24 August 2018

Bumil Wajib Hindari 4 Makanan Ini di Trimester Pertama

makanan yang harus dihindari bumil, makanan penyebab keguguran

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan selama hamil adalah dengan mengatur asupan makanan. Ibu mungkin pernah, bahkan sering mendengar anjuran untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu selama hamil. Katanya, jenis-jenis makanan tersebut berperan dalam menutrisi ibu dan janin, sehingga kehamilan akan berjalan normal.

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

Ternyata, selain makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, ada juga daftar makanan yang wajib dihindari ibu hamil. Terutama di trimester pertama kehamilan. Pasalnya, jenis-jenis makanan tersebut diyakini bisa mengganggu perkembangan janin dan memicu gangguan kesehatan pada ibu. Lantas, apa saja sih jenis makanan yang wajib dihindari ibu hamil alias bumil di trimester pertama?

1. Makanan Mentah

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi selama trimester pertama adalah makanan mentah. Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi makanan mentah bisa memicu terjadi cacat lahir, bahkan kematian janin alias keguguran. Sebab, makanan mentah memiliki risiko kontaminasi yang sangat besar.

Tidak ada yang tahu kontaminan apa saja yang ada pada makanan mentah, bisa bakteri atau kuman. Jika makanan tersebut sampai dikonsumsi ibu hamil, risiko infeksi pada janin sangat mungkin terjadi. Tak hanya itu, kebiasaan makan makanan mentah juga bisa meningkatkan kemungkinan ibu hamil mengalami keracunan makan. Untuk menghindarinya, sebaiknya wanita yang sedang hamil muda tidak mengonsumsi makanan mentah, terutama daging dan telur.

2. Ikan yang Mengandung Merkuri

Tak bisa dibantah lagi, ikan laut merupakan jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun perkembangan otak. Ikan laut memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat merangsang perkembangan otak. Namun, ibu hamil harus super hati-hati jika ingin mengonsumsi jenis makanan yang satu ini.

Sebab tak jarang ikan laut yang ditemui di pasaran banyak mengandung zat merkuri. Untuk itu, sangat penting membatasi konsumsi ikan atau sebaiknya pilihlah ikan terbaik dan pastikan ikan sudah dicuci dengan bersih dan melewati proses masak yang tepat. Ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan olahan ikan, terutama yang mentah seperti sushi atau sashimi.

3. Mengandung Banyak Kafein

Secangkir kopi dalam satu hari mungkin tidak akan memicu masalah. Namun, ibu harus berpikir ulang jika ingin mengonsumsi kopi dan makanan lain yang mengandung banyak kafein. Pasalnya, mengonsumsi makanan dan minuman berkafein secara berlebihan ternyata akan memberi dampak kesehatan pada janin.

Batas maksimal konsumsi kopi ibu hamil dalam satu hari adalah sekitar dua cangkir atau setara dengan 200 miligram kafein. Selain kopi, beberapa jenis asupan lain yang juga menyimpan kandungan kafein dan harus diwaspadai adalah cokelat, minuman berenergi, minuman soda, dan teh.

Baca juga: Minum Kopi Saat Hamil Harus Ikuti Aturan Ini

4. Minuman Beralkohol

Ibu hamil wajib menjauhkan diri dari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Kebiasaan mengonsumsi minuman keras dan merokok bisa memicu risiko bayi lahir prematur, keguguran, hambatan pertumbuhan janin, dan gangguan plasenta.

Tak hanya bagi perokok aktif, wanita hamil yang sering terpapar asap rokok atau sering disebut sebagai perokok pasif ternyata juga memiliki risiko yang sama besarnya. Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok memiliki risiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kehamilan di Trimester Pertama

Punya masalah kesehatan dan keluhan seputar kehamilan? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kehamilan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!