Kapan Ibu Hamil Harus Istirahat Total?

Kapan Ibu Hamil Harus Istirahat Total?
KEHAMILAN 27 April 2018

Halodoc, Jakarta – Berisitrahat merupakan satu kebutuhan wajib bagi tubuh. Terutama saat seseorang sedang berada dalam kondisi khusus, misalnya kehamilan. Untuk menjaga kesehatan dan keselamantan ibu dan janin, wanita hamil sangat disarankan untuk beristirahat secara cukup.

Sebenarnya, di masa-masa awal kehamilan calon ibu masih disarankan untuk melakukan aktivitas harian. Syaratnya, ibu merasa mampu dan tidak memaksakan diri. Malah ibu hamil juga dianjurkan untuk berolahraga ringan agar kehamilan berjalan lancar.

Namun tak jarang kenyataan berkata lain. Nyatanya ada kondisi tertentu yang bisa saja mengharuskan wanita hamil untuk beristirahat total di termpat tidur. Hal ini mungkin terdengar “mengerikan” bagi ibu yang super aktif. Tapi jangan diremehkan jika dokter kandungan memberi saran ibu hamil untuk bedrest alias istirahat total.

Tujuan istirahat total pada wanita hamil bertujuan untuk menjaga dan memastikan janin tumbuh dengan baik. Lantas apa saja kondisi dan kapan seorang ibu hamil harus istirahat total?

 

  • Berisiko melahirkan prematur

 

Ibu hamil yang memiliki risiko melahirkan dini alias melahirkan prematur akan disarankan untuk beristirahat total. Persalinan prematur terjadi saat ibu hamil terpaksa melahirkan sebelum waktunya, yaitu pada usia kehamilan 37 minggu.

Risiko melahirkan prematur mengharuskan calon ibu bedrest agar terhindari dari dehidrasi yang bisa memperburuk risiko melahirkan. Bayi yang lahir prematur memiliki risiko paru-paru yang kurang berkembang, hingga masalah lainnya.

 

  • Menekan risiko keguguran

 

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. Seperti stres,  masalah kesehatan, hingga kelelahan. Nah, biasanya bedrest akan dianjurkan jika kondisi kehamilan mulai menunjukkan masalah yang bisa meningkatkan risiko keguguran.

Misalnya, pendarahan selama hamil yang dapat membuat risiko keguguran semakin besar. Untuk menghindari hal ini, ibu wajib istirahat total dan menjaga kebugaran tubuh salah satunya dengan mengonsumsi makanan dengan kanndungan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil.

 

  • Preeklamsia

 

Kondisi yang juga bisa menyerang wanita hamil adalah preklamsia. Yaitu satu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Hal ini biasanya muncul  saat usia kandungan lebih dari 20 minggu. Gangguan kehamilan yang satu ini juga ditandai dengan meningkatnya kadar protein dalam urine.

Nyatanya tekanan darah yang tinggi bisa merusak plasenta dan menyebabkan suplai darah ke bayi melalui plasenta terganggu. Istirahat total ditujukan untuk mengontrol serta menurunkan tekanan darah ibu. Sehingga janin bisa diselamatkan dan meningkatkan harapan  bayi lahir dengan sehat,

 

  • Plasenta previa

 

Plasenta previa terjadi saat sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Jika hal ini terjadi, artinya plasenta menghalangi dan menutup jalan lahir sang buah hati. Kondisi ini juga memungkinkan ibu  hamil mengalami pendarahan hebat.

Jika tidak ditangan dengan  tepat, hal ini tentu bisa berbahaya bagi ibu maupun janin. Maka bedrest merupakan satu pilihan terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh. Apalagi jika ibu sudah mulai menunjukkan tanda kelelahan saat  melakukan aktivitas harian.

Istirahat total alias bedrest juga dianjurkan jika kondisi kehamilan menunjukkan gejala seperti janin tidak tumbuh sempurna, memiliki riwayat kehamilan prematur, terjadi kontraksi sebelum waktunya, pendarahan. Ibu hamil yang mengalami ketuban pecah dini, morning sickness yang berlebihan, dan kasus kehamilan ganda pun sangat dianjurkan untuk beristirahat total di tempat tidur.

Nyatanya menjaga dan memastikan keselamatan ibu dann bayi adalah hal yang sangat penting. Sampaikan keluhan atau masalah seputar kehamilan pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

20 August 2018

Setidaknya ada tiga hewan pembawa penyakit yang banyak menjadi hewan peliharaan di rumah. ...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui mengenai gonore yang dapat ditularkan lewat hubungan intim....

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Perpindahan pembekuan pembuluh darah bisa menyebabkan komplikasi serius, karena gumpalan ini dapat mengganggu ...

Selengkapnya