• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Memakai Headphone Tanpa Ganggu Pendengaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Memakai Headphone Tanpa Ganggu Pendengaran

Cara Tepat Memakai Headphone Tanpa Ganggu Pendengaran

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Maret 2022

“Agar terhindar dari gangguan pendengaran akibat pajanan suara yang terlalu keras, penting untuk tahu cara memakai headphone yang aman. Termasuk mengatur volume musik dan membatasi waktu memakai headphone.”

Cara Tepat Memakai Headphone Tanpa Ganggu Pendengaran

Halodoc, Jakarta – Ada banyak kemungkinan penyebab gangguan pendengaran. Salah satunya adalah paparan kebisingan atau suara yang terlalu keras pada telinga. Lantas, bagaimana dengan penggunaan headphone? Adakah cara memakai headphone tanpa ganggu pendengaran?

Tentunya memakai headphone boleh saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Termasuk salah satunya adalah tingkat volume musik yang didengarkan.

Begini Cara Memakai Headphone dengan Aman

Ketika tingkat volume melebihi 85 desibel (dB), sel-sel rambut di telinga bagian dalam dapat mengalami kerusakan. Waktu pemaparan aman untuk suara sekeras ini (kira-kira setara dengan lalu lintas jalanan) adalah 8 jam. 

Untuk setiap peningkatan tiga desibel suara di atas level tersebut, waktu mendengarkan yang aman akan berkurang setengahnya. Efek kumulatif dari paparan kebisingan dari waktu ke waktu berdampak pada pendengaran. 

Salah satu yang mungkin sering dilakukan setiap hari adalah mendengarkan musik melalui headphone. Ini adalah salah satu penyebab utama gangguan pendengaran pada orang dewasa muda.

Lantas, adakah cara memakai headphone dengan aman agar terhindar dari gangguan pendengaran? Berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Kecilkan Volumenya

Cara paling efektif untuk melindungi pendengaran kamu saat mendengarkan musik adalah dengan mengecilkan volume. Disarankan untuk mengatur tingkat volume tidak lebih dari 60 persen dari maksimum. 

  1. Kenakan Headphone Peredam Bising

Headphone sering digunakan untuk meredam kebisingan latar belakang, membantu kita berkonsentrasi pada tugas-tugas penting yang ada. Masalahnya, semakin keras kebisingan lingkungan, semakin tinggi kamu akan menaikkan volume. 

Headphone peredam bising menggunakan teknologi yang disebut pengurangan kebisingan aktif. Ini membatasi kebisingan luar dengan menghasilkan sinyal suara yang meredam suara latar belakang. 

Hal ini merupakan salah satu cara memakai headphone yang aman, memungkinkan kamu untuk mendengarkan musik pada tingkat volume yang lebih rendah.

  1. Pilih Headphone Over-The-Ear

Headphone over-the-ear memberi earbud sedikit jarak ekstra dari sumber kebisingan. Jarak ini sangat penting dalam mengurangi risiko kerusakan pendengaran. 

Headphone in-ear menghasilkan suara yang jauh lebih keras dibanding yang over-the-ear. Ini karena suara lebih dekat dengan sistem bagian dalam telinga. Gelombang suara yang dipancarkan dapat menyebabkan gendang telinga bergetar. Semakin keras musik, semakin kuat getarannya.

  1. Coba Aturan 60/60

Cara memakai headphone yang aman lainnya adalah mencoba aturan 60/60. Artinya, mendengarkan musik pada 60 persen dari volume maksimum  selama 60 menit, dan kemudian istirahat.

Beristirahat dari musik secara berkala untuk mengistirahatkan telinga akan membantu mencegah kerusakan pendengaran jangka panjang. Jadi, cara ini bisa dicoba bagi kamu yang suda mendengarkan musik dengan headphone.

Jika kamu mendengarkan suara keras terlalu sering atau terlalu lama, rambut koklea kehilangan kepekaannya terhadap getaran. Beberapa suara bahkan dapat membuat sel berubah bentuk dan terlipat. Jadi, terkadang telinga membutuhkan waktu untuk pulih. 

  1. Tetapkan Batas Volume

Banyak ponsel dan perangkat digital lainnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan sehingga ada batasan volume maksimum. Periksalah buku petunjuk penggunaan perangkat untuk melihat apakah ada opsi untuk mengatur batas volume.

Itulah beberapa tips dan cara memakai headphone dengan aman. Hanya karena kamu mendengarkan musik lewat headphone, tidak berarti kamu pasti akan mengalami gangguan pendengaran. 

Namun, penting untuk tetap waspada dan menerapkan cara yang aman dalam menggunakan headphone. Jika merasa pendengaran kamu terganggu, segera download Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Headphone Hacks to Reduce Chances of Hearing Loss.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Safe Way to Rock Out With Earbuds or Headphones Without Damaging Your Hearing.
San Fransisco Audiology. Diakses pada 2022. Headphone Safety Tips for Preserving Your Hearing.