Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Februari 2022
Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

“Banyak orang yang sebenarnya suka ngemil tapi takut berat badan bertambah. Padahal, hal tersebut tergantung pilihan makanan apa yang kamu makan saat ngemil. Makanan sehat dan porsi kecil sebenarnya masih aman dikonsumsi di antara waktu makan. Misalnya saja buah-buahan, yoghurt, hingga kacang-kacangan.”

Halodoc, Jakarta - Camilan merupakan makanan ringan dengan porsi kecil yang dikonsumsi di antara waktu makan. Sebenarnya camilan tidak selalu dapat menaikkan berat badan, karena tergantung pada apa yang dimakan saat ngemil. Jika kamu ngemil makanan sehat yang kaya nutrisi, protein, serat, dan lemak sehat, justru akan membantu perut tetap kenyang namun tetap bikin langsing. 

Makan camilan dapat mendukung tujuan pengelolaah berat badan dengan mengelola rasa lapar dan membuat kamu tetap kenyang di antara waktu makan. Makanan ringan yang sehat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan.

Lantas, apa saja camilan  sehat yang membuat tubuh tetap langsung?

1.Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan bergizi yang ideal memberikan keseimbangan antara lemak sehat, protein, dan serat. Selain enak, kacang juga banyak manfaat kesehatan dan sangat mengenyangkan. Meskipun kandungan kalori dan lemak dalam kacang tinggi, makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Ada banyak pilihan kacang, yaitu:

  • Kenari.
  • Almond.
  • Hazelnut.
  • Kacang pinus.
  • Kacang mete. 

2.Greek Yoghurt dan Campuran Buah Beri

Greek yoghurt dan buah beri merupakan camilan lezat yang pada nutrisi. Yoghurt mengandung protein tinggi, dan buah beri adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. 

3.Irisan Apel dengan Selai Kacang

Apel dan selai kacang adalah kombinasi yang sehat, baik dari segi nutrisi maupun rasa. Apel merupakan buah yang kaya serat, sedangkan selain kacang mengandung lemak sehat, protein nabati, dan serat. Manfaatnya akan semakin banyak dirasakan jika keduanya digabungkan. 

4.Keju Cottage dan Buah

Keju cottage memiliki kandungan protein yang tinggi. Jika dipasangkan dengan buah, maka akan terasa lebih lengkap. Karena protein, lemak, dan serat tergabung menghasilkan camilan manis, lembut dan mengenyangkan. Perpaduan keju cottage sangat pas jika digabungkan dengan buah-buahan tropisi seperti nanas, pepaya, dan semangka. 

5.Cokelat Hitam dan Almond

Cokelat hitam dan almond adalah pasangan camilan yang lezat juga sehat. Cokelat hitam mengandung antioksidan, dan almond merupakan sumber lemak yang sehat. Keduanya jika dipadukan bisa menjadi camilan yang sehat untuk jantung. 

6.Puding Chia

Biji Chia adalah makanan yang dapat membangkitkan tenaga. Bukan itu saja, biji chia kaya akan serat, asam lemak omega-3, dan protein nabati. Meskipun tidak memiliki banyak rasa, biji chia memiliki konsistensi seperti jeli saat direndam dalam cairan. Itulah yang membuatnya baik untuk dijadikan bahan untuk puding. 

7.Telur Rebus

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan paling ramah untuk menurunkan ataupun mempertahankan berat badan. Selain mengenyangkan, telur juga banyak kandungan protein. Namun, ketahui juga telur memiliki kadar kolesterol tinggi, maka itu sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang sedang atau bijak. Misalnya 3-4 butir per minggu.

8.Oatmeal

Oatmeal adalah camilan serbaguna yang dapat dinikmati saat panas atau dingin, di rumah ataupun di perjalanan. Siapkan saja porsi oatmeal yang sedikit lebih kecil dari yang biasa dimakan. Oat adalah gandum utuh bergizi yang menyediakan jumlah serat yang baik dan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan sereal lainnya. 

Terlebih lagi, kamu dapat memuaskan sweet tooth dengan oatmeal yang dicampur buah, kayu manis, bubuk kakao, dan kepingan cokelat. Kamu juga bisa mengonsumsi versi gurih dengan menambahkan telur, alpukat, dan sayuran seperti jamur atau tomat. 

Nah, itulah beberapa pilihan makanan camilan yang sehat dan bikin tetap langsing. Jika kamu memiliki masalah dengan makanan tertentu, kamu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc tentang pilihan makanan camilan lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight
Eating Well. Diakses pada 2022. The 10 Best Snacks for Weight Loss, According to a Dietitian
Prevention. Diakses pada 2022. 20 Healthy Snacks for Weight Loss You’ll Want to Eat Every Day



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan