Tidak Selalu Diabetes, Cari Tahu Manfaat Makanan Manis

Tidak Selalu Diabetes, Cari Tahu Manfaat Makanan Manis
KECANTIKAN 23 January 2018

Halodoc, Jakarta – Manfaat makanan manis, apa saja sih? Rasa manis pada makanan biasanya diperoleh dari gula atau karbohidrat sederhana, yang terdapat dalam buah-buahan atau sengaja ditambahkan pada gula, seperti gula pasir, gula jawa, gula batu, dan lainnya. Rasa manis juga dapat diperoleh dari pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam, yang terdapat pada sirup, gulali, permen, dan lainnya.

Selama ini, beberapa orang menganggap bahwa makanan manis dapat mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti obesitas, diabetes, kerusakan gigi, dan penyakit lainnya. Karena itu, ada orang tua yang melarang anaknya untuk makan makanan manis, seperti permen, agar terhindar dari kerusakan gigi. Padahal, makanan manis tidak selamanya menyebabkan penyakit. Ada juga manfaat makanan manis untuk tubuh yang perlu diketahui. Cari tahu, yuk!

Sumber Energi

Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh. Untuk dapat digunakan, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang nantinya akan mengalir melalui aliran darah ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun, tidak semua sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi. Misalkan, sel-sel di dalam otot dan hati akan menyimpan glukosa sebagai cadangan energi. Glukosa yang tersimpan tersebut akan digunakan jika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh atau ketika tubuh kekurangan energi.

Memperbaiki Mood

Sebuah studi menunjukkan bahwa terdapat perubahan kimiawi di otak setelah seseorang mengonsumsi makanan manis, misalkan cokelat. Makanan manis dapat membuat otak melepaskan hormon serotonin, yang dapat membantu menstabilkan suasana hati dan mencegah depresi. Makanan manis dapat mengaktifkan pusat kesenangan di otak, meningkatkan produksi hormon dopamin, sehingga bisa membuat seseorang merasa bahagia setelah mengonsumsinya. Jadi, tidak mengherankan jika beberapa orang akan memilih makanan manis, seperti cokelat dan es krim di saat mereka sedang bersedih.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Glukosa adalah bahan bakar otak, sehingga mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan konsentrasi. Namun, jika simpanan glukosa dalam hati dan otot habis, tubuh akan menggunakan lemak dan protein untuk mendapatkan energi. Tapi, ketika lemak dan protein habis, tubuh akan menggunakan otot untuk mendapatkan tenaga. Hal ini lah yang membuat seseorang merasa lemas, mudah lelah, dan kehilangan konsentrasi.

Makanan manis memang bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Tapi, apabila jumlahnya terlalu banyak, makanan manis justru bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes, obesitas, dan kerusakan gigi. Jadi, untuk mendapatkan manfaat makanan manis, kamu perlu membatasi konsumsi gula sesuai anjuran Departemen Kesehatan RI, yaitu sekitar 50 gram atau setara 4 sendok makan per hari. Jika kamu punya keluhan kesehatan, kamu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Meski tidak banyak yang tahu, bridge adalah jenis olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti. Lan...

Selengkapnya