Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan USG?

Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan USG?
KEHAMILAN 29 January 2018

Halodoc, Jakarta – Pemeriksaan ultrasonografi (USG) masuk dalam rangkaian pemeriksaan yang dianjurkan pada wanita hamil. Biasanya, pemeriksaan ini sering dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin dari bayi yang akan dilahirkan. Namun apakah pemeriksaan USG hanya bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin dari janin?

Jawabannya adalah tidak. Karena pada dasarnya pemeriksaan kandungan dilakukan untuk mengecek kesehatan dan perkembangan janin selama di dalam rahim. Lantas kapan sebaiknya USG dilakukan pada ibu hamil?

Sebenanya USG bisa dilakukan segera setelah seorang wanita dinyatakan hamil. Pemeriksaan dilakukan untuk mengonfirmasi serta memastikan adanya kehamilan. Biasanya, lewat pemeriksaan USG akan terlihat apakah kehamilan yang dialami normal. USG juga berguna untuk menilai usia kehamilan, serta mengetahui apakah janin yang berada dalam kandungan tunggal atau kembar.

Sebenarnya tidak ada batasan pasti kapan USG harus dilakukan. Namun ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi segala masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan. Memeriksa kandungan salah satunya dilakukan untuk memastikan janin berada pada tempat  yang tepat yaitu dalam kantong kehamilan di dalam rahim.

Biasanya kantong kehamilan tersebut sudah mulai terlihat pada saat kehamilan memasuki usi 4-6 minggu. Pada saat ini, ibu sudah bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan posisi janin di dalam kandungan.

Sementara untuk bentuk, ukuran dan detak jantung dari janinn biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk dapat terdeteksi lewat USG. Umumnya detak jantung bay baru dapat dideteksi setelah kehamilan berusia lebih dari 8 minggu.

Maka, USG pertama saat hamil disarankan untuk dilakukan saat usia kehamilan sudah lebih dari 7 minggu. Dengan demikian pemeriksaan mungkin akan memberikan hasil yang lebih jelas seputar kesehatan janin, perkiraan kelahiran hingga ukuran serta kemungkinan bayi mengalami kelebihan atau malah kekurangan berat badan.

Untuk menentukan perkiraan persalinan, pemeriksaan USG disarankan untuk dilakukan pada trimester pertama kehamilan, yaitu saat usia janin kurang dari 3 minggu. Pasalnya pemeriksaan pada masa ini biasanya memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan usia lain selama hamil.

Jangan Terlalu Sering USG

Memeriksakan kandungan adalah hal yang harus dilakukan secara rutin. Setidaknya, selama hamil ibu dianjurkan untuk menemui dokter setidaknya satu bulan sekali, atau saat ada masalah dengan kehamilan.

Namun hal tersebut tidak berlaku dengan USG. Meski termasuk pemeriksaan yang dianjurkan dan  dapat digunakan untuk memastikan kesehatan sang buah hati, namun sebaiknya USG tidak terlalu sering untuk dilakukan.

Sejumlah ahli menyarakankan ibu hamil untuk memeriksakan kandungan dengan USG tidak lebih dari 3 kali dalam satu masa kehamilan. Yaitu pada masa awal kehamilan, untuk mengetahui kondisi awal janin.

Pemeriksaan kedua bisa dilakukan saat usia kandungan memasuki usia 20 minggu. Saat usia ini, USG dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya kelainan anatomi atau tidak pada calon bayi. Sementara  pemeriksaan ketiga dilakukan saat akan mendekati waktu persalinan, yaitu pada minggu 30 kehamilan alias trimester ketiga.

Pemeriksaan dianjurkan untuk tidak dilakukan secara berlebihan karena alat USG disebut dapat menghantarkan panas. Meski belum ada penelitian yang menyebut hal tersebut berbahaya, namun sebaiknya ibu tidak terlalu sering melakukannya sehingga terhindar dari risiko yang tak diinginkan.

Kalau ibu memiliki masalah dan butuh saran seputar kehamilan, pakai aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Tak cuma bicara soal kehamilan, ibu juga bisa bertanya soal masalah kesehatan lain pada dokter yang terpercaya. Gunakan juga Halodoc untuk membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

24 May 2018

Mengajarkan anak puasa sebaiknya dimulai sejak dini, agar saat ia sudah besar nanti, Si Kecil pun dapat menjal...

Selengkapnya

KEHAMILAN

23 May 2018

Sistem kerja hormon yang memberikan perubahan fisik dan mood kerap mengganggu aktivitas ibu hamil dalam merawa...

Selengkapnya

SEKS

23 May 2018

Kalau kamu dan pasangan ingin segera punya momongan, ada baiknya mulai dari sekarang kalian memperhatikan asup...

Selengkapnya