Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan
SEKS 06 June 2018

Halodoc, Jakarta – Kondisi badan yang kurang fit, terlalu sering minum minuman dingin dan flu bisa menyebabkan radang tenggorokan. Situasi ini memang tidak menyenangkan dan serba salah rasanya. Mau makan susah, menenggak minuman juga sakit, belum lagi badan berasa tidak enak dan diikuti dengan meriang.

Biasanya kalau situasi radang tenggorokanmu tidak begitu mengganggu, kunjungan ke dokter masih belum menjadi keharusan. Untuk beberapa kondisi, kamu bisa meredakan atau pun mengatasi radang tenggorokan dengan menjaga asupan makan, mengonsumsi vitamin, dan istirahat. Berikut adalah cara sederhana tapi berkhasiat untuk dilakukan mengatasi radang tenggorokan. (Baca juga: Ini 5 Penyebab Fobia Bisa Muncul)

  1. Minum Teh Manis Panas

Selain memberikan sensasi relaksasi, teh manis panas dapat meredakan dan mengurangi radang tenggorokan. Ada baiknya kamu hindari dulu minuman dingin yang hanya akan memperparah kondisi radang tenggorokanmu. Kombinasi yang ampuh bila kamu menggunakan madu sebagai pengganti gula atau pun dibubuhi perasan jeruk nipis untuk rasa yang lebih segar. (Baca juga: Sahur Hanya Minum Susu atau Sereal, Apa Akibatnya?)

  1. Perasan Jeruk Nipis dan Madu

Sebagai varian, kamu bisa meminum perasan jeruk nipis di dalam air hangat yang sudah diberi madu. Kamu bisa menyediakan stok di dalam termos ukuran sedang, sehingga bisa dibawa kemana-mana, praktis untuk menghangatkan tenggorokanmu. Kombinasi madu dan jeruk nipis yang mengandung vitamin C serta nutrisi pada madu yang mampu meredakan tenggorokan gatal-gatal sangat efektif meredakan radang tenggorokan.

  1. Hindari Gorengan

Gorengan panas memang nikmat, tapi kudapan ini hanya akan memperparah kondisi radangmu. Makanan berminyak tidak baik untuk tenggorokan karena mengandung akrolein yang dapat memicu rasa gatal dahsyat dan pada akhirnya membuat radang tenggorokanmu kian memburuk. Selain gorengan, makanan pedas juga bisa membuat kondisi radangmu kian memburuk.

  1. Menggunakan Syal untuk Menghangatkan Leher

Cara ampuh lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan adalah membaluri leher dengan minyak hangat lalu melilit leher dengan syal. Paduan ini dapat menghangatkan leher, sehingga membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Sensasi hangat dari minyak angin serta lilitan syal akan menghalangi angin masuk ke pori-pori leher yang memungkinkan memperburuk kondisi radang pada tenggorokan.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga bisa meredakan radang tenggorokan. Setidaknya, tidak memperparah kondisi badan yang memang tidak fit. Supaya lebih maksimal lagi, kamu bisa menambahkan beberapa helai daun sirih atau daun serai untuk sensasi segar pada tubuh. Aroma serai bisa membuat perasaan rileks dan menenangkan, sehingga baik untuk tubuh dan pikiran.

  1. Tidur yang Cukup

Sama seperti sakit pada umumnya, kamu butuh istirahat termasuk tidur yang cukup untuk mengembalikan kembali sistem imunitas tubuh. Bila sudah sakit seperti ini, ada baiknya kamu tidur full mulai dari istirahat siang dan malam. Jangan pergi keluar dulu dan hindari angin malam. Kalau terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya kenakan pakaian tertutup untuk mencegah angin masuk. (Baca juga: Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi saat Diare)

  1. Konsumsi Vitamin C

Cara lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsi Vitamin C baik secara natural maupun obat Vitamin C yang biasa diperoleh di apotek maupun supermarket. Vitamin C akan membantu mengembalikan imunitas tubuh dan ketahanan  fisik dalam melawan virus ataupun radang tenggorokan yang kamu alami.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tips mengatasi radang tenggorokan dan nutrisi serta vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama badan tidak fit, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.




Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Bila kamu mencari olahraga yang efektif untuk membentuk tubuh, olahraga angkat beban adalah jawabannya. Namun,...

Selengkapnya