Selain Usir Sembelit, Ini 7 Manfaat Lain Pepaya

manfaat pepaya
DIET & NUTRISI 20 June 2018

Halodoc, Jakarta – Pepaya mungkin lebih dikenal akan manfaatnya yang ampuh untuk melancarkan pencernaan. Ketika sembelit, banyak orang yang berusaha mengatasinya dengan mengonsumsi buah berbentuk lonjong ini. Tapi tahukah kamu, enggak hanya bisa mengusir sembelit, pepaya juga punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya, salah satunya adalah kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Satu buah pepaya mengandung setidaknya 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh perharinya.

Selain itu, buah yang masih termasuk dalam family caricaceae ini juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potassium, folat, magnesium, serta rendah kalori. Tidak heran jika mengonsumsi buah pepaya bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pepaya mengandung vitamin A yang diketahui sangat baik untuk mata. Vitamin ini berperan untuk menjaga kelembapan mata, sehingga mata selalu terlumasi dengan baik.

(Baca juga: 7 Vitamin Utama untuk Mata)

2. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah pepaya juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku, lho. Jadi, kalau kamu mau punya rambut yang subur, sering-sering saja makan buah pepaya. Atau kamu juga bisa membuat masker rambut dari buah ini, lho.

3. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Buah yang berasal dari Mexico ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa membuat kulit tetap sehat dan awet muda. Misalnya enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Vitamin A dan C dari pepaya juga dapat membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Bukan cuma itu saja, vitamin C juga bisa membantu tubuh menghasilkan kolagen berguna untuk mengurangi keriput.

(Baca juga: Rahasia Awet Muda dengan Makanan yang Enak)

4. Menyehatkan Kulit

Pepaya juga memiliki kandungan zat bernama likopen. Menurut penelitian, likopen berperan besar dalam memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat tersebut dapat menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel dan masalah kesehatan lainnya.

5. Mencegah Kanker

Enzim papain dalam pepaya sedang diteliti sebagai enzim yang dapat digunakan dalam terapi melawan kanker. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena kandungan likopennya mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Masalah kesehatan lainnya yang juga bisa dicegah dengan mengonsumsi pepaya adalah  penyakit jantung. Hal ini karena pepaya mengandung vitamin C dan likopen yang sangat baik untuk menjaga agar jantungmu tetap sehat. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

(Baca juga: 3 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung)

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat berbagai macam vitamin yang dimilikinya seperti vitamin A, C dan E, manfaat buah pepaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu pun akan terhindar dari penyakit infeksi seperti pilek dan flu.

Nah, ternyata pepaya punya banyak sekali manfaat kesehatan kan? Karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung setelah dipotong-potong maupun dijadikan jus.

Biar kamu enggak gampang sakit, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Beli vitamin dan suplemennya di Halodoc saja. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Makan malam bikin gemuk, masa sih? Agar kamu enggak penasaran, simak penjelasan tentang makan malam berikut in...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya