu dan cobalah untuk menikmati hidup. Kamu bisa melampiaskan stres dengan berolahraga untuk meringankan diri dari beban hidup yang berat.

Ingin tahu lebih banyak mengenai alasan stres bisa bikin lebih cepat tua serta bagaimana penanganannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.





Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya