10 August 2018

Cara Memilih Yoga Mat untuk Pemula

memilih yoga mat, cara memilih yoga mat, jenis yoga mat, matras yoga, matras yoga untuk pemula

Halodoc, Jakarta – Yoga saat ini menjadi salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Yoga telah menjadi aktivitas yang digunakan masyarakat untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan fisik. Tentu bagi pemula banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pakaian yang nyaman, hingga matras untuk menunjang kegiatan yoga.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Matras atau yang dikenal dengan istilah yoga mat perlu diperhatikan dengan baik. Banyak hal yang harus diketahui sebelum memilih yoga mat untuk pemula yang akan melakukan olahraga yoga. Kamu perlu memastikan jenis yoga yang kamu lakukan sebelum memilih yoga mat. Sebab, matras yoga diciptakan berdasarkan berbagai macam gaya yoga yang akan dilakukan. Sehingga, ketebalan dan material akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Mengenal Yoga Mat

Ketika kamu akan membeli matras yoga, sangat penting mengetahui jenis yoga apa yang akan kamu lakukan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan jenis yoga mat yang tepat untuk aktivitas yoga kamu. Berikut adalah beberapa jenis yoga mat yang dapat disesuaikan dengan aktivitas yoga kamu:

  • Matras yoga astanga.
  • Matras yoga perjalanan.
  • Matras yoga utopis.
  • Matras yoga universal.
  • Matras yoga pemula.

Cara Memilih Yoga Mat untuk Pemula

Tentu yoga mat yang baik akan memberikan kenyamanan, keseimbangan, dan stabilitas untuk meningkatkan latihan yoga pada penggunanya. Jadi, supaya olahraga yoga kamu bisa berjalan dengan baik, sebaiknya perhatikan beberapa tips ini agar kamu bisa memilih yoga mat dengan tepat:

1. Carilah Bahan Yoga Mat yang Tepat

Yoga mat yang sebaiknya kamu gunakan adalah yang memiliki permukaan tidak licin. Sehingga ketika kamu melakukan berbagai gerakan, posisi tangan kamu tidak akan bergeser. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bahan-bahan yang digunakan untuk membuat yoga mat.

Ada yoga mat berbahan TPE, rubber, dan polyvinyl. Bahan polyvinyl merupakan bahan terbaik, karena bahan ini termasuk bahan yang paling ringan, anti slip, dan juga mudah dibersihkan.

2. Bantalan yang Baik

Tidak hanya bahan yang harus dipikirkan, dalam memilih yoga mat sebaiknya cari yang memiliki bantalan yang baik. Tingkat keempukan yoga mat juga harus diperhatikan. Untuk menghindari cedera, pilihlah yoga mat yang empuk. Memilih yoga mat yang empuk juga dapat membangun kekuatan sendi dan otot.

3. Mudah Dibawa Kemana-mana

Jika kamu suka  melakukan olahraga yoga di sela-sela kegiatan kamu yang lain, sebaiknya pilih yoga mat yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Meskipun yoga mat yang padat akan tahan lebih lama, yoga mat padat biasanya akan lebih berat dibawa.

4. Pilih Warna yang Menarik

Tentu memiliki yoga mat dengan warna yang cerah atau warna kesukaan, kamu akan lebih giat berlatih yoga, bukan? Maka, tidak ada salahnya kamu memilih warna yoga mat yang sesuai dengan keinginan kamu agar semangat berlatih yoga terus tumbuh.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Bikin Cantik

Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi mengenai manfaat olahraga yoga, kamu bisa bertanya pada dokter langsung. Langsung saja download aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Contact Doctor, disini kamu bisa melakukan Video Call atau Voice Call dengan dokter. Kamu bisa menemukan aplikasi Halodoc pada App Store atau Google Play.