19 November 2018

Cara Pencegahan dan Pengobatan Endokarditis

Cara Pencegahan dan Pengobatan Endokarditis

Halodoc, Jakarta - Penyakit endokarditis adalah sebuah infeksi pada lapisan dalam jantung. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau kuman dari bagian tubuh lain, seperti mulut. Kemudian, infeksi ini menyebar melalui aliran darah dan menempel pada bagian jantung, sehingga menyebabkan kerusakan. Jika tidak mendapatkan pengobatan segera, dapat merusak katup jantung dan menyebabkan komplikasi berbahaya.

Pengobatan Penyakit Endokarditis

  1. Pengobatan Antibiotik

Sebagian besar kasus endokarditis dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengidapnya harus mendapat perawatan di rumah sakit, sehingga antibiotik dapat diberikan melalui infus yang dimasukkan melalui lengan atau intravena orang tersebut. Jika kamu ingin mendapatkan pengobatan antibiotik di rumah, kamu tetap harus membuat janji rutin dengan dokter yang menangani kamu untuk memastikan semuanya sesuai dengan prosedur yang ada.

Selain itu, dokter akan mengambil sampel darah terlebih dahulu untuk memastikan resep antibiotiknya dapat efektif untuk penyembuhan. Antibiotik yang diberikan tergantung pada tingkat keparahan penyakit endokarditis yang terjadi, biasanya antara dua hingga enam minggu.

  1. Operasi

Penyakit endokarditis dapat membuat kerusakan serius pada jantung pengidapnya. Kamu akan mendapatkan rujukan ke ahli jantung yang mempunyai spesialisasi pada penyakit jantung dan pembuluh darah, sehingga kamu mendapatkan pemeriksaan yang mendetail. Sekitar 15 hingga 25 persen pengidap endokarditis perlu mendapatkan operasi. Hal ini biasanya berhubungan dengan perbaikan kerusakan jantung. Pembedahan atau operasi akan direkomendasikan apabila:

  • Hasil tes menunjukkan pengidap mengalami gagal jantung/kondisi serius pada jantung.

  • Pengidapnya menunjukkan gejala suhu tinggi atau demam, walaupun telah diobati dengan antibiotik.

  • Terdapat gumpalan pada jantung walaupun telah mendapat pengobatan.

  • Orang tersebut memiliki katup jantung buatan.

  • Terdapat kumpulan nanah atau abses pada organ hati pengidapnya.

Tiga prosedur bedah atau operasi yang mungkin dilakukan oleh dokter untuk mengobati penyakit endokarditis adalah:

  • Perbaikan katup jantung yang rusak.

  • Penggantian katup jantung yang rusak dengan prostetik.

  • Pengeringan pada abses yang terjadi.

  • Perbaikan fistula yang telah berkembang di otot jantung.

Pembedahan untuk endokarditis mungkin akan menjadi hal yang menantang, sebab orang yang membutuhkan pembedahan akan merasakan sakit ketika dimulai. Walaupun tim ahli pengobatan melakukan operasi secara maksimal, tetapi satu dari sepuluh orang yang mengidap penyakit endokarditis mengalami kematian setelah operasi selesai.

Pencegahan Penyakit Endokarditis

Jika kamu mempunyai gejala-gejala yang dapat menyebabkan terserang penyakit endokarditis, penting untuk membatasi hal-hal yang dapat menimbulkan infeksi yang dapat memicu terjadinya penyakit ini. Hal yang sama juga harus dilakukan pada seseorang yang pernah mengidap penyakit endokarditis, karena penyakit ini mungkin saja terjadi kembali pada orang-orang tertentu.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Mulut

Jika kamu memiliki risiko mengalami penyakit endokarditis, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Jangan biarkan abses dan penyakit gusi terjadi pada mulut kamu. Selalu lakukan kunjungan pada dokter gigi secara teratur untuk memastikan kesehatan mulut dan meminimalisir risiko bakteri masuk ke dalam aliran darah melalui mulut kamu.

2. Menjaga Kulit Tetap Bersih

Selalu menjaga kebersihan kulit adalah salah satu cara mencegah terjadinya penyakit endokarditis. Selalu cuci tangan dan kulit tubuh dengan sabun untuk menurunkan risiko terkena infeksi kulit. Selalu pastikan juga untuk membersihkan luka agar dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, ketahuilah gejala-gejala yang mungkin terlihat ketika kulit mengalami infeksi, yaitu:

  • Kemerahan atau peradangan pada area kulit.

  • Keluarnya nanah atau cairan dari dalam kulit.

  • Merasakan demam ketika infeksi terjadi.

Itu lah penjelasan mengenai pengobatan dan pencegahan penyakit endokarditis. Jika kamu ingin mengetahui penyakit ini lebih lanjut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho! Pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

Baca juga: