Cegah Berat Badan Naik, Sahur dengan 4 Asupan Ini

Cegah Berat Badan Naik, Sahur dengan 4 Asupan Ini

Halodoc, Jakarta – Selain beribadah, banyak orang memanfaatkan bulan puasa untuk diet. Bulan puasa menjadi waktu untuk menjaga porsi makan dan memperbaiki pola makan yang sebelumnya kurang sehat. Namun jika dilakukan sembarangan, puasa bisa menambah berat badan. Apalagi saat Lebaran nanti, banyak makanan bersantan dan berlemak yang menjadi hidangan favorit.

Penyebab berat badan naik saat puasa adalah porsi makan berlebih tanpa disertai dengan aktivitas fisik. Kurang tidur atau kebiasaan langsur tidur saat sahur memicu penumpukan lemak yang berpotensi membuat berat badan bertambah. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah berat badan naik saat puasa?

Baca Juga: Berat Badan Naik Saat Puasa, Apa yang Salah?

Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur

Salah satu cara mencegah kenaikan berat badan saat puasa dengan memperhatikan pola dan porsi makan saat sahur. Berikut beberapa nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur:

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Kamu dianjurkan untuk konsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks saat sahur karena mengandung jumlah serat cukup tinggi, sehingga tubuh lebih kenyang lebih lama. Sumber karbohidrat kompleks yang bisa dicerna antara lain nasi merah, roti gandum, oatmeal, dan sereal gandum. Sebaliknya, kamu tidak dianjurkan konsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana karena rasa kenyang yang timbul tidak berlangsung lama, misalnya, sirup, gula, madu, dan makanan manis dengan kadar gula tinggi lain.

2. Protein

Protein dikonsumsi untuk membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah sakit saat puasa. Protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Kamu bisa konsumsi protein hewani (seperti daging, ayam, telur, susu atau produk olahannya) dan protein nabati (seperti tahu, tempe, kacang hijau, kacang merah, atau kacang kedelai).

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Diet Saat Puasa

3. Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Makanan ini mengandung banyak air yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Beberapa buah yang bisa menjadi pilihan menu sahur adalah bayam, brokoli, semangka, melon, jeruk, apel, pepaya, kurma, pisang, dan alpukat.

4. Air Putih

Air putih dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga terhindar dari risiko dehidrasi yang bisa mengganggu kelancaran berpuasa. Saat sahur, sebaiknya minum dua gelas air putih. Sedangkan saat berbuka, kamu dianjurkan untuk minum dua gelas air putih dan empat gelas air putih saat makan malam. Sebaiknya hindari konsumsi kafein dan minuman bersoda saat sahur untuk mencegah naiknya asam lambung.

Baca Juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Itulah cara mencegah berat badan naik saat puasa. Kalau kamu punya pertanyaan seputar makanan sehat saat sahur, jangan ragu bertanya dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!