Adakah Cara Mengecilkan Lengan yang Efektif?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Adakah Cara Mengecilkan Lengan yang Efektif?

Halodoc, Jakarta - Jika ada yang bilang bahwa kecantikan itu datang dari dalam diri, itu mungkin benar. Sebab, pakaian seperti apapun, jika dikenakan dengan penuh percaya diri akan terlihat elok nan rupawan. Namun, tampaknya masih ada saja yang tidak cukup percaya diri mengenakan suatu busana seperti atasan sleeve-less, karena merasa memiliki lengan yang besar. Tenang, beberapa cara mengecilkan lengan berikut ini sepertinya cukup efektif, jika dilakukan dengan disiplin.

Namun, sebelum membahas cara mengecilkan lengan, perlu diketahui bahwa lengan berlemak umumnya disebabkan oleh akumulasi lemak berlebih di daerah lengan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penumpukan lemak pada lengan. Salah satunya adalah pertambahan usia. Memasuki usia 20-an, tubuh cenderung untuk menyimpan lebih banyak lemak di berbagai daerah tubuh dan otot mulai menurun. Jadi, lemak yang menumpuk menjadi lebih banyak dari otot, itulah yang menyebabkan lengan menjadi lembek.

Baca juga: 5 Tips Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

Tingkat metabolisme juga alasan lain dari penumpukan lemak di lengan. Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme akan menurun. Itu berarti tubuh membakar kalori lebih sedikit. Kondisi ini akhirnya mengarah kepada penumpukan lemak di lengan. Kurangnya aktivitas fisik dan tidak melakukan olahraga secara teratur juga dapat menyebabkan akumulasi lemak dalam tubuh, termasuk lengan.

Jaga Asupan Makanan dan Olahraga Sebagai Cara Mengecilkan Lengan

Nah, bagi kamu yang mungkin sedang berusaha mengecilkan lengan, tidak ada salahnya mencoba tips-tips berikut:

1. Pilih Makanan yang Tepat

Hal ini dapat dimulai dengan mengisi dapur dengan makanan dalam bentuk utuh, bukan yang sudah diolah atau yang dalam kemasan. Perbanyak konsumsi gandum, telur, susu rendah lemak, sayuran, unggas, ikan, daging tanpa lemak, dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan buah-buahan, seperti alpukat. Mengonsumsi makanan alami dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang tanpa mengonsumsi kalori berlebih.

Baca juga: Wajib Coba, 3 Cara Mengecilkan Lengan dan Perut Saat Puasa

2. Makan Lebih Sedikit, tapi Lebih Sering

Mengonsumsi 5-6 porsi kecil setiap hari yang mencakup satu porsi protein dan karbohidrat dapat membantu mengecilkan lengan. Selain itu, makan salmon panggang, satu cangkir kacang hijau, dan setengah cangkir pasta gandum setiap tiga hingga empat jam dapat mencegah kekurangan gula darah yang dapat memicu rasa lapar dan makan berlebihan, sehingga mendorong berat badan untuk naik.

3. Latihan Angkat Beban

Libatkan diri dalam latihan kekuatan atau angkat beban untuk meningkatkan massa otot dan mempercepat metabolisme. Lakukan latihan yang melibatkan setiap kelompok besar otot, seperti:

  • Triceps Dips

Latihan ini membantu untuk membakar penumpukan lemak di trisep atau lengan bagian belakang. Daerah trisep adalah daerah yang rawan akan penumpukan lemak. Latihan ini tidak hanya dapat mengecilkan lengan, namun juga memberikan bentuk pada lengan.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti bangku atau tangga. Pertama-tama, ambil posisi duduk dengan punggung lurus dan menempatkan kedua lengan di belakang memegang kursi atau tangga. Kemudian, tempatkan berat badan pada kedua tangan dengan meluruskan kedua kaki.

Jika masih baru melakukan latihan ini, lebih baik menekuk lutut dulu karena beban lebih ringan daripada meluruskan lutut. Lakukan latihan ini dengan cara menurunkan dan mengangkat beban tubuh dengan kedua lengan sebagai tumpuan. Saat mengangkat tubuh, lengan lurus, saat tubuh turun, lengan menekuk. Tahan posisi 3 detik dan turun lagi. Atur nafas dan lakukan latihan ini terus hingga 10-15 kali dalam satu sesi.

Baca juga: 6 Tips Mengecilkan Lengan dengan Barbel

  • Lateral Plank Walk

Seperti latihan trisep, latihan ini juga dapat mengencangkan otot-otot lengan dengan melelehkan lemak yang menumpuk pada lengan. Kamu dapat melakukan posisi plank dengan tangan tidak menekuk, lalu menyilangkan tangan sambil membuka kaki. Jika tangan kanan yang bergerak menyilang, maka kaki kiri membuka. Lalu tutup kembali dengan kaki kanan, ketika tangan kiri keluar dari posisi menyilang menuju posisi tangan semula.

  • Push-up

Cara mengecilkan lengan juga bisa kamu lakukan dengan push-up, membantu mengencangkan lengan atas dengan membakar lemak di daerah tersebut. Hal terbaik dalam latihan ini adalah kamu tidak memerlukan alat apapun. Berat badanmu sendiri yang memainkan peran utama dalam mencairkan lemak membandel pada lengan.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mengecilkan lengan yang efektif. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!