Hati-Hati, Crohn's Disease Bisa Sebabkan Banyak Komplikasi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
crohn's disease

Halodoc, Jakarta - Penyakit Crohn bisa terjadi pada pria dan wanita pada usia berapapun. Penyakit ini bahkan bisa saja menjangkiti anak-anak. Crohn’s disease akan mengincar seseorang dengan rentan usia 16-30 tahun, dan 60-80 tahun. Penyakit ini akan menyebabkan tubuh merasa lemah, bahkan komplikasi yang bisa mengancam nyawa. Ini komplikasi yang bisa saja terjadi jika kamu mengidap penyakit Crohn.

Baca juga: Terserang Crohn's Disease, Begini Cara Mengobatinya

Crohn’s Disease, Radang Usus Kronis

Crohn’s disease merupakan salah satu jenis penyakit radang usus kronis yang menyebabkan terjadinya peradangan pada seluruh lapisan dinding pada sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus. Crohn’s disease umumnya akan muncul pada bagian usus kecil pada bagian ileum dan usus besar atau kolon.

Gejala yang Muncul pada Pengidap Penyakit Crohn

Penyakit ini bisa memengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan seseorang. Gejala yang timbul biasanya akan berbeda-beda dari masing-masing pengidapnya. Beberapa gejala yang akan muncul pada pengidap penyakit ini, yaitu buang air besar berdarah, diare yang berlangsung terus-menerus, kram dan sakit perut, ingin buang air besar, merasa tidak tuntas setelah buang air besar, selera makan menurun, kehilangan berat badan, feses bercampur lendir dan darah, dan merasa sangat kelelahan.

Ada beberapa gejala yang tidak selalu muncul pada pengidap penyakit Crohn, yaitu mual, muntah, demam di atas 38 derajat celsius, sariawan, peradangan dan iritasi pada mata atau uveitis, nyeri dan pembengkakan pada sendi, dan nyeri pada kulit yang ditandai dengan kemerahan pada kulit, sering kali terjadi pada kaki.

Baca juga: Kenali Fakta-Fakta Penting tentang Crohn's Disease

Penyebab Seseorang Mengidap Penyakit Crohn

Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti penyakit ini. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit Crohn pada seseorang, yaitu:

  • Genetika.

  • Reaksi autoimun. Bakteri atau virus bisa memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyerang lapisan dalam usus.

  • Lingkungan tempat tinggal.

  • Jenis makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Crohn’s Disease Bisa Sebabkan Berbagai Komplikasi

Beberapa komplikasi yang bisa saja terjadi pada pengidap penyakit ini, yaitu:

  1. Penyumbatan pada saluran pencernaan karena kondisi ini bisa mempertebal dinding usus halus dan memicu penyumbatan aliran makanan.

  2. Fistula, yaitu saluran yang terbentuk dari tukak pada dinding saluran pencernaan, yang menembus bagian lain dari saluran cerna atau bahkan menembus kandung kemih, vagina, anus, atau kulit. Kondisi ini mengakibatkan nyeri yang berlangsung terus-menerus, demam, dan feses yang mengandung darah atau nanah.

  3. Malnutrisi, karena pengidap akan mengalami kesulitan makan dan mencerna makanan. Akibatnya penyerapan nutrisi terganggu, sehingga menyebabkan penderita kekurangan nutrisi.

  4. Ulkus, yaitu peradangan kronis pada usus yang menimbulkan tukak di berbagai organ pencernaan, termasuk di mulut, usus, anus, dan juga organ genital.

  5. Anemia defisiensi zat besi, yaitu kondisi yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Salah satunya adalah perdarahan yang terjadi di saluran pencernaan.

  6. Kanker usus, yaitu jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia.

  7. Osteoporosis, yaitu kondisi ketika kualitas kepadatan tulang menurun akibat usus yang tidak dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Baca juga: 6 Hal Ini Meningkatkan Risiko Terkena Crohn's Disease

Belum ada penanganan atau obat yang bisa menyembuhkan crohn’s disease sepenuhnya. Biasanya, pengobatan dilakukan untuk meringankan gejala yang dialami. Untuk itu, jika kamu ingin berdiskusi seputar masalah kesehatan tubuhmu, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!