Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta - Sakit kepala adalah suatu kejadian yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kepala atau leher. Sakit kepala yang terjadi dapat berkembang menjadi migrain dengan gejala nyeri lebih tajam dan berdenyut. Gangguan tersebut umumnya dapat memengaruhi kegiatan yang sedang dikerjakan.

Sakit kepala dapat terjadi dikarenakan berbagai macam kondisi, dari yang serius maupun yang tidak. Terdapat beberapa jenis yang berbeda dari sakit kepala yang terjadi. Selain itu, penyebab dari gangguan tersebut termasuk dehidrasi, kelelahan, stres, cedera kepala, dan lain-lain.

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang terbilang umum terjadi pada semua orang. Kebanyakan orang pasti pernah mengalami sakit kepala dalam hidupnya. Gangguan ini dapat menyerang semua orang tanpa terkecuali dari usia, ras, dan jenis kelamin.

Pengobatan sakit kepala tergantung pada penyebab yang mendasarinya, tetapi biasanya melibatkan obat penghilang rasa sakit. Walau begitu, sakit kepala yang terjadi dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Hal tersebut dapat mengurangi konsumsi obat yang mungkin dapat memberi efek samping di masa depan.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang

Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kondisi yang sangat umum terjadi kepada kebanyakan orang setiap harinya. Gangguan tersebut dapat terjadi dari yang hanya menyebabkan rasa tidak nyaman hingga yang benar-benar tidak tertahankan. Rasa nyeri yang timbul dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Kebanyakan orang akan memilih cara instan untuk mengatasi gangguan tersebut dengan meminum obat. Walau begitu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat menghentikan sakit kepala yang terjadi tanpa meminum obat. Berikut adalah beberapa cara alami untuk atasi sakit kepala:

  1. Banyak Minum Air

Salah satu cara alami untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan banyak meminum air putih. Hal tersebut dikarenakan dehidrasi dapat menyebabkan gangguan pada kepala tersebut, maka dari itu cairan tubuh harus dipenuhi. Selain itu, dehidrasi yang kronis dapat menjadikan sakit kepala menjadi migrain.

Air putih terbukti dapat meringankan gejala dari sakit kepala pada seseorang yang mengalaminya dikarenakan dehidrasi. Hal tersebut dapat teratasi dalam kurun waktu 30 menit hingga tiga jam. Sekarang kamu tahu apabila memenuhi cairan pada tubuh sangatlah penting.

  1. Beristirahat yang Cukup

Cara alami lainnya yang dapat ampuh untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi adalah dengan beristirahat yang cukup. Seseorang yang kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatannya, sehingga menyebabkan sakit kepala. Walau begitu, terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing.

Baca Juga : Sakit Kepala Tegang Setiap Hari, Apa yang Salah?

  1. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Kamu dapat mengatasi sakit kepala yang terjadi dengan mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh atau kopi. Kamu dapat mengonsumsinya pada awal kamu merasakan sakit pada kepala, minuman tersebut akan meringankan sakit yang terjadi. Walau begitu, jangan terlalu banyak meminum cairan dengan kandungan tersebut karena dapat menyebabkan sakit kepala jenis lainnya.

  1. Melakukan Gerakan Relaksasi

Kamu dapat melakukan gerakan relaksasi untuk mengatasi sakit pada kepala. Kamu dapat melakukan gerakan peregangan, yoga, meditasi, atau relaksasi otot progresif yang dapat membantu tubuh untuk mengatasi rasa sakit yang muncul. Hal ini membuat kamu lebih rileks, sehingga ketegangan di kepala hilang.

  1. Memijat Kepala

Kamu dapat mengatasi sakit pada kepala yang terjadi dengan cara memijat bagian tersebut. Dengan memijat selama beberapa menit pada bagian kepala, leher, dan pelipis, kamu akan menjadi lebih relaks. Umumnya, kamu dapat mengalami ini dikarenakan perasaan stres.

Baca Juga : 4 Cara Atasi Sakit Kepala Tegang Tanpa Pakai Obat

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi. Jika kamu mengalami sakit kepala parah, kamu dapat membuat janji temu dengan dokter dari rumah sakit yang bekerjasama dengan Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!