• Home
  • /
  • Cara Atasi Kelenjar Getah Bening di Ketiak Anak Membengkak

Cara Atasi Kelenjar Getah Bening di Ketiak Anak Membengkak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Atasi Kelenjar Getah Bening di Ketiak Anak Membengkak

Halodoc, Jakarta – Tahukah bahwa di seluruh tubuh terdapat kelenjar getah bening? Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi seperti filter untuk virus dan bakteri. Ketika seseorang terserang virus dan bakteri, kelenjar ini otomatis membengkak. Tak perlu khawatir, membengkaknya kelenjar getah bening adalah kondisi yang normal karena menandakan tubuh yang sedang berjuang melawan infeksi. 

Anak-anak adalah kelompok individu yang rentan mengalami infeksi. Oleh sebab itu, mereka kerap mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening anak-anak biasanya berukuran lebih besar dari pada orang dewasa, sehingga lebih mudah dirasakan. Selain sisi leher, pembengkakan kelenjar getah bening biasanya juga terjadi pada ketiak. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ini perawatan yang perlu ibu ketahui. 

Baca juga: Penyebab Kelenjar Getah Bening Anak Membengkak setelah Makan

Perawatan untuk Mengatasi Ketiak Membengkak

Jika melansir dari laman Seattle Children, pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak anak seringkali disebabkan oleh infeksi kulit seperti impetigo atau alergi akibat paparan zat tertentu.  Oleh sebab itu, perawatannya tergantung pada penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Jika kelenjar getah bening anak yang bengkak disebabkan oleh infeksi virus, yang dapat ibu lakukan hanyalah mengobati gejala-gejala virus, seperti demam.

Jika kelenjar getah bening yang membengkak disebabkan karena infeksi bakteri, maka Si Kecil mungkin perlu antibiotik. Pada kasus yang jarang terjadi, kelenjar getah bening tersebut bisa terinfeksi oleh bakteri.

Jika hal ini terjadi, kelenjar membesar dan kulit di sekitarnya menjadi merah sehingga bisa menyakitkan, terutama ketika ibu menekannya. Apabila Si Kecil mengalami kondisi ini, segera periksakan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Pada beberapa kasus, infeksi perlu dikeringkan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. 

Baca juga: Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak, Waspada Bahayanya

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Pembengkakan kelenjar getah bening seringkali terjadi di bagian leher. Namun, pembengkakan juga dapat terjadi di selangkangan maupun ketiak. Pembengkakan ditandai dengan benjolan di area yang terinfeksi. Benjolan ini mudah dilihat karena berbeda dengan sisi tubuh lainnya. Benjolan ringan biasanya hanya berukuran 12 milimeter atau setidaknya seperti ukuran kacang polong atau kacang panggang.

Selain itu, benjolan bisa muncul secara tiba-tiba dan membesar dengan cepat. Teksturnya keras dan tidak bergerak saat ditekan. Jika ditekan, pembengkakan kelenjar getah bening akan terasa nyeri. Area kulit di sekitar pembengkakan biasanya mengalami perubahan warna menjadi kemerahan atau ungu. Pada kasus yang parah, pembengkakan menghasilkan nanah atau darah. 

Baca juga: Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Apabila Si Kecil demam dan ibu menemukan adanya benjolan di area tertentu, ibu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc lebih lanjut untuk mengetahui cara penanganan yang tepat. Lewat aplikasi Halodoc, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Raising Children. Diakses pada 2020. Swollen lymph glands.
Seattle Children's. Diakses pada 2020. Lymph Nodes – Swollen.