Serba-Serbi Stretch Mark yang Perlu Diketahui

fakta stretch mark, apa itu stretch mark, cara menghilangkan stretch mark
KECANTIKAN 26 June 2018

Halodoc, Jakarta - Meski tidak berbahaya secara medis, banyak orang tetap risau ketika menemukan stretch mark di tubuhnya. Stretch mark dianggap mengganggu secara estetis, sampai-sampai beberapa orang bersedia merogoh kocek untuk terapi medis untuk menghilangkan stretch mark, seperti mikrodermabrasi.

Kalau kamu memiliki stretch mark, kamu tak perlu khawatir, karena ini adalah kondisi yang umum dimiliki banyak orang. Selain itu, stretch mark juga jarang sekali menjadi gejala akan penyakit tertentu. Jadi, apa itu stretch mark dan kenapa banyak orang memilikinya? Simak fakta stretch mark selengkapnya!

Penyebab Munculnya Stretch Mark

Stretch mark sendiri adalah guratan pada kulit yang umumnya muncul pada bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak lebih tinggi, seperti paha, perut, lengan atas, dan pantat. Stretch mark  muncul ketika tubuh kita berkembang lebih cepat dari pertumbuhan kulit. Secara medis, stretch mark muncul karena rusaknya jaringan elastis pada lapisan kulit dalam, yang disertai peradangan. Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan bekas luka yang terlihat di kulit bagian terluar.

Kulit yang meregang menjadi pemicu munculnya stretch mark pada kulit. Beberapa situasi yang menyebabkan kulit meregang antara lain:

  • Berat badan yang naik secara drastis.
  • Pubertas, yaitu akibat perubahan dan pertumbuhan pesat tubuh dan kulit.
  • Implan payudara atau bokong yang terlalu besar.
  • Kehamilan, yang terkait kulit perut yang meregang seiring usia kehamilan dan kenaikan berat badan secara drastis.
  • Penggunaan atau konsumsi suplemen hormon glukokortiroid (steroid) berlebihan.
  • Penyakit genetik langka, seperti penyakit Cushing, sindrom Marfan, dan sindrom Ehlers-Danlos

Baca juga: 5 Penyakit Langka yang Perlu Diketahui

Stretch Mark Tak Hanya Dimiliki Ibu Hamil

Fakta stretch mark selanjutnya adalah, ternyata hampir semua orang bisa memilikinya. Stretch mark memang identik dengan ibu hamil. Ini karena ibu hamil umumnya mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis dan mengalami perubahan ukuran perut. Namun sebetulnya, hampir semua orang berpotensi memiliki stretch mark, baik wanita atau pria, hingga anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Kenaikan berat badan yang disertai dengan penumpukan lemak di area tubuh tertentu sangat umum terjadi. Karena itulah, stretch mark menjadi kondisi yang umum dimiliki beragam kalangan, tak hanya wanita dan ibu hamil.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

Pada pemilik kulit cerah, awalnya stretch mark cenderung terlihat berwarna merah muda, lalu lama-kelamaan akan berubah menjadi lebih gelap kecokelatan. Sedangkan stretch mark pada kulit yang lebih gelap cenderung berwarna lebih terang.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Beberapa orang menjadi kurang percaya diri akibat munculnya stretch mark. Apalagi bila ukurannya besar atau pun berada di area yang mudah terlihat, seperti leher, lengan, dan betis. Sehingga, berbagai cara dilakukan untuk mencoba menghilangkan stretch mark.

Sayangnya, stretch mark adalah kondisi kulit yang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Kabar baiknya, terdapat banyak cara untuk memudarkan stretch mark. Pengobatan paling ideal adalah dengan memberi nutrisi dan perawatan kulit dari dalam, sekaligus dari luar. Namun, seperti banyak masalah kulit lainnya, butuh waktu dan ketekunan untuk memperbaiki penampilan kulit yang terkena stretch mark.

Perawatan stretch mark dari luar antara lain adalah terapi laser berjangka, chemical peeling, dan mikrodermabrasi. Selama melakukan terapi-terapi tersebut, biasanya dokter akan memberi salep untuk menutrisi kulit dari luar.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang fakta stretch mark lainnya, atau memiliki masalah kulit, kamu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Bila kamu mencari olahraga yang efektif untuk membentuk tubuh, olahraga angkat beban adalah jawabannya. Namun,...

Selengkapnya